5/08/2017

Ingin Bisa Dapat Duit Dari Internet? Mau Diajarin? Ini Jawabnya!

Ingin Bisa Dapat Duit Dari Internet? Mau Diajarin? Ini Jawabnya! || Postingan macam ini sebenarnya sudah pernah aku posting di blog-ku yang khusus tentang introvert tapi aku posting lagi disini juga karena mungkin ada yang gak tau blogku yang introvert ituh...|| Nah ceritanya aku sering banget dapat pertanyaan yang intinya sama yakni orang minta diajarin nyari duit diinternet. Entah itu dari teman atau sodara atau mungkin orang-orang yang sempat baca postinganku diblog.

Nah, kalo disuruh ngajarin gitu-gitu aku bingung! Gimana ngajarinnya? Aku belajar seputar blog dll itu otodidak hanya baca-baca artikel secara random lalu praktek, utak-utik sampek punyeng bahkan sampek sekarang seolah jadi newbie terus karena tetep masih belajar. Semua berjalan mengalir gitu aja! Aku senang ngeblog karena memang dasarnya suka menulis!

Dan aku rasa orang yang minta diajarin nyari udit diinternet itu berfikir "enak ya dirumah aja dapat duit" itulah mengapa dia pengen! Padahal aslinya ya sama seperti bekerja diluaran sana, bahkan kalo di desa berkecimpung didunia online itu dipandang gimana gitu karena dianggap pengangguran! (Baca juga postingan Bekerja dirumah lebih enak dan punya banyak waktu luang dari pada kerja kantoran)

Dan kalo aku disuruh ngajarin pasti aku bilang belajar sendiri aja via google! Maaf ini mungkin jawaban yang bikin putus asa dan mungkin ada yang anggap wah somse gak mau ngajarin! tapi mau gimana lagi? Bingung jelasinnya!

Gini loh, kalo aku melakoni ini karena pada dasarnya aku suka bidang ini jadi mau belajar sepunyeng apapun gak masalah. Nah masalahnya orang yang nanya dan kepincut cari penghasilan didunia online belum tentu kesukaanya sama denganku terlebih kalo dasarnya belum ada gambaran apapun tentang dunia online.

Dan padahal dunia online itu pun ada beragam misal adsense, jualan online (entah produk atau jasa), affiliate dll. Kalo aku dulu awalnya naksir adsense, sudah beli buku neko-neko terkait adsense tapi gak ada yang dibaca sih (*males baca buku, kalo baca pasti ngantuk ketiduran). Dan saat itu daftar akunnya aja susah alias ditolak mulu. Hingga akhirnya aku cuma nulis-nulis aja meski gak dapat penghasilan.

Terus sempat jualan online sekitar 2th tapi akhirnya toko online aku tutup karena sejumlah alasan. Saat itu aku sempat nyambi jadi penjaga warnet agar seengaknya tetep bisa online gratis dan ada duit buat makan ketika yang dionline gak menghasilkan gitu. *ngenes...hahaha...

Jadi menurutku kalo mau terjun didunia online enaknya belajar sendiri aja dulu, sesuaikan dengan apa yang kamu suka, apa yang kamu bisa! Pokoknya sesuaikan dengan kemampuan. Aku yakin pasti bisa kalo memang benar-benar niat dan bukan hanya modus kepincut enak-enaknya doang tanpa ngebayangin hambatan-hambatannya. Memang banyak contoh orang yang sukses didunia online tapi pasti mereka perjuangannya juga berdarah-darah! Kalau aku sih masih newbie yang gak kunjung naik pangkat!

Banyak juga kan acara seminar atau workshop ini itu bahkan biayanya jutaan rupiah, tapi kalo pada dasarnya masih blank gak punya bayangan apapun penginnya langsung mak bendunduk punya penghasilan selangit ya gimana gitu! Orang awam biasanya ngebayangin penghasilan yang berjuta-juta, padahal misal adsense itu layaknya orang ngamen yang ngumpulin receh demi receh.

Intinya gak ada yang instan! Aku juga selama ini masih belajar, soal penghasilan seberapapun disyukuri aja dan yang jelas gak pasti! Aku juga manusia biasa yang kadang malas dan kalo malas endingnya gak dapat apa-apa. Jadi harus berusaha untuk tidak malas! Selain penghasilan yang tak pasti masalah membingungkan lainnya adalah ketika ditanya Kerja apa? Kerja dimana? dan semacamnya.

Yah intinya maaf ya buat yang mungkin tanya atau minta diajarin nyari duit diinternet tapi aku jawabannya malah nyuruh belajar sendiri via googling. Karena ya itu tadi selain aku ini newbie yang gak kunjung naik pangkat semua juga tergantung sikon masing-masing, sesuaikan dengan kepampuan karena bakat kita pasti beda-beda, mungkin ada yang aslinya bakatnya masak, jahit atau yang lainnya.

Ada juga tuh teman yang dulunya sama-sama belajar internet tapi mereka akhirnya keluar dari dunia online dan jualan offline. Kalo aku tetep bertahan di online dengan kemampuan seadanya dan seberapapun hasilnya disyukuri aja. Sekali lagi dipatenkan bahwa "aku newbie jadi plisss jangan membayangkan aku ini yang wah-wah-wah layaknya kaum mastah!".


salam hormat,
dr pojokan

Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong