11 December 2019

Blogspot Ke Domain: Menunggu Ketersediaan Https Sedang Diproses, Berapa Lama?

Pernah mengubah blogger gratisan atau blogspot ke domain? Aku pernah beberapa kali yakni blog ini dan blog lainnya. Cara setting blogger atau blogspot ke domain cukup mudah. Tinggal masuk ke menu dasar setting, terus isi alamat domain yang sudah dibeli. Nanti bakal dapat kode-kode yang perlu diisikan ke setting DMS. Contoh seperti dibawah ini (maaf gambarnya burem).



Sebelumnya blog domain di blogger itu gak masalah soal setting https-nya, karena saat itu langsung bisa. Nah ceritanya tanggal 7 November 2019 ada blogspot yang aku domain-kan. Dan ternyata setting ketersediaan https ada keterangan masih diproses.



Rasanya bergejolak harus menunggu ketersediaan https berapa lama? Mau gak mau harus sabar. Dan agar domain bisa diakses maka seting httpsnya dinonaktifkan dulu aja. Caranya tinggal klik pilihan "TIDAK".



Lalu jika blogspot ke domain itu butuh waktu menunggu proses ketersediaan https berapa lama? Punya-ku itu dari tanggal 7 November 2019 dan https bisa aktif tanggal 11 November 2019. Umumnya proses ketersediaan https itu memang 3-4 hari.

Apakah pengaktifan https itu penting? Ya tentu saja, blogger pun menganjurkan itu. Konon https lebih aman dari pada alamat yang gak pakai s alias http doang. Contoh sederhananya jika menggunakan http maka blog mudah disusupin ini itu, misal yang pakai data internet XL akan muncul iklan dari XL, udah gitu biasanya iklannya muncul gede nutupin layar. Dan itu bisa jadi bikin pengunjung blog gak nyaman, dikiranya itu yang masang yang punya blog lah padahal itu dari provider yang dipakai untuk internetan.

Jadi buat yang pakai blogger mending https-nya diaktifin. Kalo yang pakai wordpress gimana? Ya mending diaktifin juga.

Itu-lah pengalaman sederhana ketika mengubah blogspot ke domain TLD tapi disertai masalah ketersediian https yang sedang diproses. Intinya sabar nunggu aja.


Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Blogspot Ke Domain: Menunggu Ketersediaan Https Sedang Diproses, Berapa Lama?
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!