Simple Tapi Tetep Produktif & Kreatif Dengan Yang Ringan Nan Tahan Lama Seperti ASUS Eeebook E202!


Aku tersiksa jika ditanya kerja apa atau dimana karena trauma dijawab internet dikira tukang warnet, dijawab online dikira tukang ojek, dijawab dirumah aja dikira pengangguran. Yang pasti kalau dimananya itu kadang dikasur, kadang nglesot dilantai, kalau pas keluar ya paling nebeng diemperan A**Amart atau semacamnya tapi seringnya sih duduk dikursi dan meja yang aku siapkan dipojokan biar ala-ala dikantor gitu. Dan satu lagi yang pasti dimanapun tempatnya pasti butuh seperangkat alat ngetik seperti notebook dan koneksi internet!

Niat Ganti Notebook

Awal bulan Mei 2017 aku serasa mendengar jeritan suara hati yang meronta-ronta untuk ganti notebook! Tapi otak-ku berkata yang dipakai sekarang masih bisa! Tapi dalam hati tetep ngeyel pengin ganti karena memang iya masih bisa dipakai tapi baterainya itu loh udah gak nguatin lagi!

Yah gitulah aku memang aslinya introvert nan pendiam tapi biasanya antara otak dan hati berisik sering debat! Untuk kasus pengin ganti notebook ini akhirnya mikir-mikir kalo ganti mau beli merek apa? penginnya sih yang ringan saat dibawa kemana-mana dan batreinya tahan lama.

Pengin Notebook Asus E202 Yang Ringan Nan Tahan Lama

Sebelumnya tahun 2016 aku beli hp asus zenfon max yang baterainya benar-benar kuat tahan lama untuk pengganti modem. Jadi sekarang ini aku kalau online hanya manfaatin fitur hotspot dari hp gak pakek modem, nah dari situ aku mikir mungkin cari produk asus lagi aja deh!

Setelah cari-cari info aku agak tertarik dengan Notebook Asus E202! Statusnya masih agak karena belum fix, yang pasti Asus E202 ini punya beberapa daya pikat yang bikin aku terpesona. Pertama soal harganya sangat terjangkau. Selebihnya:

1. Ringan Dengan Pilihan Warna Stylish

Beratnya kalo baterai dipasang hanya 1,25 KG dan kalau baterai dilepas 1,02 KG. Aku lebih suka yang ringan-ringan agar mudah dibawa kemana-mana, gak ngebebani gitu loh! Nah selain itu Notebook Asus E202 menawarkan beberapa warna yang stylish yakni Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge. Dan warna yang aku suka tersedia yakni Lightning Blue.

2. Baterai Tahan Lama Dengan USB 3.1 Type-C


Selain cari yang ringan, point penting lainnya adalah soal daya tahan baterai dimana Asus E202 ini bisa tahan sampai 8 jam. Lumayan kan setara dengan jam kantor, meski kantor aku dimana gak jelas tapi kan seolah kehidupan masa kini itu rumusnya adalah harta-tahta-kuota selebihnya colokan listrik. Kalau notebook baterainya kembang kempis masak iya mau dicolokin ke powerbank. Jadi soal baterai itu bagiku adalah pertimbangan penting kala ingin beli notebook!

Notebook Asus E202 ini menggunakan komponen prosesor Intel Celeron Dual Core N3060 generasi kelima dan nilai Thermal Design Power (TDP) hanya sebesar 6 watt, itulah yang bikin kapasitas baterai tidak cepat terkuras dan tidak panas. Nah kalo enggak panas jadi gak perlu kipas lagi, entar kipas yang udah ada di rumah itu bisa buat ngipasin diri sendiri deh. *eaaa....

Lebih dari itu Asus E202 adalah notebook 11,6 inci pertama yang menggunakan teknologi USB 3.1 Type-C dimana USB-nya dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kemampuan transfer datanya hingga 5Gpbs atau 11x lebih cepat dari USB 2.0 jadi otomatis hemat waktu. *bakalan wasss-wusss wasss-wusss cepet gitu loh.

3. Ada Versi DOS dan Versi Windows 10 Dengan Generasi Wifi Terbaru
Notebook Asus E202 yang ukurannya lebih kecil dari kertas A4 ini selain  ada yang versi Windows 10 ada yang versi DOS. Selain itu fitur wifinya juga sudah menggunakan generasi terbaru. Kalau aku sih pengin tuh ya versi windows 10 tapi sebenarnya yang DOS juga gak masalah dan karena aku onlinenya hanya mengandalkan wifi dari hostpot hp jadi teknologi WiFi 802.11ac sangat cocok.

4. Ada Bluetooth-nya
Nah hp-ku yang Asus Zenfone Max itu selain dipakai untuk online pengganti modem kadang aku pakai buat foto-foto tapi bukan memfoto diri sendiri sih karena aku termasuk kaum yang enggan selfie jadi aku cuma memfoto alam sekitar misal hewan, bunga, tetesan air dan semacamnya. Sebagian hasil foto diposting di IG @widhawatitok dan karena hasil foto dari hp Asus itu bagus dibuang sayang jadi selebihnya biasa dipindahin ke notebook. Selama ini untuk memindah foto-foto itu biasanya ribet harus nyolok sana sini, tapi kalau ada fitur Bluetooth 4.0 seperti di Asus E202 ini kan jadi gampang mindah gambar tanpa harus colok mencolok. (*Untuk membuktikan apakah benar hasil foto dari hp Asus yang meskipun tipe lawas itu bagus bisa dicek di IG-ku ya. *gak usah difollow cukup dilihat aja karena ini bukan promo bukan sihir -hahaha-).

5. SonicMaster Audio
Aku memang pendiam suka hening tapi kadang sesekali juga pengin nuansa berisik tapi untuk saat ini speaker tambahan yang ada di rumah itu sudah rusak sebelah dan kalau pakai Asus E202 sepertinya tak perlu lagi tambahan speaker karena sudah sonicmaster dengan kualitas suara yang jernih dan kencang.

Kurang lebih itulah pesona-pesona dari Asus E202 yang menarik hati karena sesuai dengan kondisiku yang kurang lebih penginnya ringan, baterainya tahan lama, ada bluetooth-nya dan speakernya sudah sonicmaster gak perlu lagi speaker tambahan.

Kalau pengin tau spesifikasi lebih detail mungkin teman-teman bisa googling aja, karena untuk memutuskan membeli notebook itu tentu kembali ke kebutuhan masing-masing.  Dan menurutku notebook Asus E202 ini bisa untuk segala profesi karena fitur-fiturnya keren meski harganya sangat terjangkau yakni hanya 3 jutaan doang.

Kalau yang aku tulis diatas itu hanya point-point yang memikat hatiku doang. Untuk seperangkat alat ngetik memang biasanya aku gak yang muluk-muluk pakai yang simple-simple aja yang penting baterainya kuat tahan lama dan ringan dibawa kemana-mana sehingga bisa tetep produktif dan kreatif dimanapun bahkan dengan ide-ide yang sederhana.

Intinya kalau buat aku tuh bisa lancar buat online untuk keperluan posting blog (*karena blogku banyak meski gak semua update #uhuk). Posting youtube (*aku gak ngevlog loh ya karena untuk selfie aja malu apalagi ngevlog tapi aku aktif loh di youtube dengan ide yang sangat-sangat simple manfaatin movie makernya  windows hasilnya lumayan). Lalu selebihnya buat menjelajah google untuk baca ini itu dan untuk posting di Sosmed (biasanya habis posting blog atau youtube butuh akses sosmed seperti facebook atau twitter untuk share link). Yah pokoknya aku terbiasa dengan yang simple baik itu ide posting diblog ataupun youtube dan sekitarnya. Bahkan untuk seperangkat onlinenya aku juga sukanya yang simple, gak perlu yang gede biar gak berat dan yang penting baterainya kuat diajak melek. Karena menurutku kreatif itu adalah ketika kita mampu menjadikan yang simple menjadi lebih, entah itu lebih menarik ataupun lebih berbeda! Nah kalau kreatif dengan notebook Asus E202 itu berarti ketika kita mampu menjadi lebih produktif sesuai profesi masing-masing!



Dan jujur saja sejauh ini untuk keperluan ketik mengetik aku belum pernah pakai produk Asus! Makanya ketika jeritan suara hati meronta pengin ganti akhirnya nglirik-nglirik Notebook Asus E202! Tapi sekali lagi sejauh ini masih sebatas ngelirik, karena meski hati menggebu otaknya masih pilih-pilih! Bahkan sempat kepikiran cari gratisan, ndelalahnya tanggal 20 Mei 2017 lihat status mbak Uniek yang bagi-bagi 10 Asus E202, otomatis ngarep banget deh dapat 1 aja gak usah banyak-banyak.

Ini semacam kebetulan belaka, kalau pun gak dapat ya pasti nanti akhirnya beli entah endingnya beli apa gitu karena memang sudah saatnya ganti seperangkat alat ngetik, tapi nunggu jeritan suara hati dulu dhing! *lebih tepatnya nunggu status pengumuman (hahaha). Ya harap makelum ya, blogger itu biasanya mampu beli tapi suka ngincer yang gratisan (*eaaa.. alesan…), tapi beneran deh ada kepuasan sendiri kalo pakai produk gratisan hasil menang lomba! Tapi sayang aku jarang menang lomba, mungkin karena aku gak kreatif -hahaha-. Apakah teman-teman juga seperti aku yang pengin beli tapi ngincer yang gratisan dulu? silakan ikut aja Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com. Kalau misalnya sudah kelewat deadline atau gak menang ya udah beli aja toh hanya 3jtan.

NB: Pada akhirnya aku gak dapat gratisan alias gak menang lombanya, jadi akhirnya aku beli! *udah gitu aja....

salam hormat,
dr pojokan