06 February 2019

Dampak Google+ Dihapus: Bagi Pengguna Blogspot Atau Blogger Segera Ubah Profil Pengguna Atau Profil Komentar!

Pasti sudah pada tau kan bahwa google memberikan pengumuman google+ akan dihapus? seketika aku sedih dan was-was gimana gitu. Sedihnya bukan karena google+ dihapus tapi mikirin gimana dampaknya untuk blog setelah penghapusan G+ karena aku pengguna blogspot, termasuk blog ini juga pakai bloggernya si google.



Aku mikir gimana nanti jadinya komentar blog yang biasa pakai g+, lebih dari itu juga was-was kalau template terpengaruh. Sebelum ada pengumunan itu sebenarnya beberapa blogku tiba-tiba bermasalah yakni tombol replay komentar tidak bisa diklik dan tampilannya jadi gak rapi, tidak lagi tersusun gituloh. Aku coba otak-atik ditambahin kode css dll akhirnya bisa sedikit rapi dan bisa diklik tombol replaynya tapi tetep aja ada yang gak berfungsi lagi misal emoticon sudah gak bisa muncul lagi di blog ini. Tapi jika dikembalikan ke template bawaan blogger susunan komentarnya bisa rapi dan tombol replay juga berfungsi dengan baik, mungkin sebenarnya blogspot ini maksa agar pakai template bawaan.

Jika penghapusan google plus ini berpengaruh lagi aku was-was takut harus ganti template karena udah benar-benar males ganti template blog. Menurutku hal yang paling boros waktu adalah ketika ganti template, iya gak sih? kalo dah utak-atik template gitu bisa jadi lupa segalanya.

Dan pagi-pagi ketika login blog ada pemberitahuan seperti ini, dan pasti semua pengguna blogspot dapet ginian:

  • Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.
  • Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.
  • Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.
  • Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.
  • Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda.

Yah gitu deh, penghapusan google+ akhirnya berpengaruhnya ke blog. Terus gimana? ya mau gak mau harus menyesuaikan perubahan. Jika diamati diblog ini memang komentar belakangan ini banyak yang "unknown" karena mungkin yang komentar pakai G+ dan ia tidak punya akun blog.

Buat blogger atau yang punya akun blog lebih baik kalau blog walking terus ninggalin komentar pilih yang isi name dan url saja.

Cara Mengubah Akun Profil Atau Admin Blog Dari G+ ke Akun Blogger


Untuk blog ini sudah aku setting ke profil blogger karena sebelumnya aku pakai profil G+. Cara ganti profil pengguna gimana? masuk aja ke setelan pengguna lalu disitu kan ada dua pilihan yakni blogger dan google plus, lalu pilih aja yang blogger. Silakan diedit apa aja yang ingin ditampilkan di akun profil pengguna.



Contoh tampilan profil admin atau author blog ketak-ketik ini kini jadi IG @widhawatitok seperti dibawah ini:



Terus untuk komentar yang sebelumnya pakai akun g+ gimana? entahlah, dari info-nya google diatas sih gak akan muncul tapi gak tau juga dhing. Jadi nyesel juga sih kenapa dulu pakai profil G+ di blog kalau akhirnya seperti ini, tau gitu dari dulu tetap pakai profil blogger, ye kan? ah sudahlah, sudah terlanjur.

Intinya dengan penghapusan ini maka selaku pengguna blogspot atau blogger harus menyesuaikan diri, termasuk kode meta tag yang berbau-bagu G+ di kode html.

Selain was-was efek penghapusan G+ aku juga sempat ngebayangin gimana kalau akhirnya blogspot dihapus oleh google? blogger pengguna blogspot sepertiku pasti kejang-kejang. Ah entahlah...


Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Dampak Google+ Dihapus: Bagi Pengguna Blogspot Atau Blogger Segera Ubah Profil Pengguna Atau Profil Komentar!
4/ 5
Oleh

22 komentar:

  1. Saya baru tau nih.. Terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  2. Iya nih mbak, kemarin blogku sudah tak kembalikan ke blogger juga. Awalnya pakai Google+

    ReplyDelete
  3. Untg br pake sbntr g+ nya emg bbrp yg komen diblog jg bbrp dr pwngguna g+ ni skrg profil dh blk lg ke blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah lama tak tautin pakai G+, awalnya dulu gak yakin tapi karena mikir-mikir lebih praktis jadi ganti ke G+. Jadi was-was balasan komentar yang sebelum-sebelumnya pakai G+ ilang gitu.

      Delete
  4. Tujuan utama pakai Akun Google+ sebenarnya biar lebih mudah menjangkau pembaca / blogger lain yg nggak pakai blogspot, kalau saya mbak. E... Malah sekarang bakal di hapus. Agak susahkalau mau ninggalin komentar di blog lain ini :(

    Wah, saya belum tak setting ulang itu. Masih pakai google plus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang kadang pembaca males ngisi nama atau url apalagi kalau dia bukan blogger tapi pengin komentar. Dan sejak akan dihapusnya si G+ komentar diblog ini jadi banyak yang "unknown".

      Kalau gak disetting ulang juga nantinya otomatis dipaksa ma google.

      Delete
  5. Baru juga mau aktif ngeblog setelah lama vakum..eh google plus udah mau dihapus pula..jadi bingung ngutak atik blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo terkait G+ gak diotak-atik pun jika udah waktunya nanti bisa otomatis dipaksa google.

      Kalo berkaitan dengan template misal pakai buatan luar (bukan bawaan google) ya perlu dicek, kalo ada yang gak beres mau gak mau harus diutak-atik. Seperti template yang aku pakai ini sebenarnya bagian komennya sempat kacau karena efek pembaruan dari google.

      Delete
  6. iya bener mbak wida, sosmed gplus bakalan gugur di bulan april...
    kudu segera ubah profile komentar kembali ke profil blogger.

    tapi sayangnya, komentar jalan dulu bakalan ilang tanpa bekas karena dihapus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu yang bikin galau, komentarnya bakalan gak muncul. Tapi ya sudahlah, yang penting postingannya gak ilang....

      Delete
  7. waah iya berarti profil blog harus segera ganti nih, terima kasih infonyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya profil blog jadinya kembali seperti jaman dulu sebelum ada G+

      Delete
  8. Baru mau ganti profil blog ke blogspot lagi. Begitu kemarin dapat email dari om g. Tq mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending segera diganti dari pada nunggu dipaksa dari sononya.

      Delete
  9. Sedih mesti ngaruh ke DA. Berasa mau ditinggal pas lagi sayang sayangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah tuh harus tabah hehe.., tapi aku ngeblognya gak mikirin DA atau PA sih, galaunya ya itu tadi kalo komentar hilang atau ngefek ke template.

      Delete
  10. Semoga blogspot ga dihapus. Masa ya aku yg ngeblognya mood2an gini harus sewa hosting, heu...
    Bersamaan dengan matinya Google +, goo.gl (pemendek url semacam bitly) juga dimatikan. Padahal ku suka pakai itu daripada pakai bitly.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enaknya blogger kan bisa nebeng hosting ya, dulu aku ngeblog diblogdetik akhirnya dia tutup, itu aja bikin sedih apalagi kalo blogspot yang tutup.

      Short link yang dimatikan itu juga masalah terutama kalo sebelumnya biasa nyepam pakai short linknya google yang goo.gl. Untuk short link produk google aku sekarang pakai google firebase.

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!