Tes-tes Yang Diujikan di CPNS 2014

Seleksi CPNS 2014 memang beda dengan tahun sebelumnya namun sistem CAT tidak mengubah mekanisme proses CPNS mulai dari awal hingga akhir. Lalu apa saja Tes-tes Yang Diujikan di CPNS 2014? yang pasti tes-tes itu seluruhnya akan menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) berbasis online.


Seluruh peserta CPNS wajib mengikuti dua tes, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetisi Bidang.

"TKD terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)". TWK sangat penting bagi seorang PNS, karena sebagai bagian dari aparatur sipil negara harus memahami pondasi bernegara, seperti Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, tata negara dan sejarah nasional Indonesia.

"TWK biasa ada di mata pelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA). Sementara TIU hanya numerik dan sistematis, sedangkan TKP nggak perlu belajar karena itu adalah sesuai karakteristik peserta. Tesnya menyangkut tingkat kemampuan beradaptasi, orientasi terhadap pelayanan".

Pelaksanaan TKD akan berlangsung selama 95 menit dengan total jumlah soal 100 soal. Antara lain TWK sebanyak 35 soal, TIU sebanyak 30 soal dan TKP 35 soal.

"Masing-masing komposisi tes, ada nilai minimum. Misalnya TWK nilai minimum yang ditentukan 105, TIU dengan nilai 75 dan TKP dengan nilai 70. Jadi total nilai minimum supaya lolos 250. Kalau salah satunya kurang, ya nggak bisa lolos".

salam hormat,
dr pojokan

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Kelebihan dan Kelemahan Media Iklan

MACAM-MACAM PROMOSI PENJUALAN