09 May 2018

Cara Mudah Install Blog Domain Wordpress dan Cara Delete Template Wordpress Yang Tidak Dipakai!

Selamat datang di blog ketak-ketik, kali ini aku mau berbagi pengalaman install blog domain di wordpress dan cara delete template wordpress yang tidak dipakai. Selama ini aku biasanya ngeblog via blogspot gitu loh, belum nyoba yang wordpress self domain. Aku pikiri sulit gitu loh tapi ternyata “gitu doang”.

Ceritanya sekitar akhir bulan April 2018 akhirnya aku coba beli domain untuk ngeblog dengan platform wordpress. Jujur saja aslinya males sih karena kalau pakai wordpress itu harganya lebih mahal karena selain beli domain juga harus beli paket hosting ya kan? Kalau di blogspot beli domain doang bisa, hostingnya nebeng aja gratisan.

Tapi karena aku newbie yang gak pernah naik pangkat jadi ya itu tadi pengin nyobain gitu loh, entah nanti nasib blog-nya gimana itu urusan nanti, yang penting nyoba dulu aja! Cara beli domain tentu sudah pada tau kan? Tinggal tentuil alamat url, terus cek ketersediaan, jika tersedia langsung order aja, lalu tambah order paket hosting. Setelah dibayar tentu domain akan segera diaktifkan oleh pihan penjual. Jika sudah diaktifkan maka tinggal istall di CPanel, untuk akun dan pasword login Cpanel pasti dikirim via email, jadi tinggal masuk ke email lalu kopas aja.

Cara Mudah Install Blog Domain Wordpress Untuk Pemula

Nah untuk install wordpress ini gak usah pusing karena memang caranya mudah banget, pakai saja cara instan yakni via Softaculous. Caranya gimana? Langkah mudahnya sebagai berikut:



Setelah dapat akun dan pasword silakan login di Cpanel, lalu geser ke bawah menuju menu SOFTACULOUS dan pilih saja yang menu wordpress.



Lalu Klik Saja Install Now.



Lalu Tinggal Isi alamat blog, judul, diskribsi dll, jika sudah klik install.



Tunggu proses install wordpress yang hanya butuh waktu beberapa menit.



Setelah itu selesai, silakan login ke dasbor wordpressnya.



Kalau mau cek seperti apakah blog-nya? Tinggal buka alamat url blognya, maka pasti ada postingan “hello word”.



Ya udah gitu doang untuk install blog domaian pakai wordpress. Gampang banget kan? Selebihnya tinggal pilih tema atur tampilan, lalu posting tiap hari atau isi konten dengan postingan-postingan yang berkualitas.

Dan ternyata ngeblog pakai wordpress itu lebih mudah ketimbang blogspot terutama bagi yang malas utak-atik html karena kalau pakai wordpress ingin pasang ini itu tinggal pakai plugin saja. Misal ingin pasang iklan dibawah postingan atau lainnya tinggal pakai plugin sementara itu kalau di blogspot harus utak-atik daleman html.

Kalau tipe newbie seperti aku biasanya kalau bikin blog itu salah satu faktor yang bikin lama adalah masalah milih template. Pasti hawanya pengin nyoba ini itu sampai ketemu yang cocok, iya gak? Nah kalau mau gonta-ganti template wordpress ini caranya adalah dengan install kode zip template. Googling aja template blog wordpress gratis lalu download dan install. Kalau misal udah kadung install banyak template gimana? Mendingan dihapus saja biar space-nya lebih longgar.

Cara Delete Template Wordpress Yang Sudah Diinstall Tapi Tidak Dipakai

Tadinya untuk delete template yang sudah terinstall itu aku bingung gimana caranya? Dan ternyata setelah dilihat lebih dalam caranya mudah “gitu doang”. Caranya adalah masuk ke menu Tampilan lalu pilih Themes.



Lalu pilih template yang mau dihapus, lalu pilih Themes Detail!



Kalau diklik pasti akan muncul menu “Delete” dipojok bawah kanan.



Ya udah gitu doang, dengan menghapus template wordpress yang tidak dipakai ini seenggaknya space jadi lebih longgar dan gak sumpek juga ngelihatnya karena pada dasarnya kan kita Cuma butuh satu template dalam satu blog. Kalau suatu saat ingin ganti ya tinggal install aja, tapi sebaiknya sih jangan terlalu sering gonta-ganti template karena kata mastah itu gak bagus gitu loh.

Oke deh, sekian sharing sederhana kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung, untuk selanjutnya aku mau posting curhat pertimbangan pilih blog domain wordpress atau blog domain blogspot? Lebih enakan yang mana? Simak dipostingan berikutnya ya.

Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Cara Mudah Install Blog Domain Wordpress dan Cara Delete Template Wordpress Yang Tidak Dipakai!
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!