Kerja Dimana? Dirumah Aja! APA? (*Ekspresi Syok) -TAMAT-

Kerja Dimana? Dirumah Aja! APA? (*Ekspresi Syok) -TAMAT- || Buat yang berkecimpung didunia online pasti pernah merasakan tekanan batin ketika ditanya kerja apa-dimana? apalagi orang yang domisili didesa macam aku ini! Menjelaskan pada orangtua aja susah apalagi ke tetangga, sodara, seRT ataupun seDesa!

Dulu pernah tuh ketika ditanya kerja dimana? aku jawab diinternet! Orang yang tanya nanggepin "oh jaga warnet ya?" biar gak ribet ya udah aku jawab aja iya, terus tamat! (karena memang aku pernah jaga warnet).

Lalu suatu ketika bude nanya Ida sekarang kerja dimana? aku gak jawab diinternet lagi karena trauma dikira jaga warnet! Lalu saat itu aku jawab dirumah aja online! Si budhe nanggepinnya "oh gitu ya, ojek dan taksi sekarang murah-murah ya". Aku terdiam sambil mesam-mesem bingung mau bilang apa, terus ya udah jawab 'iya' aja! Tapi dalam hati "apa??? ojek? taksi? -itu berarti online = tukang ojek-Tamat...!

Dan suatu ketika 10 Mei 2017 ketemu guru SD kelas 5, ajaibnya si ibuk masih ingat aku, beliau tanya "loh nduk saiki kerja ngendi?", aku jawab saja kumplit "mboten teng pundi-pundi teng griyo mawon online internetan". Kalau jawaban seperti itu dianggap sebagai penjaga warnet yang nyambi jadi tukang ojek aku pasrah aja deh! Tapi Beliau responnya "loh lah piye kok gak kerja nang ngendi-ngendi??? *beliau ekspresinya kaget syok gimana gitu -Tamat-. Aku tau sih apa yang ada dalam pikiran beliau yakni dikiranya aku pengangguran!

Pas balik ketemu lagi beliau nyalamin lagi dan masih nyambung masalah kerjaan, beliau menasehati "mbok kerja nang ngendi ngunuh", aku terdiam mesam-mesem tok! Beliau bilang "kok awake cilik terus ra iso lemu?" *sambil ngoyok-ngoyok gemes. Aku pasrah aja! Maaf  ya bu guru, aku tidak bisa menjelaskan pertanyaan 'kerja dimana' dengan baik dan benar tapi terimakasih ibu guru dahulu kala sudah mengajariku ini itu dengan baik dan meski aku bukan anak yang pinter kala itu tapi ternyata ibuk masih ingat aku!



Aku harusnya menyiapkan kunci jawaban dari pertanyaan "kerja dimana" yang sekiranya bisa diterima orang sekitar tapi sepertinya itu susah, sangat susah! Mentok-mentok sih pasrah aja dianggap penggangguran juga terserahlah! *Seng penting mesam-mesem tok! Mungkin teman-temen punya kunci jawabannya yang sekiranya mak jleb alias bisa nyantol dikalangan orang awam gitu loh, kalo ada yang punya jawaban jitu boleh dong nyontek, bagi-bagi jawabannya sini!


salam hormat,
dr pojokan

Ingin Bisa Dapat Duit Dari Internet? Mau Diajarin? Ini Jawabnya!

Ingin Bisa Dapat Duit Dari Internet? Mau Diajarin? Ini Jawabnya! || Postingan macam ini sebenarnya sudah pernah aku posting di blog-ku yang khusus tentang introvert tapi aku posting lagi disini juga karena mungkin ada yang gak tau blogku yang introvert ituh...|| Nah ceritanya aku sering banget dapat pertanyaan yang intinya sama yakni orang minta diajarin nyari duit diinternet. Entah itu dari teman atau sodara atau mungkin orang-orang yang sempat baca postinganku diblog.

Nah, kalo disuruh ngajarin gitu-gitu aku bingung! Gimana ngajarinnya? Aku belajar seputar blog dll itu otodidak hanya baca-baca artikel secara random lalu praktek, utak-utik sampek punyeng bahkan sampek sekarang seolah jadi newbie terus karena tetep masih belajar. Semua berjalan mengalir gitu aja! Aku senang ngeblog karena memang dasarnya suka menulis!

