8/27/2013

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Pernahkah anda tidur kemudian bangun merasakan gatal, bentol-bentol gede udah gitu berasa cenat-cenut gimana gitu dibentolan itu. Bisa jadi itu karena digigit oleh kissing bugs atau Triatoma yakni serangga penghisap darah yang biasanya menyerang manusia disaat terlelap tidur. Aku sendiri gak cuma sekali dua kali jadi mangsa serangga penghisap darah ini, sudah berkali-kali aku mengalaminya ditempat-tempat yang berbeda.

Pertama kali, dulu waktu masih kos di Semarang, dimana dulu aku gak tau, aku kira alergi, terus dikasih obat alergi kakak kos hingga berangsur-angsur rasa gatal yang disertai bentol-bentol besar dan keras itu menghilang. Suatu ketika aku lihat seekor serangga, aku cuma menduga apa karena digigit dia? terus aku pukul serangga itu dan banyak darahnya. Tapi sejauh itu masih sebatas dugaan sih, aku belum ada bukti apakah serangga itu yang menyebabkan aku gatal-gatal tak terkira.

Setelah sekilan lama, ketika dirumah (*Klaten), saat tidur terbangun mataku yang sebelah susah dimelekin dan ternyata bentol gede rasanya sama persis waktu di Semarang itu. Dan ternyata siang harinya aku melihat serangga yang serupa saat di Semarang itu didekat tv, entah mengapa rasanya seperti dendam, jadi ya udah langsung plakkkkkk, matilah dia.

Tanggal 26 Agustus 2013 *di Jogja, aku tidur dengan seperangkat online masih menyala, kemudian bangun niatan mau matiin gitu. Tapi kok, lengan serasa gatal, otomatis garuk-garuk, aku pikir efek gigitan nyamuk karena lagi musim nyamuk gitu. Rasanya kok lama-lama senut-senut gimana gitu, begitu lihat bentolan merah, wah ini. Gak lama kemudian aku lihat serangga yang sama. Gak salah lagi nih, aku pura-pura diam, dalam hati "Ya Tuhan ijinkan aku membunuhnya", ambil pentungan, plakkk...., matilah dia.

Endingnya gak jadi matiin seperangkat alat online tapi malah googling, karena aku gak tau hewan apa itu, aku ketik saja di google pic "hewan penghisap darah manusia" gitu, muncullah banyak gambar dimana salah satunya adalah hewan yang suka menghantui aku itu, setelah aku baca-baca ya itu ternyata namanya kissing bugs atau triatoma. Jika di Amerika sono ternyata hewan itu termasuk serangga berbahaya karena bisa membuat korbannya meninggal dunia atau bisa berefek setelah 20th nantinya. Pokoknya informasi yang ada ngeri gitu, karena diulasnya berdasarkan kejadian diluar negeri sono.

Yang bikin heran dari serangga penghisap darah ini, apakah dia mempunyai kreteria tertentu untuk dijadikan mangsa, karena dulu kosan di Semarang sering kok dijadikan pangkalan nongkrong teman-teman dimana mereka kadang ada yang nginep tapi mereka gak digigit, kok aku yang digigit? Terus dirumah (*Klaten) penguhuninya kan gak cuma aku, tapi kok hanya aku yang punya pengalaman digigit, yang lain tidak. Lalu di Jogja pun aku juga harus mengalaminya lagi? Seolah dimanapun aku berada mereka selalu menguntid dan menjadikan aku sebagai mangsanya.

Atau mungkin efek gatal dan bentol cenat-cenut itu hanya bereaksi pada orang-orang tertentu aja, kayak alergi itu kan biasanya sama-sama makan udang pun bisa jadi yang satu gatal yang satu tidak, karena yang satu alergi udang gitu. Entahlah tapi karena bukan sekali atau dua kali, setidaknya aku sudah ada cara biar gatal dan bentol itu tidak merata yaitu dengan tidak menggaruk rasa gatal itu, sebisa mungkin ditahan aja, ya emang rasanya gimana gitu tapi hasilnya dari gigitan yang terakhir aku rasakan itu bentolan tidak menyebar, hanya bekas samar-samar 2 bentolan yang agak merah karena gak nyadar terlajur digaruk-garuk. Pengalaman-pengalaman sebelumnya karena tidak tahu begitu gatal digaruk sehingga bentolan itu justru merambat kemana-mana. Sekali lagi tip-nya "bila digigit jangan digaruk".

Terus yang bikin penasaran itu adalah Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya? kalau diblog-blog sih banyak juga yang memposting pengalaman mereka digigit serangga kissing bugs ini dengan efek gatal dan bentol mungkin sama seperti yang aku rasakan. Aku tidak menemukan informasi apakah serangga ini tuh berbahaya atau tidak kalau di Indonesia gitu. Buat yang punya informasi bagi dong, karena informasi yang ada diinternet itu pembahasaanya versi yang berbahaya karena berdasarkan kasus diluar negeri bukan di Indonesia. Atau yang pinter-pinter, bikin penelitian tentang serangga kissing bugs di Indonesia ini dong.

NB: Gak nyangka ternyata banyak teman-teman yang punya pengalaman digigit. Postingan diatas aku buat 27 Agustus 2013. Dan sejak posting tulisan diatas aku lama tak berjumpa dengan si Kissing Bug, jumpa lagi itu sekitar bulan April 2016. Dan sempat aku foto seperti dibawah ini.



NB: Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah ada efek jangka panjang yang aku rasakan? Aku ketak-ketik di postingan "15th Setelah Digigit Kissing Bug"



Salam ketak-ketik,
dr pojokan


Related Posts

133 komentar:

  1. serangga ini kalo didaerahku namanya "tinggi" sob...
    biasanya suka menempati tempat tidur sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya bukan tinggi. Kalau ada pic nya tinggi coba diupload

      Delete
    2. bukan ketinggi (orang Jawa bilang ) ketinggi lebih kecil, triatoma lebih besar, seperti sebesar jangkrik dewasa, saya sudah beberapa kali digigit, sepengalaman saya, begitu ada tanda kalo digigit, pertolongan pertama segera minum susu murni sebanyak mungkin, bisa bear brand atau ultra jaya, baiknya jangan susu bendera karena bukan susu murni, kalo mau yg merk susu bendeera, pilih yg gold.

      Delete
  2. Saudara gw setelah di gigit serangga tsb jadi kejang2 dan sesak napas, setelah di suntik dr baru sembuh

    ReplyDelete
  3. ini beda sama tinggi, ini lebih besar.

