08 February 2018

Inilah Pelajaran Sekolah Yang Paling Berguna Ketika Sudah Bekerja

Ada yang bilang sekolah itu gak penting, tapi sebagian besar orang pasti lebih setuju bahwa sekolah itu sangat penting. Meski sekolah itu sendiri tidak menjamin kesuksesan seseorang dimasa depan, karena banyak juga yang lulus sarjana tapi bingung nyari kerja bahkan justru jadi pengangguran. Disisi lain yang gak sekolah tinggi atau gak lulus sekolah justru jadi pengusaha sukses.



Ngomongin soal sekolah menurutku, ini menurutku loh ya! Buat yang belum terlambat sebaiknya sekolah mengambil jurusan sesuai bakat atau passion. Jika belum tau bakat atau passion-nya apa segera cari tau agar nantinya bisa memilih sekolah yang tepat sesuai apa yang disukai dan diminati. Ada kok itu tes untuk mengetahui karakter bawaan seperti stifin atau sejenisnya.

Aku adalah contoh yang tidak baik karena sekolah hanya ngasal yang penting sekolah gitu, ambil jurusan juga cuma ngasal. Aku baru memahami seputar karakter bawaan, bakat, minat dan sekitarnya setelah tidak sekolah. Sekali lagi ‘setelah tidak sekolah’ (dibaca ketika sudah tua…haha).

Kalau sekolahnya aja ngasal terus dulu waktu ngikutin pelajaran sekolah gimana? Ya sekedar datang, duduk, diam, pulang. Aku tuh modalnya cuma anteng doang, nyatet juga kadang ogah-ogahan, karena tulisan tanganku jelek, aku sendiri malas baca tulisanku (*haha).

Kalau pelajaran sekolah yang gak aku suka, yang rumit-rumit penuh rumus seperti matemetika, kimia, fisika itu aku dulu mikirnya “halah rumit gitu emang entar kalo kerja kepakai?”. *pikirannya udah ogah-ogahan gitu jadi dulu masuk kelas IPS deh.

Kalau ujian modalnya hafalan semalam, tapi aku gak pernah nyontek karena malas, nyontek itu ribet, bikin catatan kecil-kecil, dilinting dilipet, diselipin kemana gitu, yah pokoknya menurutku itu semua ribet. Belum lagi tulisanku kan jelek, nah kalo bikin contekan aku bisa jadi malah puyeng sendiri karena gak bakat bikin catatan yang rapi seperti para pecontek sejati itu. Mending ngapalin lah dari pada nyontek.

Tapi sengasal-ngasalnya waktu sekolah ada pelajaran yang secara tidak sengaja aku sukai yakni pelajaran pemasaran karena aku dulu prodi marketing. Dalam pelajaran pemasaran itu ada materi promosi, periklanan, branding dan lain-lainnya. Bahkan beberapa teori seputar marketing, promosi dan periklanan ada yang aku posting di blog ini loh. Emang ada yang baca postingan seputar teori penjualan, promosi, periklanan dll-nya itu? Kalau dilihat dari statistik lumayan kok yang buka postingan itu, ya mungkin itu anak-anak sekolah yang lagi pada cari bahan pelajaran di sekolahnya.

Lalu apakah pelajaran yang aku suka itu berkaitan dengan dunia kerja sekarang? Ya gitu deh, meski masih banyak hal yang harus dipelajari sendiri karena dulu gak didapat waktu sekolah. Eh betewe emangnya aku ini kerja apaan? Embuhlah ya, aku sendiri bingung dan kalo di desa memang udah biasa dibilang pengangguran karena kelihatannya cuma duduk diam dipojokan.

Misal sebut saja aku sekarang jualan online, seenggaknya pelajaran seputar marketing itu bermanfaat meski dulu belum ada materi marketing online. Dulu gak diajarin bikin blog untuk jualan atau jualan lewat sosmed, sehingga harus belajar sendiri.

Padahal dulu waktu masih sekolah dan ambil prodi marketing itu juga cuma ngasal, bahkan seolah gak ada harapan yang baik, bayangannya entar mau jadi apa? Jadi sales yang kemana-mana bawa barang dagangan ketuk pintu ke pintu gitu? Mengingat aku ini pendiam yang gak pandai bicara empuk layaknya sales sejati. Yah pokoknya bayangannya waktu itu benar-benar surem tapi ya tetep sekolah dengan modal datang, duduk, diam, pulang sampek lulus.

Dan setelah lulus beneran bingung mau kerja apaan? Lamar kerja sana-sini gak betahan. Tapi untung mengenal internet jadi bisa belajar jualan online, jadi hikmahnya adalah jualan itu gak harus door to door, gak harus pandai bicara empuk asal bisa bikin artikel renyah gitu. *eaaa…

Yah itulah cerita seputar pelajaran sekolah yang bagiku paling berguna atau berkaitan dengan dunia kerja yang saat ini dijalani bahkan saking melekatnya sampai ada beberapa teori yang aku posting di blog ini. Ini sekedar pengalaman pribadi ya, dimana tentu berbeda dengan pengalaman orang lain. Yang pasti bagiku meski sekolahnya cinderung ngasal tapi dari sekolah itu bisa belajar banyak hal, sekolah itu juga bisa membentuk pola pikir dan lain sebagainya.

Dan sekali lagi buat yang belum terlambat atau buat para emak baiknya arahkan sekolah anak sesuai bidang yang benar-benar disukai atau diminati agar ilmu yang didapat juga benar-benar sesuai dan terarah. Kalau anak belum tau minatnya coba dibantu diarahkan gitu.



salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Inilah Pelajaran Sekolah Yang Paling Berguna Ketika Sudah Bekerja
4/ 5
Oleh

2 komentar

February 9, 2018 at 1:52 PM delete

hahaha aku yo bingung pelajaran yang berguna pas sekolah, matematika doang kali ya

Reply
avatar
February 9, 2018 at 7:25 PM delete

oh iya matematika itu jelas, terutama waktu mau belanja ngincer diskonan gitu kan paling enggak butuh perhitungan juga haha....

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!