Jadwal Resmi Pendaftaran CPNS Tahun 2016, Jangan Lupa Dicatet Nih!


Jadwal Resmi Pendaftaran CPNS Tahun 2016, Jangan Lupa Dicatet Nih! Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2016 akhirnya telah resmi dibuka. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan moratorium rekrutmen CPNS pada 2016 sifatnya terbatas. Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka lantaran sejumlah instansi masih sangat membutuhkan pegawai baru.“Moratorium bukan berarti tidak menerima pegawai baru sama sekali. Koridornya masih di moratorium terbatas dan jumlah yang diangkatkan pun sangat sedikit karena hanya menggantikan yang pensiun saja.

Rencananya, formasi yang dibuka adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lainnya. Kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu.

Formasi tenaga pendidik diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Jumlahnya, sekitar 3.000-an. Formasi tenaga penegak hukum sekitar 1.000-an.

Selain tiga formasi tersebut, pemerintah juga mengalokasikan untuk lulusan sekolah ikatan dinas sekitar 5.000-an. Sekolah ikatan dinas ini, antara lain, Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg, Sekolah Tinggi Intelegen (BIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (BPS), serta sekolah untuk penjaga sipir/lapas dan imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM).

Selain itu, ada juga sekolah D2 dan D3 Perpajakan milik Kementerian Keuangan, sekolah pengamat gunung berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN).

Tetapi pada kesempatana kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal tersebut lebih dalam karena admin akan membahas Jadwal CPNS Lengkap seperti apa simak selengkapnya dibawah ini mengenai Jadwal yang akan admin rangkum dibawah ini melalui Jadwal Pendaftaran CPNS tahun 2016 simak lebih lengkap informasinnya berikut ini.


  • Kota D.I. Yogyakarta 03 September - 17 September 2016
  • Provinsi Aceh 15 September - 29 September 2016
  • Kabupaten Sidoharjo 01 September - 15 September 2016
  • Kabupaten Bekasi 06 Oktober - 20 Oktober 2016
  • Kabupaten Muara Enim 08 September 22 September 2016
  • Kabupaten Musi Rawas 27 Agustus - 10 September 2016
  • Kabupaten Muratara 08 September - 22 September 2016
  • Kabupaten Ogan Ilir 08 September - 22 September 2016
  • Kabupaten OKI 08 September -22 September 2016
  • Kabupaten OKU 05 September - 19 September 2016
  • Kabupaten OKU Selatan 03 September - 17 September 2016
  • Kabupaten PALI 08 September - 22 September 2016
  • Kota Bekasi 26 September - 10 Oktober 2016
  • Kota Bogor 15 September - 29 September 2016
  • Kota Lubuk Linggau 03 September - 17 September 2016
  • Kota Pagar Alam 08 September - 22 September 2016
  • Kota Surabaya 29 Agustus - 12 September 2016
  • Ibukota Jakarta 04 September - 18 September 2016
  • Jawa Barat 11 September - 24 September 2016
  • Jawa Timur 29 Agustus - 15 September 2016
  • Jawa Tengah 10 September - 24 September 2016


Jadwal Pendaftaran Formasi Khusus CPNS 2016.


  • Lulusan Cum Laude 25 September - 9 Oktober 2016.
  • Atlit Berprestasi dan Pelatih Berprestasi 02 Oktober - 16 Oktober 2016
  • Unit Percepatan Pembangunan Papua 24 September - 19 Oktober 2016
  • Disabilitas 03 November - 16 November 2016
  • SM-3T 09 Desember - 23 Desember 2016


Rata-rata selisih jadwa setiap Formasi CPNS dari masing-masing daerah adalah 10 hari kerja jadi jangan sampai anda ketinggalan pada saat mengakses Pendaftaran karena dipastikan bisa membaut anda tidak bisa mendaftar lagi, selain itu untuk informasi khusus anda harus sabar menunggu Jadwal berikutnya, jangan sampai seperti admin tahun kemarin sekedar berbagi pengalaman.

salam hormat,
dr pojokan

Liburan Ke Jogja? Inilah Jalan Rawan Macet Di Sekitar Yogyakarta


Liburan Ke Jogja? Inilah Jalan Rawan Macet Di Sekitar Yogyakarta || Jika libur telah tiba maka dapat dipastikan Jogja ramai banget otomatis jalanan jadi macet, banyak sekali mobil-mobil luar kota yang memadati kota Jogjakarta dan sekitarnya. Sepertinya memang Jogja adalah salah satu tempat liburan favorit bagi banyak orang, selain banyak tempat yang menarik kulinernya pun juga beraneka ragam. Dan satu hal yang pasti terlihat nyata perubahan di kota Jogja adalah makin banyak hotel berdiri bahkan berjejer-jejer satu dengan yang lainnya.