    ReplyDelete
  4. itu memang berbahaya sob,..
    aku pernah liat salah satu acara di National Goegrapic Channel(NatGeoWild)dan dibahas itu hewan triatoma, sebenarnya yang berbahaya adalah kotorannya, pada saat dia menghisap darah korban pada saat yang bersamaan pula dia mengeluarkan kotoran/feses.
    Kotoran ini lah yang sebenarnya berbahaya karena mengandung bakteri,dan kebanyakan orang tidak tahu, setelah digigit terasa gatal lalu mereka menggarukknya bersamaan dengan kotoran yang menempel pada kulit sehingga menyebar,.. nah bakteri yang terdapat pada kotoran itupun masuk melalui lubang/celah bekas gigitan serangga tersebut dan masuk ke dalam aliran darah yang dapat menyebabkan keracunan darah,...
    nah asalkan sobat tidak menggarukknya atau kebetulan si triatoma gk BAB nih,.. ya kemungkinan tidak berbahaya,..sebaiknya setelah digigit cuci segera bekas gigitan tsbt dengan sabun,...
    Maaf kalo panjang lebar, semoga bermanfaat,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kalian digigit di bagian jari, tamatlah kalian. Nikmati rasanya dengan mendesah 😂😂😂😂

      Delete
  5. selamat ulang tahun mbak widha,,maaf tellat satu hari Opini dan Faktaku

    ReplyDelete
  6. Kalau di tempatku (Kauman Yogyakarta) namanya "onjo-onjo"
    Dan aku sudag lebih dari sekali merasakan. Jadu bengkak gedhe. SOlusinya, minum obat penawar racun, seperti Dextamin, Cetirizine dll...
    Sering2 membersihkan tempat tidur, langit2 kamar, dan semprot dengan anti serangga. Insya Alloh aman. Wassalaam

    ReplyDelete
  7. wah ni kasus nya SAMA PERSIS kayak yang saya alami pertaanya kok cuma kita yang sering di gigit ak ada koleksi serangga nya udah ada tiga yang tak simpen buat kenang-kenangan,,kalo bisa jangan langsung di bunuh di siksa aja misal di tetesin lilin ato kalo g di bakar kakinya biar kejet-kejet dulu menurutku itu impas sama apa yang kita rasakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini baru tepat, harus di siksa dengan keji, sekeji apa yang mereka lakukan!!!

      Delete
  8. aku barusan di gigit gatalnya minta ampun tolong !! :(

    ReplyDelete
  9. halo mbak widha..aku udah tiga kali di gigit nih serangga...bentolnya pedes banget...trus napas sampe sesak..and janyung deg-degan....biasanya serangga ini suka tempat yg lembab dan banyak debunya....tapi kalo yg di rumah warnanya lebih gelap mbak...cukup aku aja dah yg di sengat .jangan sampe orang lain di rumah.....amit amit dah kalo sampe digigit lagi

    ReplyDelete
  10. Saya 4x di"cium" serangga ini.. Pas nulis ini tepat ciuman ke 5. Kaki bengkak gak bisa buat berjalan..asli muangkel poll sama serangga ini..ketemu tak untal pakai pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bre kaki saya juga bengkak tapi bisa jalan sih

      Delete
    2. Aq juga sedang ngalamin nih, seminggu yg lalu ada bentol keras gateul ngegelitik gt, 3hari kmudian langsung bengkak gede merah merona... Pernah nemuin wkt itu di kamar c serangga ini. Mungkin tmn & keluarga nya marah karna aq plak plakkk.. Balas dendam nyi blorong hueeekkkkkk bengkakk nyoooo hikzzzzz

      Delete
    3. Q sekarang baru aja di gigit,,tak fikir nyamuk,,tak garuk dan sekarang nyebar ke seliruh tubuh,,,dan semua tubuh pada bengkak semua,,solisinya sekarang di beri obat apa ya??

      Delete
    4. jangan lagi digaruk, entar lama-lama membaik dengan sendirinya

      Delete
  11. Saya baru saja mukul pake sapu sob.. darahnya banyak bgt...takra apa setelah brosing ternyata hewan ini yang menjamahku...

    ReplyDelete
  12. Saya baru saja mukul pake sapu sob.. darahnya banyak bgt...takra apa setelah brosing ternyata hewan ini yang menjamahku...

    ReplyDelete
  13. Aku pernah liat binatang ky gt tp aku diemin.
    Terus skrg badan pada gatel merah. Nyebar kemana2. Apa itu ulah si serangga ?

    ReplyDelete
  14. aku juga digigit mbak kemarin malam sekitar jam 3 pagi...wajah q bengkak dan badan q bentol2 lalu pengobatanya cuma dengan obat minyak tawon yg langsung q oleskan ke wajah q yg bengkak di sekitar pipi q sampai hidung q tersa cenut2 baru paginya bisa dapat minum ctm,sebab q muntah2 juga nah sehabis munta2 gatel2nya berkurang n bentol2nya hilang...lalu apakah q perlu ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut...karena sampai sekarang udah baikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih harus itu mbak, bener efeknya hilang tapi nanti tahunan balik lagi

      Delete
  15. ikazulaikah50@yahoo.comFebruary 28, 2015 at 9:43 AM

    serangga ini yg ternyata mengigit q kamis malam kemarin sekitar jam 3 pagi...pengobatannya cuma aku olesi minyak tawon di wajah q yg bengkak kayak tenyom,badan q juga gatel2 dan bentol2

    ReplyDelete
  16. Aku udah keitung berapa kali digigit makhluk ini. Kemeren pagi udah di"cium" lagi sama ini makhluk. Tips buat temen2 yg kena ciuman mautnya, langsng aja minum susu atau air asem biar racunnya ngga menjalar ke semua badan. Kalo bekasnya sih memang tetep bengkak sampe beberapa hari, pokoknya tahan jangan sampe digaruk biar ngga tambah parah.

    ReplyDelete
  17. Itu mbk yang jd pertanyaan. Apakah serangga ini mmbutuhkan kriteria mangsanya. Kenapa hanya saya yg diserang. Dan berkali kali.

    ReplyDelete
  18. Waspada di musim hujan biasanya banyak bgt serangga ini... aku juga korbannya... nih kakiku lagi bengkak gara² di cium sama si kissing bug ini...

