07 May 2018

Keuntungan dan Cara Pasang Iklan Otomatis Google Adsense (Auto Ads)

Ketak-ketik seputar google adsense ah, intinya postingan ini hanya curhatan sederhana cocok buat pemula adsense yang gak pengin pusing dan ribet (sekali lagi postingan ini hanya sederhana ala-ala pemula alias bukan masta!). Jujur saja kalau menurutku google adsense kini memprihatinkan karena cpc rendah pakai banget (untuk blog bahasa Indonesia). Jadi aku malas dan mulai kembali belajar jualan online (seperti yang dulu pernah aku posting di postingan embuh kapan gitu). Namun demikian kadang aku tetap belajar atau ngutak-atik seputar adsense.



Salah satu diantaranya adalah mencoba iklan otomatis atau auto ads google adsense, sebenarnya model iklan ini udah ada agak lama tapi aku baru sempat mencoba. Dan model auto ads ini adalah pembaharuan dari iklan page level (iklan vinyet dan iklan anchor yang khusus tampil di mobile). Dulu (embuh kapan gitu, *malas nyari link postingannya haha) aku pernah posting hasil nyoba iklan page level itu dan meski banyak tampilan yang keluar tapi jarang banget yang klik alias zonk. Lalu tentang iklan otomatis atau auta ads ini gimana? sekilas sih iklan otomatis ini mudah banget pemakaiannya entah dari segi ngontrol iklan atau cara pasangnya.

Keuntungan Menggunakan Iklan Otomatis (Auto Ads) menurut pihak google adsense aku simpulkan seperti dibawah ini:


  1. Mudah Digunakan, ya namanya juga otomatis jadi cukup pasang satu kode iklan saja dah beres! Sisanya google yang akan otomatis bekerja. Iklan yang muncul otomatis sesuai selera google yang disesuaikan dengan pengalaman pengguna (visitor).
  2. Blogger bisa lebih fokus ke pembuatan konten yang bagus, ya karena itu tadi google yang bekerja menyesuaikan iklan-iklan yang muncul itu jadi si blogger gak perlu lagi mikirin dimana posisi iklan harus dipasang.
  3. Berpotense meningkatkan penghasilan, ya itu tadi karena tayangan iklan disesuaikan dengan laman blog jadi lebih memungkinkan untuk meningkatkan pendapatan.


Intinya cara kerja iklan otomatis itu adalah iklan google dengan sendirinya memahami struktur halaman blog dan menempatkan iklan berdasarkan tata letak, jumlah konten ataupun disesuaikan dengan iklan yang sudah ada. Jadi untuk iklan yang muncul itu ngikut si google mau ditempatkan disebelah mana, kadang iklan muncul diatas kolom komentar, diantara komentar dan lain sebagainya dimana kadang iklan itu muncul ditempat-tempat yang tak terduga.

Kalau pasang iklan otomatis ini memang mudah tapi ya itu tadi iklan yang tampil sesuai kehendak google, lain halnya kalau kita pasang iklan manual maka bisa meletakan iklan sesuai keinginan misal diletakan dibawah setelah postingan atau dibawah judul atau lainnya. Kalau menurutku memang lebih mudah pakai iklan otomatis karena gak usah utak-atik html untuk pasang iklannya dan lagi iklan yang muncul bisa variatif bahkan posisinya berbeda dari satu halaman dengan halaman lainnya.

Gimana cara pasang iklan otomatis atau auto ads dari google adsense? Caranya gampang banget, kurang lebih seperti dibawah ini:

1. Login ke akun google adsense, lalu pilih menu Iklan dan pilih yang iklan otomatis! Tinggal pilih mau aktifkan jenis iklan yang mana saja. Jangan lupa simpan!



2. Ambil kode adsense-nya di menu "Sisipkan Iklan Otomatis"



3. Copy kode-nya dan pasang di antara "head" html blog masing-masing (paling gampang tinggal klik edit html, dibatas itu ada kode head terus tinggal kopas kode dibawahnya).



Udah gitu doang! Dan kalau pasang iklan otomatis ini biasanya kalau dibukan via hp maka iklan yang muncul itu lebih banyak karena beberapa vitur itu memang munculnya diversi mobile.

Oke deh, sekian ketak-ketik episode kali ini, sampai jumpa dicurhatan berikutnya ala pemula alias blogger newbie yang gak pernah naik pangkat karena masih harus belajar ini itu.


Salam ketak-ketik,
dr pojokan


Related Posts

Keuntungan dan Cara Pasang Iklan Otomatis Google Adsense (Auto Ads)
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"