Jenang Ayu Khas Klaten


Jenang Ayu Khas Klaten || Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan kuliner atau makanan. Salah satunya jejang atau dodol, hampir setiap daerah memiliki jenang atau dodol khas masing-masing. Kalo aku sendiri kebetulan orang Klaten, yang aku tahu sih Klaten pun punya jenang yang khas yang biasa disebut dengan JENANG AYU!.

Aku ingat jaman dulu kala (*sok hidup dijaman purba) kalo ada orang hajatan biasanya bikin jenang ayu, tapi sekarang gak ada tuh! Mungkin karena proses pembuatannya butuh kepala banyak (*padahal sekarang pohon kelapa makin jarang), butuh gula jawa banyak, butuh tenaga ekstra buat ngaduk-ngaduk, belum lagi kayu-nya dan sekitarnya pokoknya ribet penuh keringet. Orang jaman sekarang kalo butuh jenang ayu untuk hajatan atau sejenisnya lebih memilih untuk pesan atau beli saja ketimbang repot-repot bikin sendiri.

Sejauh ini sih kalo di desa yang namanya jenang ayu ini kesannya biasa aja, coba kalo diacara hajatan ada suguhan jenang ayu pasti sisanya paling banyak alias gak pada dimakan. Tapi bagi orang yang jauh, yang mungkin bukan asli dari desa sekitar pasti lebih suka dengan yang namanya jenang ayu. Aku sendiri kadang lebih merasa enak kalau makan jenang atau dodol dari daerah lain, misal dari Bandung atau Kudus atau yang lainnya. Yang mungkin beginilah lidah, pengennya ngijip yang jauh-jauh. Mungkin ada yang mau jenang ayu khas Klaten? ini silakan dinikmati via gambar dibawah ini.





salam hormat,
dr pojokan

Comments

  1. Wihh,, Mbak asal klaten Ya?? Salam Blogger klaten :D heheheh

    ReplyDelete
  2. haha, bener mbak..
    semasa kecil dulu, di kampungku jenang dan jajanan tradisional lainnya sering di-enyek alias diremehin oleh anak-anak muda waktu itu.
    meskipun aku nggak ikutan ngenyek tapi waktu itu aku enggan memakannya. lebih milih donat dan jajanan lain yang dianggap kekinian.
    tapi kini saat merantau dan seiring keberadaannya yang mulai langka, semua jajanan tradisional itu dianggap unik dan dirindukan.
    begitulah.. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"