    ReplyDelete
  19. Barusan aja kena serangga ini, kayanya ini serangga milih2 mangsanya deh dalam satu keluarga cuma gua doang yg kena

    ReplyDelete
  20. Kayanya emang nih serangga milih2 mangsanya deh, dalam keluarga cuma gua yg kena

    ReplyDelete
  21. obat gatalnya apa ya ? 2 minggu ini digigit 3x geledah kamar kemaren"gak keliatan,baru pagi ini ketemu nih serangga...,balas dendam gua setrummm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum air asam sesering mungkin setiap hari sampai sembuh... Coba balur bekas gigitan dengan asam jawa..

      Delete
  22. mba saya juga akhir2 ini digigit serangga jenis itu 2 kali gatal bgt..saya olesi minyak tawon lumayan sembuh gatalnya yg saya tanyakan apakah setiap gigitan serangga ini selalu dapat menginfeksi mangsa nya :'(

    ReplyDelete
  23. Sama sob saya juga digigit ni serangga, tiga hari bengkak gatel gatel sampai2 mau tisur aja susah..
    Dan hari ini hewan ini resmi mati ditangan saya..agak geli waktu ngeliatnya..
    Nice info sob..
    Kunjungan baliknya ya.. Masih sama tentang serangga ini juga..
    ynwadany.blogspot.co.id/2016/03/gatal-mungkin-gara-gara-serangga-ini.html?m=1

    ReplyDelete
  24. Istri saya, hari jumat 11 Maret 2016, digigit ini serangga, gak sengaja digaruk dan bentolnya menyebar, gak lama sesak nafas, mual, pandangan gelap, mau pingsan, dan diminumin susu bear brand dan air kelapa hijau, agak netral, tapi badan malah menggigil, akhirmya dibawa ke UGD, dikasih obat antibalergi

    ReplyDelete
  25. Najis banget hewan wabah ini, terkutuklah kau assasin bug..!

    ReplyDelete
  26. q juga baru aj di cium tuh seranggah..
    tangan ku bengkak... meyebar kmn2... rasany gatal panas ... rasanya lemas dan kebas tangan ku

    ReplyDelete
  27. jd apa obatnya...?? please..

    ReplyDelete
  28. Aku juga baru saja kena gigitannya. Kularikanlah ke puskesmas. Akhirnya tetep aja gatal dan demam. Terus aku mandi aja pakai air anget. Syukurlah udah mulai berkurang gatalnya..

    ReplyDelete
  29. Aku juga tadi malam dini hari jam 03.00 kena gigit hewan tersebut. sehingga merasa gatal dan panas diseluruh tubuh. terutama bagian tangan&telapak kaki. Namun alhamdulillah setelah seluruh tubuh diolesi Minyak Zaitun rasa gatal dan panas hilang.... Semoga info ini bermanfaat bagi teman2 yg kena.

    ReplyDelete
  30. Aku juga tadi malam dini hari jam 03.00 kena gigit hewan tersebut. sehingga merasa gatal dan panas diseluruh tubuh. terutama bagian tangan&telapak kaki.

    Namun alhamdulillah setelah seluruh tubuh diolesi Minyak Zaitun rasa gatal dan panas hilang.... Semoga info ini bermanfaat bagi teman2 yg kena.

    ReplyDelete
  31. Dulu sering nih gw kena.
    Sekitar 7thnan lbh yg lalu.

    Tapi gtw pnybabnya apa, ke dokter malah dokternya bilang biduran truz cuma dikasih bedak gatal n vitamin kulit truz jangan makan seafood dulu(WTF, dokter krg pengalaman nih).
    Padahal ud gw bilang kyknya bkan Biduran krna ga pernah pnya riwayat alergi baik dr diri sndiri atw keluarga. Dan biduran itu ga seperti itu wlw tampak mirip (Jadi gw yg sotoy dah dbanding dokternya).

    Dan bener aja ga mempan dr dokter.

    Awalnya bentol seperti digigit nyamuk, namun panas di area bentol tsb.
    Di gw seh gak sampai ada keluhan pusing, mual dsb. Cuma bentol panas aja & gatal lebih dr gatalnya digigit nyamuk.
    Lalu digaruk akan semakin melebar dan seperti lebam merah .
    Beberapa hr kemudian dlantai liat ada satu binatang itu, seperti kutu besar, dan tny k ortu pun ga ngerti itu apa. Cuma d anggap serangga biasa saja.
    Namun setelah sembuh lalu beberapa bln berlalu muncul lagi, tdk prnah k dokter, n selalu menemukan binatang itu.

    Hmm feeling sh mgkn karena binatang ini tp masih ga tau juga binatang apa itu.

    Nah , gak enaknya di kulit setelah bentol reda itu yg ga enak, lukanya berbekas seperti lebam yg gak ilang2, lama.
    Kulit jd belang bentong ky sapiputih totol corak coklat. Sebel.

    Tapi sekarang sudah gak, krna sudah lama juga.

    ReplyDelete
  32. Awalnya ketemu serangga ini kemarin mlm..karena blm tau kissing bug berbahaya dan merasa kasian kl dibunuh, hasilnya cmn saya buang keluar rumah..ternyata bangun pagi punggung gatal gatal dan bentol merah dan an bagian lengan ada benjol keras dan memerah..saya kira krn nyamuk..ternyata ketika bangun eh tu kissing bug msh nempel di badan. Ternyata serangga yg saya buang semalem..sudah aja tak modar in..skrg punggung msh bnyk bentol, yg plg parah d lengan yg makin bengkak panas.

    ReplyDelete
  33. aku baru kena gigit nih gan, baca" di artikel di googel ngeri gitu
    takutnya kena virus cagas :(

    ReplyDelete
  34. kampret banget ini hewan,tadi lagi bersihin sampah di tempat tidur langsung gigit jari'ku,kayak kecoak ya kalau mau di bunuh,badannya balikin aja,lama2 mati.tadi langsung tak siramin minyak kayu putih,punya 2 balita soalnya

    ReplyDelete
  35. Ane pernah 3 kali kegigit. Aealnya ane pikir gigitan nyamuk..ane garuk2 tambah asik. Eh bentolnya malah tambah gede. Ane adar ini gigitan hewan jelek itu. Eh tapi semua udah terlambat.. semua badan ane gatel dan bentol2. Iya ane alergi sama gigitan monster ini

