Harga Paket Data Internet Naik, Apa Alasannya?


Harga Paket Data Internet Naik, Apa Alasannya? serasa lama gak update disini. Ceritanya kemarin beli perdana internet di konter, aku lihat semua paket data kini harganya lebih mahal dari sebelum-sebelumnya, entah itu perdana baru atau pun yang isi ulang. Jadi ingat beberapa waktu yang lalu lihat status teman yang mengeluhkan soal paket data internet yang kompak naiknya, saat itu sih aku cuek karena merasa kuotaku masih banyak gitu.

Pas kemarin beli baru terasa deh, “waduh produk yang aku pakai juga naik banget ternyata”, tapi rapopo lah, mau gak mau ya harus ambil karena hanya produk itu yang bisa konek di rumah-ku. Ternyata gak hanya aku aja yang merasa kaget dengan kenikan harga paket internet, beberapa pembeli juga mengeluhkan “kok sekarang mahal”.

Sekedar basa-basi, aku tanya ke mas konternya “kok naik sekarang mas?”, “iya setelah lebaran mulai pada naik”, kata mas konternya.

“Ini karena kemarin-kemarin harganya murah, terjangkau, yang pakai banyak anak dibawah umur, jadi ini pemerintah ikut campur, harga naik biar anak-anak mikir-mikir kalau mau beli”, sambung mas konter itu menjelaskan soal alasan kenaikan tarif internet.

Lalu aku hanya jawab “owh….”

Begitu bayar langsung pulang, tapi masih aja teringat penjelasan mas konternya tentang alasan kenaikan tarif itu, entah dari mana sumber alasan masnya itu tapi ya kalo dipikir-pikir ya gini:

Pernada internet murah, pasti orang lebih suka beli perdana baru setelah kuotanya habis dari pada isi ulang yang biasanya lebih mahal, dan jujur aku melakukan cara ini loh. Tapi aku kan gak dibawah umur dan aku manfaatin internet untuk hal positif kok suerrrrr deh.

Sebenarnya yang lebih masalah itu adalah perdana murah yang paket sms-nya murah atau justru gratis, yang cinderung membuat banyak sms-sms gak penting, entah mama minta pulsa, selamat menang undian, sms-sms rayuan atau apalah-apalah gitu.

Kalau internet kan bisa buat hal positif misalnya ngeblog kayak gini, tapi ya gak juga dhing pengaruh buruk pasti ada tergantung yang mengunakannya. Yah, memang kini dengan hp murah yang bisa untuk internetan dengan paket internet murah, banyak anak-anak yang cinderung memanfaatkan itu hanya untuk main jejaring sosial, itulah mengapa artis di Indonesia itu dengan mudah mendapatkan banyak follower di akun jejaring sosial mereka, karena ya itu tadi anak-anak pun kini mainannya udah twitter, instagram dan sekitarnya, yang kadang gaya komentarnya semacam alay eh gak dhing sadis-sadis, eh gak juga dhing, embuhlah gitu.

Tapi aku gak percaya sih kalau alasannya kenaikan tarif paket internet karena kenaikan jumlah pemakai internet dari kalangan bawah umur. Awal 2015 aku pernah baca memang para pengguna data internet disuruh bersiap-siap karena pak menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengizinkan operator seluler atau provider menaikkan tarif.

Alasan operator atau provider mengajukan kenaikan tarif adalah karena merasa tarif yang diterapkan terlalu murah sementara biaya pengembangan jaringan atau perbaikan cukup besar sehingga kenaikan tarif itu sudah semestinya dilakukan gitu.

Yah entah apa alasannya yang pasti selaku orang yang ngaku blogger dimana tiap hari butuh koneksi internet untuk hal-hal positif (pencintraan), aku sangat terpukul dengan segala kenaikan tarif yang ada (*lebay), kenapa bukannya makin murah, makin cepat tapi ini malah gak cepat-cepat amat tapi udah naik gitu.

salam hormat,
dr pojokan

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"