Strategi Pemasaran Kreatif Harus Mengikuti Perkembangan Jaman Now!

Blog ini memang gado-gado, salah satu tema yang pernah diposting seputar teori pemasaran, karena dulu aku sempat ambil prodi marketing dan sangat suka mata kuliah pemasaran atau periklanan. Kali ini aku mau bahas lagi seputar pemasaran, sekalian mengingat teori jaman dulu.

Pemasaran tidak termasuk ilmu pasti gitu ya jadi teori pemasaran itu pun bisa berkembang mengikuti perubahan jaman. Tapi pada dasarnya pemasaran itu ada empat komponen yakni Product (produk), Price (harga), Place (tempat, termasuk juga distribusi), Promotion (promosi). Komponen ini biasa disebut dengan istilah 4P.

Ngomongin soal strategi pemasaran kreatif yang harus mengikuti perkembangan jaman now, yang paling menonjol adalah hubungannya dengan teknologi karena sekarang ini apa-apa serba online jadi sudah semestinya pemasaran pun harus beranjak ke ranah digital. Bahkan jika dilihat sekarang ini banyak toko atau tempat belanja seperti matahari, ramayana, lotus, dll diberbagai tempat mulai tutup.



Konon sih karena daya beli masyarakat menurun, tapi sepertinya tidak! Banyaknya pertokoan yang tutup itu bisa jadi efek maraknya toko online dan sekarang ini masyarakat sudah mulai melek teknologi jadi udah pada bisa belanja online gitu lah. Secara sederhana kaitannya 4P dengan jaman now yang mulai serba online.

1. Produk
Sekarang hampir semua produk dijual via online, mulai dari kebutuhan pokok hingga lain-lain semua pokoknya terjangkau via internet.

2. Price
Soal harga banyak produk yang dijual murah, harga baju di mall seperti matahari atau semacamnya biasanya mahal gitu kan? sekarang ini banyak toko baju online yang harganya jauh lebih murah. Jadi yang namanya harga sangat bersaing.

3. Place
Namanya online yang tempatnya didunia maya bisa berupa web lalu nambah akun sosial media seperti IG, FB, Twitter dll. Soal distribusi sekarang banyak jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, JNT, dll bahkan mungkin POS yang dulu mendominasi pun harus siap bersaing ketat.

4. Promotion
Nah ini salah satu komponen menarik yang bisa dilakukan secara kreatif tapi intinya sih berhubungan dengan diskon, bonus/hadiah. Jaman memang terus berkembang tapi yang namanya konsumen akan selalu tertarik dengan yang namanya diskon atau bonus! Tak jarang sekarang ini banyak toko online hobi umbar diskon, bonus poin atau promo gratis ongkos kirim.

Jadi buat yang punya usaha entah produk atau jasa baiknya memang harus mengikuti perkembangan jaman terutama teknologi, kalau enggak menyesuaikan ya lama-lama bisa ditinggalkan karena orang akan berlalih ke produk-produk yang kekinian. Kalau memang produknya gak bisa dijual secara online paling enggak promosinya via online, misal bikin web dan akun sosmed.


salam hormat,
dr pojokan

Related Posts

Strategi Pemasaran Kreatif Harus Mengikuti Perkembangan Jaman Now!
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"