    ReplyDelete
  36. Haloo mbak.... mungkin pengalaman yg terjadi di luar negeri itu teejadi sm saya langsung... saya sudah berkali2 di gigit dan 3x opname krn di gigit serangga penghisap darah itu... yg pertama justru paling parah krn menyerang aliran darah saya bahkan saluran pernapasan dan pencernaan... rasanya kepalanya mau pecah krn alergi gigitan serangga jenis itu... dalam waktu kurang dr 15 menit racunnya menyebar dan saya smp muntah ga berhenti diare dan sesak napas... akhirnya saya lgsg di bawa ke UGD... smp di UGD pada syok krn kondisiku sudah lebam semua dan tekanan darah saya sangat rendah 60/30 klo ga salah... dan kuku saya sudah mulai pucat membiru... itu beneran terjadi sama saya... baru setelah kejadian2 berikutnya saya kena lagi saya bru nemuin serangganya walaupun saya nggak tau itu serangga jenis apa... saya cari tau aja alergi macam apa saya ini... dan ternyata benar klo alergi krn gigitan serangga penghisap.darah itu mengakibatkan anafilaksis... klo ga salah namanya itu... dan Dokter yg menangani saya jg bilang klo telat penangannan bs merenggut nyawa saya... walaupun banyak orang yg heran tp itu nyata saya alergi gigitan serangga penghisap darah... dan benar saja kalu serangga itu menyerang saat mlm hari... semoga bisa membantu klo ada lg yg tersengat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh ngeri juga ya...
      aku sampai sekarang juga masih was-was kalo ada hewan itu
      Semoga selalu sehat mb

      Delete
    2. Busyet! Bbrp kali gw digigit makhluk Alien ini. Sumpah keganggu banget.
      Dan pas nulis ini saya baru saja mandi malam2 jam 2: 30 krn habis digigit hewan brengsek ini dan cari di google ternyata bahaya banget. Makanya langsung mandi. Kwmarin2 sih udh curiga serangga ini yg nyebabin gatal2, tp blm inisiatif nyari info. Pas ketemu gw semprot baygon ttp hidup. Jd gw geprek aja pakai kaleng nya baygon 😂😂😂😂
      Jd sekarang kl ketemu hewN ini gak ada ampun deh. Dendam gw..

      Delete
    3. iya mending langsung dipukul aja, tapi jangan keras-keras mukulnya soalnya entar bisa-bisa darah dalam perutnya keluar

      Delete
  37. aku baru aja di gigit gan...sakit kya d gigit lebah trus sranggay tak matin lalu aku brosing ternyata srangga yg sma dgn kalian.tp kabary bikin ngeri yg bener yg mna si gan...masih jauh dngan nyawa kan...aku blum kawin jngan dulu lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tergantung reaksi tubuh masing2, kebanyakan sih efek parahnya yg terasa itu gatal2, tapi ya berdasarkan pengalaman itu ada yg sampah parah gitu.

      Delete
  38. Saya sdh ke 4x-nya di"cium" serangga ini. Kejadiannya di tahun 2016-2017. Awalnya binatang ini tdk sy pukul krn jalannya pelan dan sy kira di gigit semut api. Tapi pas kejadian yg ke-2 dan jg liat serangga ini. Tanpa babibu lsg keplak smp mati. Yg ketiga kalinya gigit saya dan anak saya. Dicari gak ketemu. Sekalinya ketemu mati kering dibawah kasur. Yg terakhir waktu tidur sendirian dan digigit smp ada bentol 4 ditangan dan di punggung, tapi pelakunya blm ketemu. Kalo ketemu mau diawetin itu serangga. Jujur ngeri bgt sama info soal penyakit chagas. Semoga tdk terjadi di Indonesia dan thd sy jg teman2 yg pernah digigit serangga triatoma/kissing bug ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewan ini gampang mati tapi kalo gigit gatalnya nyebelin. Dari yang share pengalaman disini sepertinya komentar pengalaman dari mb retno savitri itu paling parah.

      Delete
  39. Bner ini serangga yg ketemu tdi sore yg udah gigit 4 hri lalu..bner" parah gatal nya..
    Jdi klo baca" yg di atas kyak nya klo cepat tau nya mungkin bisa pake susu murni..tpi klo udah lanjut kyak nya hrus bantu obat gatal" mau oles atau minum(pengalaman cuma sampe sni..jngan sampe lanjut dehh)..trus klo lanjut sampe muntah" iya harus di bawa k pelayanan kesehatan terdekat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal gatal sih kalo kuat nahan bisa hilang sendiri tapi berhari-hari sih

      Delete
  40. hal yang sama dialami mama ku sudah 2x merasa gatal2 dan bekasnya seperti luka memar..
    selalu berobat ke dokter tapi dokter pun bingung karena tak ada alergi apapun ..
    hari ini bapakku melihat serangga aneh yg ada di dekat mamaku di kasur..
    pas dimatiin ternyata keluar banyak darah..
    kasur pun diangkat dan dijemur..
    ternyata itu serangga sptnya udh bersarang dikasur,keliatan 2 serangga dgn bentuk agak besar dan beberapa serangga dgn bentuk kecil2 (spt anak2 serangga)
    saking penasaran dan agak kesel jg sih,kakakku browsing dan liat serangga serupa yg diliatnya..
    aku pun akhirnya kepo dan ikutan browsing,serem bgt liat artikel2 ttg serangga itu 😢
    semoga itu hewan cpt musnah yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang gatalnya bisa bentol mengeras lala-lama memerah bahkan seperti luka memar. Kadang hewan ini sembunyinya enggak dikasur doang sih karena dia bisa terbang pindah2 tempat. Ya semoga gak diganggu sama hewan itu lagi.

      Delete
    2. Udah 4x saya di gigit makhuk ini masya Allah terakhir 1minggu yg lalu langsung deh q priksa jdi g smpe melebar bengkaknya..

      Delete
  41. Dua hari yg lalu sy melihat seekor serangga yg lg telentang d lantai, kaki dan tangannya gerak2, sepertinya dia mau tengkurap tp ga bisa. Tanpa pikir panjang sy bantu dia bangun dan sy berniat utk membuangnya tp malah jari telunjuk sy yg digigit, sakitnya seperti ditusuk jarum, dgn spontan sy buang ( niat sy menolong eh...malah air susu dbalas air tuba oleh mahluk monster kecil itu). Reaksi dari gigitan itu tdk berselang lama langsung membuat jari brngkak, ruam d tangan dan linu d persendian. Sy kompres dgn larutan garam dgn air panas, kemudian sy minum susu murni malam dan saat makan sahur. Alhamdulillah berangsur hilang bengkak dan sakitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewan ini termasuk gampang mati, kalo misal dia gak bisa balik tengkurap gitu juga lama2 mati sendiri.