Dan aku rasa orang yang minta diajarin nyari udit diinternet itu berfikir "enak ya dirumah aja dapat duit" itulah mengapa dia pengen! Padahal aslinya ya sama seperti bekerja diluaran sana, bahkan kalo di desa berkecimpung didunia online itu dipandang gimana gitu karena dianggap pengangguran! (Baca juga postingan Bekerja dirumah lebih enak dan punya banyak waktu luang dari pada kerja kantoran)

Dan kalo aku disuruh ngajarin pasti aku bilang belajar sendiri aja via google! Maaf ini mungkin jawaban yang bikin putus asa dan mungkin ada yang anggap wah somse gak mau ngajarin! tapi mau gimana lagi? Bingung jelasinnya!

Gini loh, kalo aku melakoni ini karena pada dasarnya aku suka bidang ini jadi mau belajar sepunyeng apapun gak masalah. Nah masalahnya orang yang nanya dan kepincut cari penghasilan didunia online belum tentu kesukaanya sama denganku terlebih kalo dasarnya belum ada gambaran apapun tentang dunia online.

Dan padahal dunia online itu pun ada beragam misal adsense, jualan online (entah produk atau jasa), affiliate dll. Kalo aku dulu awalnya naksir adsense, sudah beli buku neko-neko terkait adsense tapi gak ada yang dibaca sih (*males baca buku, kalo baca pasti ngantuk ketiduran). Dan saat itu daftar akunnya aja susah alias ditolak mulu. Hingga akhirnya aku cuma nulis-nulis aja meski gak dapat penghasilan.

Terus sempat jualan online sekitar 2th tapi akhirnya toko online aku tutup karena sejumlah alasan. Saat itu aku sempat nyambi jadi penjaga warnet agar seengaknya tetep bisa online gratis dan ada duit buat makan ketika yang dionline gak menghasilkan gitu. *ngenes...hahaha...

Jadi menurutku kalo mau terjun didunia online enaknya belajar sendiri aja dulu, sesuaikan dengan apa yang kamu suka, apa yang kamu bisa! Pokoknya sesuaikan dengan kemampuan. Aku yakin pasti bisa kalo memang benar-benar niat dan bukan hanya modus kepincut enak-enaknya doang tanpa ngebayangin hambatan-hambatannya. Memang banyak contoh orang yang sukses didunia online tapi pasti mereka perjuangannya juga berdarah-darah! Kalau aku sih masih newbie yang gak kunjung naik pangkat!

Banyak juga kan acara seminar atau workshop ini itu bahkan biayanya jutaan rupiah, tapi kalo pada dasarnya masih blank gak punya bayangan apapun penginnya langsung mak bendunduk punya penghasilan selangit ya gimana gitu! Orang awam biasanya ngebayangin penghasilan yang berjuta-juta, padahal misal adsense itu layaknya orang ngamen yang ngumpulin receh demi receh.

Intinya gak ada yang instan! Aku juga selama ini masih belajar, soal penghasilan seberapapun disyukuri aja dan yang jelas gak pasti! Aku juga manusia biasa yang kadang malas dan kalo malas endingnya gak dapat apa-apa. Jadi harus berusaha untuk tidak malas! Selain penghasilan yang tak pasti masalah membingungkan lainnya adalah ketika ditanya Kerja apa? Kerja dimana? dan semacamnya.

Yah intinya maaf ya buat yang mungkin tanya atau minta diajarin nyari duit diinternet tapi aku jawabannya malah nyuruh belajar sendiri via googling. Karena ya itu tadi selain aku ini newbie yang gak kunjung naik pangkat semua juga tergantung sikon masing-masing, sesuaikan dengan kepampuan karena bakat kita pasti beda-beda, mungkin ada yang aslinya bakatnya masak, jahit atau yang lainnya.

Ada juga tuh teman yang dulunya sama-sama belajar internet tapi mereka akhirnya keluar dari dunia online dan jualan offline. Kalo aku tetep bertahan di online dengan kemampuan seadanya dan seberapapun hasilnya disyukuri aja. Sekali lagi dipatenkan bahwa "aku newbie jadi plisss jangan membayangkan aku ini yang wah-wah-wah layaknya kaum mastah!".


salam hormat,
dr pojokan