UMK Terbaru JOGJA / YOGYA / DIY dan Sekitarnya


UMK Terbaru JOGJA / YOGYA  / DIY, Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul || Ada yang tinggal di Jogja atau dari luar kota ingin kerja di Jogja dan ingin tau kalo kerja di kota Yogya itu gajinya berapa sih? Baru-baru ini sudah umumkan secara resmi besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2016 di DIY, yakni UMK kota Yogyakarta di tahun 2016 sebesar Rp 1.452.400. Sementara untuk Sleman sebesar Rp 1.338.000, Bantul sebesar Rp 1.297.700, Kulonprogo sebesar Rp 1.268.870 dan Gunungkidul sebesar Rp 1.235.700. Ditahun 2016 UMK kota Jogja dan sekitarnya naik 11,5%.

Penentuan UMK tersebut berdasar Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78/2015 yang mengatur soal pengupahan. Namun demikian, keputusan tersebut ditentang oleh buruh melalui Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) lantaran mengabaikan suara mereka. Buruh inginnya UMK Yogyakarta itu 2,2 juta seperti Jakarta dan Surabaya yang berani PP demi kesejahteraan buruh.



Yah kalo dibanding dengan Jakarta dan Surabaya memang UMK kota Jogja jauh lebih rendah, tapi apakah biaya hidup di Jogja juga semahal di Jakarta dan Surabaya? kalo aku sih gak tau karena belum pernah hidup di Jakarta ataupun di Surabaya. Aku memang semenjak lulus kuliah langsung berdomisili di Jogja, yah kalo kerja ditempat orang memang gajinya segitu-gitu, tapi aku sendiri di Jogja lebih milih untuk usaha sendiri yakni jualan online meski ditahun 2015 udah gak jualan lagi di Jogja, aku pulang kampung sesekali main ke Jogja, terus ya di rumah tetep kerja seadanya aja yang penting penghasilan diatas UMK gitu aja *eaaaaaa....

Kalo di Jogja sih memang sepertinya lebih enak usaha sendiri aja, seperti jualan nasi kucing atau nasi penyet, es Oyen atau apalah gitu itu lebih berasa hasilnya.



salam hormat,
dr pojokan

Comments