      Delete
  42. Waahh khampret ane bari di gigit gmn nih ngerii eii .. sering liat binatang ini tp batu x ini di gigit .. gateel rasanya .. mana dh di garuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus waspada, ini memang kampret *eh.. kissing bug dhing :D

      Delete
    2. Kejadian ini saya alamin sendiri,pada tgl 1-2-2020 jam setengah 3 pagi di paha kiri tersa gatel banget terus saya garuk2,eh malah menjalar keseluruh tubuh bentol dan bengkak dr muka ke ujung kaki merah semua,pandangn menjadi kabur dan saya pingsan dan kejang2,setelah sadar saya di kasih air hangat sama suami,terus di bawa ke rumah sakit,langsung ke IGD di tanganin ma dokter dan suster,di kasih infus dan obat dan di suntik di paha dan di lengan,alhamdulillah bintik merah dan bengkak hilang trus di bolehin pulang.ini pengalaman yg sangat menyedihkan.semoga keluarga ku jangan sampai ngalamin kayak ak.

      Delete
    3. Kejadian ini saya alamin sendiri,pada tgl 1-2-2020 jam setengah 3 pagi di paha kiri tersa gatel banget terus saya garuk2,eh malah menjalar keseluruh tubuh bentol dan bengkak dr muka ke ujung kaki merah semua,pandangn menjadi kabur dan saya pingsan dan kejang2,setelah sadar saya di kasih air hangat sama suami,terus di bawa ke rumah sakit,langsung ke IGD di tanganin ma dokter dan suster,di kasih infus dan obat dan di suntik di paha dan di lengan,alhamdulillah bintik merah dan bengkak hilang trus di bolehin pulang.ini pengalaman yg sangat menyedihkan.semoga keluarga ku jangan sampai ngalamin kayak ak.

      Delete
    4. Kejadian ini saya alamin sendiri,pada tgl 1-2-2020 jam setengah 3 pagi di paha kiri tersa gatel banget terus saya garuk2,eh malah menjalar keseluruh tubuh bentol dan bengkak dr muka ke ujung kaki merah semua,pandangn menjadi kabur dan saya pingsan dan kejang2,setelah sadar saya di kasih air hangat sama suami,terus di bawa ke rumah sakit,langsung ke IGD di tanganin ma dokter dan suster,di kasih infus dan obat dan di suntik di paha dan di lengan,alhamdulillah bintik merah dan bengkak hilang trus di bolehin pulang.ini pengalaman yg sangat menyedihkan.semoga keluarga ku jangan sampai ngalamin kayak ak.

      Delete
  43. Sedikit tips untuk menghilangkan rasa gatal / bengkak pada gigitan triatoma : oleskan kapur sirih pada bekas gigitan / rasa gatal akibat gigitan hewan tsb,dijamin hilang rasa gatal / bengkak nya!semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas tip-snya semoga bermanfaat bagi para korban hewan yang satu ini :)

      Delete
  44. Oalahh,,kissing bug toh,,,saya sekarang merasakannya,, beberapa bagian tunuh saya gatal dan membekak,,tubuh saya serada panas dinginn..ya ampun gatalnya sumpahhh,,,gak kuat. Mau tak bunuh gak keliatan lagi hewan iniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus waspada.... semoga lekas ketemu hewanya, tapi hewan ini gampang mati sih dengan sendirinya.

      Delete
  45. Nice info mba , aku juga pernah digigit kissing bugs . Gigitnya dijari kelingking pula, bengkak+mati rasa kelingkingku digigitnya :(
    Tapi kenapa yg digigit cuman aku doang ya? Dirmh banyak orang jg padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia berarti sama kayak aku, yang digigit seolah cuma aku doang. Itu hewan pilih kasih atau gimana aku juga gak tau.

      Delete
  46. Habis digigit nih tadi pagi..bengkak tapi gak ngrasain gatel apa karena aku punya alergi dingin dn hampir setiap hari ngrasain jadi gak berasa gatel..tapi pegel broo aku kurus ni bengkak gede bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendinglah gak grasain gatel, pokoknya jangan digaruk gitu aja. Yang memang rasanya kayak ketat gimana gitu terutama dibagian yang bentol.

      Delete
  47. wah banyak jg yg kena ya sama nie pas tidur ama binih lagi ....adoooo sama2 bentol deh.....saking gatalnya marah bnget ama tu hewan kirain semut tom cat ternyata bener ada kissing bug di jendela ....lgsung aja plak9x ....wuih bnyak jg darahnya.....aduuuuh sampai 5 hari bentolnya ......setelah kempes eeww td malam kena lagi ....sialan tuh serangga setan ......baru sadar lw hujan2 bgini bnyak hewan itu.....padahal kamar sudah bersih....lewat mna kira2 ya apa bisa terbang yak???
    sambil marah aq cari2 tu hewan
    eeee trnyata sembunyi habis manis trus ngumpet ...sialan bner lgsung aja aku preeek pake kayu wuijj bnyak jg darahnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia bisa terbang, biasanya justru sembunyi agak jauh dari tempat tidur, atau nyelip dimana gitu, kalau orang pada lelap tidur dia mulai terbang mendekat dan beraksi alias gigit2...

      Delete
  48. Nih gua barusan di gigit Sma dia yang kena bwah mata,tangan,kaki,punggung pada bengkak semua

    ReplyDelete
  49. Aku juga digigit kemarin dibawah mata tiga sekaligus, tangan, jari sama kaki :(
    Yang parah dibawah mata pas, gatel banget, aku garuk eh tambah besar, gimana cara ngilangin bentolnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau sabar sih dibiarkan aja, entar hilang sendiri asal gak kebanyakan digaruk-garuk

      Delete
  50. ane tiap hari di gigit kising bug setan -_- cuman ane doang yg di gigit sampe mual kepala ane mau muntah gak jelas..
    mau lapor ke polisi biar kena banned nih hewan kamvfret :-v
    dasar hewan Khon*tol :-v

    ReplyDelete
  51. Halo kak... aku pernah di gigit dan hampir kehilangan nyawa klo telat bawa ke UGD... krn aku alergi dan efeknya bisa menyempitkan pembuluh darah dan penyempitan pernafasan dan tekanan darahku lgsg drop dan kuku ku udah biru2... itu pengalaman paling parahku... opname 3x krn di gigit serangga satu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh Endah Savitri ngeri banget, semoga selalu terhindar dari hewan yang satu itu.

