07 July 2020

Rail Express Solusi Kirim Paket Super Murah Dengan Kereta Api, Surabaya - Solo 12kg Hanya Rp 2000?

Ada yang sudah nyoba kirim paket via rail express? Bisa dibilang Rail Express Solusi Kirim Paket Super Murah Dengan Kereta Api. Surabaya - Solo 12kg Hanya Rp 2000? Aku sendiri syok, mosyok rong ngeweng tok? Tapi beneran loh duit dua ribu bisa buat ongkos kirim dari Surabaya ke Solo.
Cara Kirim Paket Dengan Rail Express Kereta Api

Ceritanya pada suatu hari beli sesuatu, tadinya aku minta dikirim pakai Kalog aja tapi sama penjualnya disaranin pakai rail express aja lebih murah dan sama pakai kereta. Aku manut aja lalu kemudian cari info tentang rail express itu. Oh ternyata rail express itu produk baru KAI yang tercetus sejak adanya pembatasan wilayah karena corona.

Jadi ceritanya pihak KAI mengeluarkan rail express itu untuk mendukung pengiriman logistik entah berupa makanan, sayuran, beras, dokumen, motor atau lainnya. Minimal berat paketnya 5kg, selebihnya berton-ton boleh karena sekali angkut kapasitasnya 215 ton untuk KA parcel ONS dan 20 ton untuk KA BHP.


Cara Kirim Paket Dengan Rail Express


  1. Pelanggan atau pengirim menyerahkan barang (yang sudah di-packing sesuai standar yang berlaku) ke loket Rail Express di stasiun dengan melampirkan data pengirim dan penerima kepada petugas. Rail Express tidak ada jasa packing jadi paket harus sudah dalam keadaan dipacking.
  2. Penimbangan barang dan penempelan sticker pada barang.
  3. Pembayaran oleh pelanggan di loket stasiun Rail Express sesuai biaya angkutan.
  4. Pemuatan barang ke dalam kereta bagasi.
  5. Proses pengiriman barang.
  6. Pembongkaran barang dari dalam kereta bagasi.
  7. Pengambilan barang oleh pelanggan/penerima dengan menunjukkan bukti transaksi barang, kartu identitas asli di loket pengambilan barang Rail Express di stasiun tujuan.
  8. Pihak penerima biasanya dihubungi jika paket sudah tiba agar segera diambil.

Loket pengambilan paket rail express statiun purwosari Solo

Syarat dan ketentuannya kirim paket dengan rail express



  • Pengirim harus menyatakan isi kiriman dengan sebenarnya. Misal makanan atau apa gitu.
  • KAI berhak melakukan pemeriksaan (uji petik) terhadap kiriman yang dicurigai tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PTKAI (Persero) secara khususd an/atau yang berlaku di Indonesia secara umum.
  • Barang/dokumen yang dilarang untuk dikirim adalah: Surat/dokumen berharga bernilai uang; Uang tunai (rupiah/mata uang asing), surat berharga, perhiasan, dan sejenis lainnya; Barang berbahaya dan mudah meledak, beracun, dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya (barangB3); Barang yang mengandung psikotropika dan narkotika; Barang/dokumen yang dilarang menurut ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku; Barang/dokumen cetakan,foto dan barang lainnya; Yang dapat melanggar aturan kesusilaan/pornografi.
  • KAI dapat menentukan sarana angkutan tercepat untuk mengirim barang/dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan transportasi yang dapat mengganggu pengiriman ketempat tujuan.

Oh iya, kalau mau kirim paket lewat rail express ini barang harus sampai station sebelum jam 1 siang, proses perjalanan malam. Jadinya misal kirim hari ini besuk pagi sudah bisa diambil di statiun tujuan gitu.

Tarif rail express surabaya solo 12kg Rp 2000

Apakah produk rail express ini akan ada selamanya? Akankah tarif super murahnya akan konsisten? Entahlah aku kurang tau kedepannya kek gimana, yang pasti saat postingan ini diketak-ketik tarif rail express beneran murahnya. *kemungkinan tarifnya akan berubah pada waktunya.


Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Rail Express Solusi Kirim Paket Super Murah Dengan Kereta Api, Surabaya - Solo 12kg Hanya Rp 2000?
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!