Posts

Showing posts from September 27, 2015

Jenang Ayu Khas Klaten

Image
Jenang Ayu Khas Klaten || Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan kuliner atau makanan. Salah satunya jejang atau dodol, hampir setiap daerah memiliki jenang atau dodol khas masing-masing. Kalo aku sendiri kebetulan orang Klaten, yang aku tahu sih Klaten pun punya jenang yang khas yang biasa disebut dengan JENANG AYU!.

Aku ingat jaman dulu kala (*sok hidup dijaman purba) kalo ada orang hajatan biasanya bikin jenang ayu, tapi sekarang gak ada tuh! Mungkin karena proses pembuatannya butuh kepala banyak (*padahal sekarang pohon kelapa makin jarang), butuh gula jawa banyak, butuh tenaga ekstra buat ngaduk-ngaduk, belum lagi kayu-nya dan sekitarnya pokoknya ribet penuh keringet. Orang jaman sekarang kalo butuh jenang ayu untuk hajatan atau sejenisnya lebih memilih untuk pesan atau beli saja ketimbang repot-repot bikin sendiri.

Sejauh ini sih kalo di desa yang namanya jenang ayu ini kesannya biasa aja, coba kalo diacara hajatan ada suguhan jenang ayu pasti sisanya paling banyak …