      Delete
  52. ane digigit lagi jdi langganan hewan ini

    ReplyDelete
  53. jadi gini Min pada tanggal July 13, 2018 at 4:01 komentar ane yang di atas kan di gigit jam 4 pagi, eh skrng di gigit lagi pada jam yang sama :-( sampe sesak nafas ane min..
    apa mungkin ini hewan punya jam kerja apa gimana ya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jam kayaknya suka-suka dia tapi dia biasanya dinas malam disaat orang-orang masih terlelap tidur nah disaat itulah mereka ambil kesempatan untuk beraksi. Tapi sepertinya kissing bug ditempatmu disiplin banget ya hadir tiap jam 4 pagi.

      Delete
  54. Kemarin jam 2 malem saya digigit sama ni hewan, kirain gatal biasa lama2 kok kayak bengkak dan seluruh kaki, tangan sama wajah gatal semua tp sehari setelah digigit kok tangan sama wajah saya masih bentol2 kecil dan kebas ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bentolnya biasanya beberapa hari baru ilang secara berlahan

      Delete
  55. Udh 3 kali kena gigitan serangga ini. Rasa nya lumayan mantap.
    Waktu itu bekas gigitannya saya garuk. Dan gk lama kemudian menyebar keseluruh tubuh.. nafas pun mulai sesak kepala pusing.
    Akhir nya saya pasrah saja dan berdoa kepada allah swt dan diberikan yg terbaik.

    Tdi sya menemukan hewan ini lg. Langsung saya amankan dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ketemu makluk itu pokoknnya hajar sampek gemes deh :)

      Delete
  56. ini aslinya bahaya gak ya?? aku udah 3x ini. pas digigit apmuunnn panas bgt telapak tangan dan kai saya. trs muncul bentok di sekujur tubuh. semuanyaaa... bentol selama hampir 2jam baru kempes. untuk kedepannya berbahaya gak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tergantung daya tahan tubuh masing2 deh, ya mudah-mudahan gak ada efek samping jangka panjangnya.

      Delete
  57. Afdani... Masyaallah sy barusan Di gigit itu, jam 3 dinihari. Sama bnget kejadiannya mbak, kok saya doang di keluarga yg jd korbannya dari dulu... Pernah sy dulu di bikin pingsan dua kali, darah sampai 80...seumur umur baru itu merasakan pingsan,sempat dua kali ke dokter sy karna korban gigitan nih binatang, kasus yg sampai pingsan itu gatal disekujur tubuh, sampai lebam ke muka, berasa kaku gtu lah muka, gatel nya gak ketulungan.. Karna udah sering digigit, jdi sy hapal bener rasa gigitannya, pasti langsung ngubek2 dan slalu ketemu, masukin dlm plastik, siksa sampai mati..alhamdulillah berkat baca2 postingan ini sy jd tau, klo gak boleh Di garuk.. Biasanya sy garuk sampai bentol 2 nya tmbh bnyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga beruntung dengan menulis postingan ini jadi banyak yang share pengalaman, ternyata ada yang pengalamannya serupa tentang hewan ini :)

      Delete
  58. Bahaya ga si abis di digigit hewan ini ):

    ReplyDelete
  59. Udah dua kali kemasukan serangga ini, yg pertama gak sengaja lagi semprot obat nyamuk buat matiin kecoa tiba2 ada bangke nya dia udah mati. Yg kedua kemarin malem karna serangganya asing bgt saya semprot pke baygon, terus google takutnya hewan nya bahaya. Beneran bahaya dan bisa hisap darah. Waduh ini mah bahaya dr tomcat. Kok tp belum ada penyuluhan atau info dr pemerintah ya kaya waktu jaman tomcat

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena hanya sebagian orang aja yang bermasalah dengan serangga ini jadinya kasus terkait serangga ini gak seviral tomcat.

      Delete
    2. Syh juga sama sampe 8 x di gigit ini aja abis digigit yg ke 8 x . Yg aneh nya ko kenapa syh terus yg di gigit

      Delete
  60. aku baru kena, dikirain digigit semut, tiba2 gatel, panas, dan merah2, trus nyebar lg, sampai ke kuping, panas bgt, agak mirip kyk kena uler serit yg dipohon kelapa, td sempet kebingungan mana udh tngh mlm, dan memang mlm ya gigitnya, untung kepikiran buka google dan baru tahu, memang ada binatangnya, tp gk kepikiran sama sekali kalo digigit serangga itu karna sblmnya kyk pernah liat dan agak familiar, pantesan kdg suka tiba2 bentol gede, tapi kalo kulitnya jd memerah, gatel dibarengi panas baru pertama ini. mau ksh saran, barusan aku lgsg cb kepikiran pakai sabun jf sulfur yg buat kulit, kebetulan ada di rmh, karna waktu itu jaga2 takut kena penyakit kulit dr kucing, alhamdulillah berhasil hilangin gatal dan rasa panasnya, lgsg hilang, skrg baru muncul bentol gedenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo kegigit memang baiknya langsung cuci pakai sabun atau semacamnya dan sebisa mungkin gak kebanyakan digaruk.

      Delete
  61. Mbak widha 3 bulan yang lalu anakku kena gigit sama tuh serangga dan kemaren saya yang kena gigit.tiap habis di gigit ketemu binatang yang persis di foto mbak dan yang kemaren masih saya simpan di dalam toples 😁
    Takut dan parno banget nih mbak baca-baca di google katanya bisa sebabkan penyakit chagas.
    Sampek gak bisa tidur mikirin ini 😥
    Kemaren saya yang di gigit posisi lagi hamil mudah malah takut banget mbak.
    Bengkak akibat gigitan 3-4 hari baru hilang.
    Bantu jawab mbak apa benar kissing bug yang di indonesia sama yang kyk di amerika bisa sebabkan penyakit chagas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tidak tahu pastinya mb soal chagas, konon sih hewan ini bahayanya adalah saat dia gigit sambil ngeluarin kotoran.

      Selama digigit hanya menimbulkan gatal-gatal sih sepertinya gak masalah mb. Tapi berdasarkan share pengalaman komentar yang pernah digigit ada itu yang sampai harus masuk rumah sakit, padahal kejadiannya di Indonesia bukan luar negeri. Kalau aku dulu sudah pernah digigit berulang kali bahkan dikota yang berbeda seperti yang aku ceritakan dipostingan itu tapi saat itu efeknya tak lebih dari gatal-gatal. Iya memang bentol gatal bekas gigitan hilangnya bisa berhari-hari.

      Ya semoga saja kita semua yang pernah digigit baik-baik saja mb, semoga tidak ada efek jangka panjangnya juga.

      Delete
  62. Assalam'muallaikum mbak Widha.
    Kemaren saya digigit sama tuh serangga dan masih saya simpan di dalam toples, serangganya sama persis yang ada di foto mbak.
    3 bulan yang lalu anak saya yang kena gigit badannya padan bengkak 3-4 harian baru hilang bengkaknya.
    Yang saya takutkan dan bikin stres katanya tuh serangga menyebebkan pentakit chagas.😢 takut banget kan mbak
    Apa lagi saya kena gigit kemaren malah tanbah kepikiran karna lagi hamil mudah.
    Bantu jawab ya mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Sudah aku jawab diatas ya mb, intinya maaf aku sendiri gak tau pastinya bisa jadik efek chagas atau enggaknya.

      Delete
    2. Setau saya chagas tuh penyakit yang ada di kotoran serangga tsb, selama serangga tidak buang kotpran /ada luka terbuka kemungkinan terkena cagas kecil, tapi takutnya kita ga sadar kalo kita garuk bagian yang tergigit pada saat tidur, kalau tergigit lg, diusahakan langsung cuci aja bekas gigitannya, biar ga iritasi karna garukan, air dingin sedikitnya bisa meredakan gatal, untuk soal chagas lebih baik d tanyakan ke dokter saja

      Delete
  63. Rumah saya di daerah gunung, dan 40% bagian rumah saya dari bahan kayu/papan, kadang saya liat serangga ini di sela sela kayu rumah, tapi udah pada ga bernyawa.. Soalnya disini banyak juga laba laba harvestman/laba laba kayu rumah..nah barusan sekitar jam 11 malem saya lagi nonton sambil tiduran, saya kalau tidur ga pernah pake baju, karna kulit saya sensitf ga bisa terlalu gerah ataupun terlalu dingin, nah abis itu saya nemu tuh serangga jalan ke bantal, otomatis saya reflek, jangankan begituan, suara kecoa jalan ae tau saya, pokonya serangga serangga kuman yg saya benci pasti saya reflek, nah abis itu saya baru sadar jam jamnya dia nyari darah, jam 11malem, kebetulan saya insom jadi begadang mulu, jadi alhamdulillah saya belum pernah di gigit begituan, meskipun barusan hampir jadi korban, akhirnya dia yang jadi korban,saya sentil ke ujung trus saya mandiin dia pake wipol, THE END :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lama-lama reflek, kalau ada serangga gituan seolah bisa merasakan kehadirannya

      Delete
  64. Assalamualaikum, banyak yg comen jd nambah pengetahuan, aku di gigit hewan jelek itu 2 thn lalu, sejak itu kl nemu mahluk ini, lansung plakk g pk ba-bi-bu, kasih tau jg orang sekitar kl si jelek tu bahaya, yg herannya itu kok sering aku nemu dia, d mn sih habitatnya???
    Pdhal rumah sudah berusaha d betsihkan kynya dr luar, tp tmpat seperti apakah ya mohon info ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Habitat aslinya susah ditabak mb, aku sendiri heran kadang nemu didapur, kadang dikamar mandi tapi sudah dalam keadaan mati.

      Delete
  65. Baru aja kemarin tanggal 16 maret 2016 digigit.lama-lama memar,gatal dan melebar,karna baca koment2 diatas,pagi ini langsung ke dikter

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga baik2 saja, memar gatal biasanya hilang dalam waktu beberapa hari

      Delete
  66. Bangun sahur, ngerasa gatel ga jelas di ujung jari telunjuk dan manis. Ada sedikit sisa darah. Ane penasaran kaya nya ada sesuatu yg gigit, langsung acak2 kasur. akhirnyz ketemu juga. Langsung bikin mati tuh serangga. Langsung googling, ternyata ngeri juga efeknya. Sampai ane tulis komen ini, kerasa nginu disendi lengan yg digigit.

    ReplyDelete
  67. Apa harus langsung ke dokter jika terkena serangga tersebut?

    ReplyDelete
  68. Apakah harus langsung ke dokter jika terkena serangga tersebut?

    ReplyDelete
  69. Sekedar informasi kalau menemukan serangga ini usahakan jangan disentuh apalagi dipukul,karena didalam tubuh serangga ini (kotorannya) ada parasitnya yg berbahaya
    Sebenarnya yg pling berbahaya bukan efek gatel gatel nya tapi efek jangka panjangnya setelah tergigit ataupun terinfeksi serangga ini, saat menggigit biasanya serangga ini mengeluarkan kotoran yang mengandung parasit dan saat kita garuk bisa masuk melalui bekas gigitan serangga tersebut, parasitnya bisa menyebar melalui pembuluh darah dan dalam jangka waktu yg panjang bisa menyebabkan kerusakan hati/jantung, seperti gagal jantung, kematian mendadak dll, penyakit ini juga gk hanya ditimbulkan dari gigitan serangga ini bisa juga dari hubungan seks dengan orang yang terinfeksi chagas disease, hewan yg terinfeksi, tinja yg terinfeksi parasit
    ya kurang lebih kayak aids yg komplikasinya jangka panjang
    Jadi kalau minum susu dll gak ngaruh karena ini parasit bukan racun dan sebagainya
    Sayangnya chagas disease kurang umum di Indonesia padahal di Negara negara amerika serangga ini sangat ditakuti
    sebaiknya kalau tergigit atau mengira pernah digigit serangga ini ke dokter aja
    Terima kasih, maaf panjang hehe

    ReplyDelete
  70. Pengalaman saya Kalau Kena gigitan hewan ini langsung minum air kelapa sebanyak banyaknya insya Allah sembuh gatalnya

    ReplyDelete
  71. 19 maret 2020, kemarin malem sy habis digigit nih serangga sialan, karena pengalaman pertama kali awalnya sy ga curiga dng binatang tsb, sy pukul pk sapu lidi muncrat tuh darahnya bnyak,curiga krn darahnya sprti darah manusia, trus googling trnyata bener dugaan sy, digigit serangga ini, ngeri juga dng efek jangkapanjangnya.. ada 4 bentol yg rasanya panas & gatel...

    ReplyDelete
  72. 19 maret 2020, kemarin malem sy habis digigit nih serangga sialan, karena pengalaman pertama kali awalnya sy ga curiga dng binatang tsb, sy pukul pk sapu lidi muncrat tuh darahnya bnyak,curiga krn darahnya sprti darah manusia, trus googling trnyata bener dugaan sy, digigit serangga ini, ngeri juga dng efek jangkapanjangnya.. ada 4 bentol yg rasanya panas & gatel...

