12/19/2019

Langkah Sederhana Memanfaatkan Domain Untuk Jualan Online

Punya bisnis sendiri adalah impian banyak orang dan mungkin bagi sebagian orang masih merasa bingung bagaimana cara memulai bisnis? Bingung milih bisnis apa gitu. Atau mungkin karena sekarang eranya serba online jadinya pengin ikutan bisnis online biar kekinian, atau sudah punya usaha tapi gak tau gimana caranya biar bisa go online?

Kalo ngomongin soal bingung aku pun pernah bingung, karena semua akan bingung pada waktunya.



Aku belajar dunia blog hanya secara otodidak, aku pilih langkah atau cara yang sederhana-sederhana saja, sesuai apa yang aku mampu, pelan-pelan tapi pasti (*pasti kandas, gak dhing –hahaha-). Langkah sederhana-nya itu adalah tinggal bikin blog gratisan lalu dibelikan domain, hanya bayar seratus ribuan dengan masa aktif setahun. Ya bagiku hanya sesederhana itulah ketika memanfaatkan domain untuk bisnis atau jualan online. Mudah kan? Ya sampai disitu doang emang mudah, langkah selanjutnya adalah harus terus belajar! belajar SEO atau apalah gitu. Kalau kandas? Coba lagi, belajar lagi! Kalau Kandas lagi? Lagi-lagi coba lagi, belajar lagi dan lagi! Sampai kapan? Sampai tak ada lagi kandas diantara kita –hehehe-


Kenapa Pilih Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis?



1. Domain Mudah Dimiliki


Kenapa pilih memanfaatkan domain untuk bisnis? Karena domain mudah untuk dimiliki, gak pakek ribet gitu lah pokoknya. Ya intinya asal nama domain masih tersedia maka domain idaman itu bisa kita miliki, karena untuk memilikinya semudah beli cendol dawet *hehe. Domain itu sendiri ada macam-macam, misal .com, .net, .id, .co.id, .info, .xyz dan lain sebagainya.

Kalau aku lebih milih yang .com karena selain harganya terjangkau juga lebih familiar, misal orang ngantuk terus bikin status lebay: “…baru jam segini udah ngantukkkk.com..”, padahal itu domain bukan milik-nya tapi ngapain disebut-sebut iya kan? Secara tidak langsung dia udah familiar dengan yang namanya .com ya kan? Jarang kan orang capek terus bikin status lebay: “…duh motor mogok bikin caaapekk.co.id… atau caaapekk.info” yang ada pasti nulis caaapekk.com gitu kan. Ini sih logika sederhana ala ketak-ketik doang loh ya, karena soal pilihan nama domain itu tergantung kebutuhan anda, jadi mau pilih .com atau .net atau lainnya itu terserah gitu lah ya.


2. Bisa Memilih Nama Domain Sesuai Kebutuhan


Selain banyak pilihan entah .com atau .net atau lainnya kita juga bisa memilih nama domain sesuai kebutuhan. Jadi intinya, meski beli domain itu mudah tapi kalau untuk keperluan bisnis atau jualan online ya jangan asal pilih nama domainnya. Dari awal beli domain itu harus pilih nama domain yang sesuai keyword atau sesuai branding?

Sesuai keyword misal jual produk ANU, maka pilih nama domain jualanumurahdotcom atau supplieranumurahdotcom, dimana ketika orang lihat nama domain itu udah langsung ada gambaran oh ini penjual produk anu murah gitu.

Dan nama domain itu gak bisa diedit sewaktu-waktu kayak ganti nama akun IG atau semacamnya. Pas begitu bayar ya itu nama domain berlaku minimal satu tahun (tergantung pesannya berapa tahun gitu kan). Misal udah order dan diaktifkan domain jualanumurahdotcom, gak bisa diedit jadi grosiranumurahdotcom, kalau beli domain lagi baru bisa. Jadi ketika memilih nama domain pikirkan baik-baik sebelum membeli.

Entah mau pilih nama yang berdasar keyword atau branding tapi yang pasti pilihlah nama domain yang singkat, jelas dan mudah diingat.


3. Domain Bisa Untuk Branding Dan Mudah Dipromosikan


Dengan nama domain yang mudah diingat itu maka akan mudah pula untuk promosi atau branding. Misal kita posting ini itu tentang produk yang kita jual, lalu share saja ke sosmed entah facebook, twitter atau instagram (tapi kalau instagram bisanya naruh link hidup satu doang ditempat link profil). Atau kita posting foto di sosmed lalu difoto itu dicantumin domain kita.

Domain itu juga bisa ditaruh diprofil-profil sosial media yang kita miliki, sebisa mungkin kolaborasikan domain dan sosmed untuk promosi bisnis. Atau kalau lebih niat lagi nama domain itu bisa dibikin stiker ditempel di sepeda, motor atau mobil, atau bikin kartu nama atau kaos sekalian aja gitu. Meski ini terlihat sederhana tapi bisa bikin domain bisnis lebih dikenal.

Intinya dengan domain kita bisa melakukan branding dan promosi untuk bisnis kita sendiri. Jualan online saat ini memang lagi ngetren lewat marketplace, dan menurutku gak ada salahnya memanfaatkan marketplace untuk jualan tapi jangan lupa tetap bikin brand atau domain toko online sendiri. Tanya kenapa? Karena di marketplace itu kita statusnya cuma numpang, suatu saat kalau marketplace itu tutup gimana? Kalau kita punya domain sendiri maka seenggaknya kita tetap punya lapak kita sendiri, ya kan?


4. Domain Bisa Meningkatkan Kredibilitas Bisnis


Dengan domain maka bisa lebih mudah untuk branding atau mempromosikan bisnis, dengan kata lain domain bisa meningkatkan kredibilitas bisnis. Dengan domain maka bisnis bisa terhubung dengan pelanggan kapanpun dan dimanapun. Pelanggan bisa akses informasi tentang produk/jasa kapanpun bahkan bisa menghubungi kita sewaktu-waktu karena kita bisa mencantumkan kontak. Dengan demikian bisnis akan lebih terpercaya, ya kan?

Itulah langkah sederhana ketika aku mulai belajar jualan online.

Blog ini memang berdomain tapi hanya untuk sekedar ketak-ketik ini itu haha-hihi karena pada dasarnya aku suka menulis pengalaman meski hanya pengalaman hal-hal sederhana. Aku sangat merasa beruntung karena kenal dunia blogging, mampu beli domain, bisa jualan online, pernah dapat penghasilan dari google adsense juga, karena pada dasarnya aku orangnya pendiam nan introvert. Dan dengan blog bisa menulis seperti ini, dengan manfaatin domain aku bisa menjual sesuatu tanpa harus koar-koar secara verbal, dan itu rasanya luar biasa banget karena aku serasa mendadak jadi orang paling ekstrovert sejagat meski dalam bentuk online *hahaha.

Aku sadar setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, kelebihanku adalah suka diam sembari ketak-ketik dari pojokan, jadi blogging atau jualan online adalah jalan yang tepat untukku karena selama ini aku melakukannya dengan senang hati. Jadi kalau masih bingung mau bisnis apa, mulai saja dengan langkah sederhana, coba tanyakan pada diri sendiri apa yang disukai dan apa yang dibisai. Kalaupun bisnis itu sifat-nya produk lokal seperti warung bakso, toko besi atau lainnya tetap tak ada salahnya manfaatin domain sebagai sarana promosi agar usaha bisnis kita lebih eksis dan kredibel.


Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong