09 February 2019

Hati-hati Inilah Hal Sederhana Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Blogger Newbie Abadi, Blognya Gitu-gitu Doang!

Gegara ganti profil dari G+ ke blogger kini terpampang nyata aku ngeblog dari 2009, masuk #10yearschallenge banget nih karena saat postingan ini diketik udah tahun 2019. Entah mengapa dari dulu aku lebih suka nulis yang semaunya. Dan memang ku sadari blogku gini-gini doang. Bahkan kadang nulisnya lebay dan dikemudian hari ketika baca ulang serasa malu sendiri. Kalau main ke blog orang lain aku juga sukanya baca blog yang gaya tulisannya santai. Aku suka baca tulisan yang bernada curhat ketimbang tulisan review atau endors produk.



Meski pendiam tapi aku orangnya suka becanda jadi mungkin itulah mengapa aku suka nulis atau baca tulisan yang lebay pula. Kalau nonton acara tv atau film juga sukanya yang komedian aja. Terkadang aku merasa payah karena susah nulis dengan gaya ejaan yang baik dan benar.

Dalam hal SEO pun ketika membuat tulisan di blog semacam ada aturan. Tapi lihat aja blog ini tulisannya cinderung semaunya. Misal aku punya masalah digigit serangga terus ya udah ketak-ketik aja "tentang kissing bug si penghisap darah". Aku punya pengalaman belaja di shopee tapi batal ya udah aku bikin aja postingan "Belanja di Shopee sudah bayar tapi batal gimana nasib uangnya?". Aku punya cerita sama si youtube ya aku tulis aja "pengalaman daftar youtube adsense tanpa nunggu 1000 Subs" (aku tau sih pasti banyak banget yang kesal terkait postingan tentang youtube itu, tapi biarin aja haha). Terus pernah juga aku kesal lihat postingan di facebook tentang kepik emas yang konon langka dan bisa bikin kaya, terus ya udah aku posting aja tentang "fakta-fakta kepik emas yang dibilang langka dan bisa bikin kaya".

Intinya aku nulis semaunya gak peduli aturan ini itu. Payahnya lagi aku sering membela diri sendiri. Beberapa contoh pembelaan payah itu misalnya:

  • Merasa ini blog personal jadi suka-suka aku aja. 
  • Aku gak peduli mau ada yang baca atau enggak. 
  • Aku gak peduli visitor ada atau tidak. 
  • Dan lain-lainnya yang bersifat egois karena aku gak peduli yang penting aku posting gitu aja.

Dan mungkin inilah mengapa aku gak maju-maju, karena dari dulu ngeblog ya cuma gini-gini doang. Tapi sampai sini pun biasanya aku tetap nekat membela diri misalnya aku nulis yang penting akunya lega karena menulis itu serasa relaksasi tersendiri. Yah payah banget deh pokoknya. Alasan-alasan seperti itu seolah sepele atau sederhana tapi itulah yang bikin aku jadi blogger newbie abadi yang blognya gini-gini doang.

Padahal bloger lain sudah pada naik level, mereka keren-keren, paling enggak bisa bikin tulisan bagus dan viral gitu. Lah, blogku kok gini-gini doang, udah gitu jarang update. Kadang heran juga sih kenapa aku sama sekali gak punya greget? Mungkin karena dasarnya aku pemalas gitu ya. Udah sukanya nulis kadang lebay eh males pula, payah deh!

Biasanya kan bloger ada yang inspiratif, jadi panutan karena memang berkualitas gitu kan. Nah kalo butuh contoh bloger payah newbie abadi yang gak pantes dicontoh itu berarti aku. Apa yang aku tulis disini untuk membully diri sendiri loh ya, takutnya ada yang kesindir terus sakit hati gitu.

Meski payah tapi aku tetep ingin sok baik dan berbagi tips agar teman-teman gak jadi newbie abadi alias ngeblog dari dulu blognya gitu-gitu doang. Tips-nya antara lain:

  • Hindari alasan-alasan ngeyel seperti yang aku lakukan tulis diatas
  • Bikinlah blog dengan niche atau tema tertentu 
  • Bikinlah postingan yang elegan dan berkualitas
  • Banyak baca atau ambil pelajaran dari bloger yang sudah sukses 
  • Intinya tuh kalau mau maju jangan pasrah dan gak pedulian sama blog sendiri, harusnya tetep usaha gimana supaya blognya ada visitor, gimana supaya tulisannya bagus, dll (*cie ileh, newbie abadi sok ceramah....)