    ReplyDelete
  73. Wihh baru nemu blog ini haha,, sama saya juga ngalamin baru kemarin, tidur siang malah sekitar jam 4 sore bangun bangun ada bentol di punggung, kaki, telapak kaki sama lengan. Awalnya kukira semut atau nyamuk eh lama lama kok makin gatal (sumpah gatel banget yalord) trus coba searching tp blm nemu serangga apa, baru tadi pagi inisiatif bersihin kamar nemu tuh serangga yaudah reflek aja langsung pukul ntah itu atau bukan, nah trus kaget dong pas dipukul malah keluar darah banyak XD sumpah tau itu serangga penghisap darah baru tadi pagi baca artikel. Sebelumnya kukira kumbang biasa gitu. Tapi sekarang masih gatel, bangettt, tambah bengkak, trus merah merah, panas gitu, sempet aku garuk dan bener bentolnya malah kek nyebar gitu,tapi diaku cuma sebatas gatel luarbiasa dan bengkak disekitar bentolnya, ngga ada pusing atau mual, trus nemu ini artikel makasih author yg telah berbagi informasi :) akan kutahan gatelnya biar ngga kugaruk dan tambah nyebar

    ReplyDelete
  74. Barusan saya digigit,mendadak bangun karena gatal fa oanas di penggung tangan kiri pergelangan,siku kanan kiri bentol besar panas banget udah terlanjur kegaruk penasaran sy nyalakan lampu aq cari2 apa tomcat atau semut da ketemulah serangga besar itu langsung aja aq plak matilah dengan memang bnyak darah,penasaran gogling setangga penghisap darah dan trnyata benar baru tau lo namanya kissing bugs ini yg td gigit n udah mati,,next mesti hati2,alhamdulillah sudah minum dexa dah dicuci area yg gatel ksh salep,semoga g ngefek parah,

    ReplyDelete
  75. Saya 3 hari kemarin di gigit di bagian mata,, setelah beberapa hari di gigit timbulah efek dari ggitan tsb, akhirnya Mata saya bengkak wajah saya setengah lebam" dan rasanya panas di mata juga sakit yg luar biasa apalagi saat tiduran cenat cenut sekali,, terus saya juga demam serta sakit kepala. Menurut saya kasus chagas di Indonesia udah banyak cuman mungkin berbeda dengan di luar sana ,, Indonesia khususnya di Jawa barat mereka sering mengaitka dengan akibat dari kecoa ( di pipisin kecoa ) pdhl salah ini adalah akibat gigitan dari mahluk kecil itu . Dan anehnya bagi si penderita gigitan serangga ini,merasa kenapa selalu dirinya yg di gigit sedangkan anggota yg lainya engga?maaf panjang hehe.

    ReplyDelete
  76. iya mba sering banget aku digigit ini,pertama tahun 2009 ampe sekarang ga tau uda brp kali digigit ga kehitung.gatel bgt ya allah 😭😭 dan memang anehnya dirumah yg slalu digigit itu aku.

    ReplyDelete
  77. Ya alloh ini aku juga sampe berminggu minggu digigit dan baru pagi ini ketauan itu serangga yg gigit. Dan yg digigit cuma aku. Alhamdulillah anakku masi kecil gak digigit. Kumasukkan kresek dan kubuang. Sumpah sampek bentol di tubuhku banyak bgt mbak.

    ReplyDelete
  78. Saya juga udah 2x kena, dan setahun sekali 😭 (Juli 2020 & Juli 2021).
    Pertama di kaki kanan, sampai bengkak parah kaya kaki gajah 😂, yg ke-2 di punggung & bahu bengkak.
    Karena gatel banget, jadi ta garok. Bener sih racunnya jadi nyebar dan makin gatel, bengkak keras ga bisa tidur. Saking ga kuatnya saya ke puskesmas.

    Nasip berobat dimasa Corona, periksanya cuma ditanya dan diliat dari jauh. Untung deskripsi saya bener, jadi dikasih obatnya Mayan manjur.
    Dikasih Dexamethason, ctm (obat Gatal), amoxilin, sama vit. C, Paracetamol (kalau sampe demam).
    Lgsg ga terlalu gatal dan bengkak berangsur hilang.
    Mandi bersih dengan air hangat/daun sirih. Kalau bisa pakai sabun cair, biar ga nyebar ke orang lain.
    Oles dengan minyak kayu putih atau minyak2 lainnya, kompres kalau Gatal banget.

    Dan yg bikin bingung sih, emang kenapa saya terus yg kena 😂 baru di Agustus 2021 liat ini binatang, lgsg tau pasti ulah dia. Langsung ta matiiiinn !

    Pokonya kalau badan udah ga enak, mending lgsg berobat, karena reaksi masing2 tubuh beda2 pas kena racunnya ni serangga.

    Sehat2 kita semua 🙏

    ReplyDelete
  79. Anjirr barusan digigit ini serangga jma stgh 3 pagi, gatel seluruh badan sampe pergi ke puskesmas,, dah dikasih obat tapi belom reda

    ReplyDelete
  80. Anjirr barusan digigit ini serangga jma stgh 3 pagi, gatel seluruh badan sampe pergi ke puskesmas,, dah dikasih obat tapi belom reda

    ReplyDelete
  81. Saya sdh 4x d gigit, mmng rasanya gatel, panas, nyeri smpe k sendi², setelah sya searching d google trnyata berbahaya, sya lngsng k puskesmas, tp reaksi s dokter biasa aja, cm d liat trs dksih obat.

    ReplyDelete
  82. Saya sdh 4x d gigit, mmng rasanya gatel, panas, nyeri smpe k sendi², setelah sya searching d google trnyata berbahaya, sya lngsng k puskesmas, tp reaksi s dokter biasa aja, cm d liat trs dksih obat. Yg mau sya tnya itu, dri mna asalnya serangga itu, tmpat nya dmn, apa kah dia berdiam d kayu², atw dri dlm got/gorong², apakah ada yg bs jawab ?

    ReplyDelete
  83. Sy juga pernah digigit serangga ini,sudh 4 kali digigit...awalnya sy kira memang digigit nyamuk,sy garuk2 trnyata rasa gatalnya malah menjalar keseluruh tubuh,bdn jd panas dingin,mual muntah dan bekas gigitannya itu bengkat besar n g hilang2 smpai semingguan...
    Trus yg terakhir kali sy digigit itu,sy sempat pingsan,,karena digigit 2 tempat....ya Alloh itu bener2 pengalaman yg sangat mengerikan,,mudh2an tidk digigit lagi serangga ini

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong