12 July 2018

3 Alasan Sederhana Kenapa Kita Perlu Bahkan Harus Menabung!

Udah lama gak update blog dan tau-tau pengin ketak-ketik seputar 3 Alasan Sederhana Kenapa Kita Perlu bahkan Harus Menabung. Postingan ini bukan dalam rangka endorse produk bank atau apa gitu loh ya, karena aku ini bukan buzzer. Dan gak laku juga jadi buzzer karena miskin follower. *eaaa…..



Aku termasuk orang yang suka dengan namanya menabung, bukan karena kerasukan slogan Menabung Pangkal Kaya tapi karena aku pikir memang menabung itu perlu karena manfaat menabung itu luar biasa. 3 Alasan sederhana kenapa nabung itu perlu menurut versi ketak-ketik adalah:

1. Menabung Itu Untuk Jaga-jaga

Roda kehidupan terus berputar dan kita tidak tau apa yang terjadi esok hari jadi salah satu keuntungan menabung itu adalah buat jaga-jaga dikemudian hari. Seperti misalnya aku yang kerjanya begini-begini aja tentu ada resiko yakni ketika suatu saat gak ada penghasilan. Dan ini beneran serius terjadi loh ya, aku kehilangan sumber penghasilan, ibarat orang kerja kantoran “aku dipecat tanpa pesangon”. Dan per postingan ini ke ketik maka sudah setengah tahun lamanya aku tidak gajian. *ngenes ya kan??????

Aku sedang melakukan usaha tapi ya mungkin butuh proses untuk bisa menghasilkan. Entah nanti berhasil atau tidak yang penting berusaha gitu aja.

Lalu untuk kebutuhan ini itu dari mana? Ya untungnya aku sebelumnya nabung, dengan kata lain pendapatan yang sebelumnya enggak aku hambur-hamburkan saat itu. Jadi ya lumayan bisa jadi penopang disaat gak ada pemasukan.

Lebih dari itu kalau kita menabung tuh bisa buat jaga-jaga keperluan lain misal suatu saat pengin piknik, pengin investasi tapi bukan yang bodong-bodong gitu loh ya, dan keinginan-keinginan lain yang asyik-asyik.

2. Menabung Itu Membawa Ketenangan

Mafaat menabung salah satunya adalah membawa ketenangan. Kalau punya tabungan itu sudah pasti hawanya tenang. Sehingga misal sewaktu-waktu gak ada pemasukan atau ada kebutuhan mendadak pun akhirnya gak panik gitu loh. Coba kalau gak punya tabungan pasti hawanya was-was, dan kalau ada kebutuhan mendadak pasti panik bukan main.

Ya ibaratnya sedekah yang bisa membawa ketenangan dunia akirat, nabung juga membawa ketenangan tapi versi dunia doang gak sampai akirat.

3. Menabung Itu Bisa Bikin Terhindar Dari Utang

Dan keuntungan menabung yang lainnya adalah bisa bikin kita terhindar dari utang. Ya coba bayangin kita biasa ngabisin duit tanpa punya tabungan sepeserpun, lalu suatu ketika tiba-tiba ada kebutuhan mendesak gimana? Jalan pintasnya adalah ngutang ya kan?

Tapi kalau kita punya tabungan seenggaknya menghindarkan diri kita dari yang namanya utang. Ya sih utang itu tidak dilarang, tapi yang namanya orang hidup itu jauh lebih tenang kalau gak punya utang. Bener gak?

Aku sangat enggan sama yang namanya utang, sebisa mungkin hidup ini jauhi utang apalagi kalau hanya untuk memenuhi hal-hal yang kurang penting semacam gengsi. Selain enggan utang aku juga enggan kalau diutangi, apalagi kalau orang yang diutangi tipe pelupa atau suka pura-pura lupa. Kita nagih-nagih gak dibayar, eh dia malah posting foto liburan. *syakietttt kan…..

Ya gitu doang sih ketak-ketik kali ini, namanya juga 3 alasan sederhana jadi gak usah panjang-panjang. Intinya nabung itu bisa buat jaga-jaga, membawa ketenangan dan bikin terhindar dari utang. Hidup sederhana gak neko-neko gak masalah, asal punya tabungan (meski gak banyak gak apa-apa) dan yang penting gak punya utang.

Kalau aku sih orangnya cuek, orang mau bilang apa ya biarin, dikatain kerja dari dulu gak punya apa-apa ya terserah. Yang penting aku gak bikin rusuh atau bikin masalah, kalau mereka suka ngomongin ini itu ya berarti itu yang bermasalah itu mereka yakni suka ngomongin orang. Udah gitu aja.


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

3 Alasan Sederhana Kenapa Kita Perlu Bahkan Harus Menabung!
4/ 5
Oleh

2 komentar

July 14, 2018 at 8:08 AM delete

Menabung untuk masa depan yang lebih cerah. Haseeek

Reply
avatar
July 18, 2018 at 10:13 AM delete

kalau begitu berarti masuknya menabung yang kategori investasi :)

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!