Aku punya banyak blog tapi tidak ada blog yang membanggakan. Blog yang akhirnya bertahan ya salah satunya blog ini. Dulu sempat aktif banget di blogdetik tapi ngeblognya juga gado-gado, kadang nulis berita yang sedang hit, artis yang sedang hit, dan apapun yang biasa aku dengar-lihat-baca-rasakan dll. Sayangnya blogdetik akhirnya tutup awal 2018, beruntung sempat diajakin kopdar saat itu dan aku posting di "Kopdar Akhiri Dengan Indah Blogdetik".

Ngomongin soal gak punya blog yang gak membanggakan aku jadi ingat pernah ditolak waktu ingin ikut sebuah komunitas dengan alasan blogku gak masuk kreteria. Saat itu blog yang aku ajukan adalah blog yang diblogdetik. Emang sehina apa sih blognya sampai ditolak? mau aku tunjukin blognya tapi sayang udah gak bisa dibuka, intinya ya emang blogku gak mutu sih, hehe..

Semoga gak ada orang yang ngaku bloger kayak aku dengan blognya yang jarang update atau gak pernah ada kemajuan alias gitu-gitu doang. Eh tapi sebenarnya ngarep juga sih ada temennya sesama newbie abadi alias bloger yang gak pernah naik level. Meski ini payah tapi aku rasa aku butuh downline newbie abadi agar aku tak sendirian. Bila perlu bikin komunitas newbie abadi, isinya pasti bloger-bloger lama tapi blognya embuh gitu. Eh tapi jangan dhing, ini ide sesat.


Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Hati-hati Inilah Hal Sederhana Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Blogger Newbie Abadi, Blognya Gitu-gitu Doang!
4/ 5
Oleh

20 komentar:

  1. Padahal bagus mbak blognya hehe

    ReplyDelete
  2. Aku juga sama masih semau gue dalam ngeblog 😅😅

    ReplyDelete
  3. Aku pun nulisnya masih gado gado. Semangat yaaaa ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya niche gado-gado emang idola ya. Oke.. semangat gado2...

      Delete
  4. iya dulu saya kayak gitu buat blog buat sndiri aja jadinya stagnan dan bikin bosen, setelah mengenal dunia blog lebih dalam,,, bikin ketagihan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo udah ngerasain dapet duit dari blog pasti makin bikin ketagihan ya...

      Delete
  5. Wkwwk... Saya juga blogger semau gue. Berharap naik kelas sih,dan semoga diimbangi dengan usaha ga cuma wacana.. 😂😂 tapi menurutku jd blogger apapun kita yang penting kita happy ketika menjalani... 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul aku pun meski newbie abadi tapi happy, bisa bertahan tetep ngeblog gini juga sudah ajaib. *memperkuat alibi membela diri 😂

      Delete
  6. Mba yang katanya newbie abadi, tulisannya lucu2 deh :D.. kayaknya ini mba authorny itu lucu tapi disembunyikan makanya pendiam hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah untungnya paling enggak aku bisa sok ngelucu gitu nulisnya 😂.

      Delete
  7. Saya sukaa baca blognyaa mbaak hehehe tipikal yg suka baca tulisan santai dan gak serius serius amat hehehe terus semangaat mbak ya ngeblognyaa, salam kenal ☺️

    ReplyDelete
  8. makasih sharingnya buat pengingat diriku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... *duh akhirnya postingannya ada faedahnya 😂

      Delete
  9. Wah tipikal aku banget deh... Kynya aku jg calon newbe abadi hu hu meski br 3 bkn lbh dikit.. Tp aku emg suka model gaya ngeblog yg gini mbak santai ky dipantai... Bebs merdeka.. Tp itu. Kynya ga dianggep... Btw aku suka ko mba. Kan beda org beda gaya... Beda penggemar. Cwmangat eak. 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung baru 3 bulan lanjutkan biar naik level. Masak iya mau nyusul jadi downline ku 😂.... tapi gak papa dhing yang penting kita ngeblognya nyaman. Soal status atau kenaikan level embuh pokokmen... *jurus semakin membela diri

      Delete
  10. Hahaha... podo, dari dulu sampai sekarang blogku gitu-gitu aja. Kayane blog ini masih mendingan deh daripada blogku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending piye, blog ini tahun sebelumnya dalam beberapa tahun disetiap tahunnya pernah loh hanya beberapa kali posting. *gak update banget

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!