08 August 2018

Cara Mudah Mengatasi Url Blog 404 Error Tidak Bisa Dibuka Via Laptop, Android dan Tablet

Ketak-ketik kali ini curhat masalah blog, dimana tanggal 8 Agustus 2018 sempat panik lihat blog gak bisa dibuka di laptop bahkan android dengan pesan “404. That's an error. The requested URL [URL] was not found on this server. That's all we khow”. Bingung ini masalahnya apa? Jangan-jangan domainnya diblokir atau udah kadaluarso? Tapi enggak kok, belum masanya perpanjangan meski sudah dapat email disuruh memperpanjang. Aku buka pakai chrome atau mozilla sama aja tampilannya kayak gini:



Yah namanya orang awam dimana basic-nya bukan IT jadi jelas saja aku panik dan bingung. Lalu aku coba clear history baik di hp ataupun di laptop. Untuk yang di hp dengan clear chache, tembolok dll masalah teratasi tapi yang via laptop ENGGAK!!! Alias tetep 404 error gitu deh.

Tadinya itu aku mikir yang bermasalah adalah blog-ku, tapi aku coba buka url lain ternyata juga gak bisa dibuka. Dari sini aku mikir bahwa ini berarti yang bermasalah adalah laptop-ku. Pikiran neko-neko gitu deh. Tiba-tiba mak cringggg dapat ide untuk install ulang chrome dan mozilla. *sok tau gitu kan... hahaha

Nah setelah install ulang tambah pusing karena sama aja alias tetep 404 error! Udah gitu baru ingat di chrome ada setingan autofill yang rumit berarti ilang dong???? Tambah puyeng.

Cara Mengatasi URL Blog 404 Error


Aku iseng buka url blog via internet explorer ternyata bisa kebuka dengan normalnya. Tapi ya gitu deh via chrome dan mozilla tetep gak biasa jadi masih penasaran gimana cara mengatasi url blog 404 error ini?? Akhirnya coba cara lain untuk mengatasi Url Blog 404 Error Tidak Bisa Dibuka Via Laptop atau PC.

Cara Mengganti DNS Server


Dan cara terakhir adalah mengganti DNS server. Aku online pakai modem cara gantinya adalah klik simbol akses internet dibagian pojok kanan bawah.



Klik Kanan lalu pilih properties, misal seperti gambar dibawah ini.



Lalu pilih Networking dan pilih yang version 4 (TPC/Ipv4), lalu klik properties seperti gambar dibawah.



Selanjutnya tinggal diisi saja. Preferred DNS server 8.8.8.8 dan Alternate DNS Server 8.8.4.4 lalu klik OK dan restart laptop.



Coba cek lagi buka url blog atau web apakah sudah bisa atau masih 404 orror? Kalau aku sih alhamdulillah bisa!

Lega deh! Intinya ubah DNS ini jika laptop tidak bisa membuka url blog atau web yang dianggap tidak aman. Entah itu blog sendiri atau blog orang lain.

Yah inilah sedikit pengalaman ketika aku panik tidak bisa membuka url blog atau web via laptop dengan pesan 404. An error.

Jika ada yang mengalami masalah yang sama bisa dicoba tuh, ganti DNS server untuk versi laptop atau PC sementara kalau versi android atau tablet cukup dengan clear chache, tembolok dan sekitarnya. Sudah tau kan caranya clear tembolok dll? Klik aja history lalu tinggal dibersihkan deh.

Masalah seperti ini buat yang sudah ahli pasti gampang tapi buat aku yang belajar ngeblog aja cuma ototidak ya jelas panik. Oh iya, Jika cara diatas gak mempan maka silakan googling lagi dan semoga menemukan tutorial mengatasi url blog web 404 error yang sesuai dengan masalah yang teman-teman hadapi.

Terimakasih sudah menyimak ketak-ketik, sampai jumpa di postingan lainnya.


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Cara Mudah Mengatasi Url Blog 404 Error Tidak Bisa Dibuka Via Laptop, Android dan Tablet
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"