Pesona Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta, Pinik Yuk!


Pesona Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta, Pinik Yuk! || Masih ngomongin soal tempat wisata nih, kali ini ada salah satu pantai selatan jawa yang berada di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Kalo ke pantai siung ini mudahnya pakai motor atau kendaraan pribadi atau sewa travel gitu ya karena susah kalo pakai transportasi umum.

Satu pesona yang menonjol dari Pantai Siung adalah batu karangnya. Batu karangnya yang besar biasa dipakai untuk olahraga panjat tebing. Posisinya tak jauh dari pantai Jogan Yang Khas Dengan Air Terjunnya.

Berikut adalah beberapa foto yang aku ambil untuk kenang-kenangan.












Yah itulah Pantai Siung dengan pesona batu karang dan biru hijaunya air laut. Nah buat yang sedang cari tempat wisata pantai yang indah bisa tuh berkunjung ke pantai Siung yang berada di Gunung Kidul.


salam hormat,
dr pojokan

Masjid Sekitar Kalasan - Prambadan Yang Mudah Dijangkau

Mencari Masjid Sekitar Kalasan - Prambanan? || Jika sedang dalam perjalanan mungkin saat mudik atau saat wisata alias piknik biasanya salah satu tempat yang dicari-cari adalah tempat ibadah, bagi yang muslim tentu cari masjid karena ada kewajiban sholat 5 waktu gitu kan. Nah buat yang sedang melintas di jalan jogja solo atau solo jogja dan kebetulan disekitar prambanan maka disitu ada beberapa masjid yang posisinya dipinggir jalan.

1. Masjid AN Nurumi

Masjid AN Nurumi yang berada di kalasan jalan Jogja Solo ini bangunannya unik dan posisinya persis dipinggiran jalan jadi pasti mudah ditemukan.(sumber gambar google pic)

2. Masjid Masjid Raya Al Muttaquun Prambanan

Masjid Raya Al Muttaquun prambanan berada di Jl. Jogja – Solo Jawa Tengah. Dengan ciri khas dua buah kubah kecil kembar berdiri di masing-masing ujung bagian depan masjid. Sementara kubah yang besar berbentuk limas ada di tengahnya.

Nah ditimur masjid AN Nurumi itu ada lagi masjid tapi aku lupa namanya, posisinya ditimur jembatan timbang. Pas dipinggir jalan, mobil bisa langsung parkir kalo motor tempat pakir masuk kedalam dibawah masjid. Aku pernah mampir situ, bukan sholat sih tapi numpang berteduh karena saat itu lagi hujan angin gitu.

Oke itulah masjid-masjid di sekitaran kalasan prambanan yang berada di jalan solo jogja atau sebaliknya. Jadi buat yang lagi perjalanan atau kejebak macet terus mencari masjid dekat sini dimana, tuh bisa kesitu ya.

salam hormat,
dr pojokan

Wisata Gunung Kidul: Pantai Jogan, Indahnya Air Terjun Di Bibir Laut!


Wisata Gunung Kidul: Pantai Jogan, Indahnya Air Terjun Di Bibir Laut! Suatu ketika pernah browsing di internet, nemulah foto pantai yang indah dan sepertinya langka di Indonesia karena jarang ada gitu loh air terjun tapi di tepi pantai. Aku lihat beberapa gambarnya di google memang nampak indah, itu adalah pantai Jogan.

Dan akhirnya suatu ketika aku bisa mengunjungi langsung pantai Jogan. Sudah agak beda sih dari gambar yang aku lihat di google. Aku tidak begitu mendekat karena agak-agak 'singunen', itulah mengapa aku tidak punya foto air terjunnya. Ini foto yang aku ambil dari pantai Jogan untuk kenang-kenangan.




A photo posted by mbak_widha (@widhawatitok) on


Pantai Jogan adalah pertemuan air sungai dengan ombak dilaut. Mau turun tangga lihat air terjunnya? bayar 2rb, tiket masuknya 5 rb, disitu juga ada fasilitas kalo-kalo ada yang mau gelantungan di air terjunnya. Kalo mau mengunjungi pantai Jogan ini lebih indah lagi disaat musim penghujan karena air terjunnya benar-benar berlimpah air, kalo pas musim kemarau tentu debet air disungai kurang gitu kan dan otomatis air terjunya juga airnya gak maksimal. Dari pantai Jogan ini juga bisa menyisir tenbing-tebing dipinggiran untuk melihat laut yang lebih luas lagi.

Selama ini, tak banyak pelancong yang tahu tentang Pantai Jogan. Lokasinya yang persis berada di sebelah barat Pantai Siung. Kalo dari kota Jogja kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk menuju pantai Jogan, jalannya aspal mulus tapi berlika-liku dan naik turun. Buat yang mabuk kendaraan mungkin bisa pusing nih.

Oke deh, itulah secuil pengalaman mengunjungi pantai Jogan yang merupakan salah satu wisata pantai selatan di gunung kidul. Nah, buat yang mungkin ingin pinik atau lagi cari-cari tempat wisata bisa tuh coba kunjungi pantai Jogan di gunung kidul yang khas dengan air terjunnya.




salam hormat,
dr pojokan