Aku sendiri sangat suka di Jogja, meski bekalangan ini aku lebih memilih tinggal di Klaten. Jogja itu asyik buat sepedaan, saat pagi atau sore hari. Nah, Rabu 23 Desember 2015 aku sempat ke Jogja untuk sedikit bersepeda, rupanya hotel-hotel terlihat penuh bahkan mobil-mobil pengunjung pun parkirnya hingga sampai ke jalan-jalan, platnya sih kelihatan luar Jogja semua. Bayangin aja jika mobil-mobil itu secara bersamaan pergi jalan-jalan ke luar, pasti macet bukan?

Beberapa titik ruas jalan yang sering kali terjadi macet di kota Jogja adalah:
  • Jl Malioboro
  • Depan Stasiun Tugu dan Lempuyangan
  • Titik nol
  • Jl P Mangkubumi
  • Jl. Senopati
  • Gembira Loka
  • pertigaan UIN
  • Jl. Letjen Suprapto
  • Jl. AM. Sangaji
  • Jl. C. Simanjuntak
  • Jl. Diponegoro
  • Jl. Magelang
  • Jl. Mataram


Dan berikut beberapa titik jalan yang juga bisa macet disekitar kota Jogja:

  • Gunungkidul yang rawan macet ada di kawasan Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti, dan Pindul.
  • Kulonprogo, titik rawan macet yakni di Pantai Glagah. Di Bantul kawasan wisata masih menjadi sentra kemacetan, seperti Parangtritis, Parangkusumo, dan Kulwaru.
  • Sleman misalnya, titik rawan macet ada di Kaliurang, Pakem, dan kawasan Candi Prambanan.

Kemarin aja waktu tanggal 23 Desember 2015 itu ketika balik dari Jogja ke Klaten jalan Jogja-Solo macet parah dari Maguwoharjo sampai Prambanan, yang biasanya perjalanan satu jam sampai jadi tiga jam setengah, kemacetan di perkarah dengan hujan deras yang mengguyur hingga bikin beberapa tempat tergenang air. Kemacetan di Jogja memang biasa terjadi ketika musim libur tiba, maka dari itu buat yang ingin berlibur ke Jogja sebaiknya siap-siap terjebak macet ya, terutama jalan-jalan yang sudah disebutin diatas. Selamat berlibur, sepedaan yuk......


salam hormat,
dr pojokan

Ibnads.xl.co.id Apasih? Ternyata Oh ternyata, *Asem Tenan og!


Ibnads.xl.co.id Apasih? Ternyata Oh ternyata, *Asem Tenan! ||Beberapa waktu yang lalu (sekitar bulan November 2015) saat melihat statistik blog ada url ibnads.xl.co.id aku sempat bertanya-tanya "ini apa", aku buka kok gak ada apa-apanya cuma tulisan "welcome to IBN". Saat itu juga aku cuek, tapi pagi ini 18 November 2015 aku benar-benar penasaran lalu mengetik "ibnads xl co id" di google, dari satu aku baca-baca dan ternyata yang demikian itu adalah iklan serobot yang dipasang secara terselubung tanpan izin pemilik blog atau pun konsumen (pengguna XL). Contoh iklan serobot yang mengganggu pemandangan:


Iklan seperti itu muncul bagi pengakses blog via hp yang menggunakan provider XL. Aku sendiri bukan pengguna XL jadi gak ngeh kalo ternyata blogku disusupi iklan terselubung. Kalo aku selaku pemilik blog dan tau ternyata blogku disusupi iklan XL seperti itu sumpah gak terima karena pasti bikin tampilan blogku gak rapi dan mengganggu pemandangan pembaca.

Blogku yang kesurupan iklan serobot dari XL itu memang kebanyakan pembacanya dari hp. Aku punya beberapa blog dan hanya blog yang pembacanya banyak dari hp inilah yang kesurupan.

Buat blogger mungkin sesekali silakan cek statistiknya jika ada url ibnads xl co id itu berarti blog teman-temannya juga kesurupan seperti blogku.

Dari hasil baca-baca ternyata iklan serobot ini sudah heboh tahun 2014 lalu, sudah ada petisi sebagai bentuk protes tapi aku lihat petisi itu sudah ditutup. Terus gimana? karena aku baru mengalami hal ini sekarang. *entahlah....


Hanya bisa berdoa semoga pembaca blog tidak berkurang, tapi kalo boleh jujur visitornya memang berkurang belakangan ini, apakah karena efek iklan serobot yang semena-mena itu? entahlah....

Buat XL atau mungkin yang lain, mbok yao kalo mau pasang iklan di blogku hubungi aku, jangan pakai cara seperti itu, kan aku rugi gak dapat uang iklan, situ sih enak bisa ngiklan seenaknya tanpa keluarin biaya buat pemilik blog. *arahnya tetep gak terima karena gak dapat duit **asem tenan og....

***bukan karena gak dapat duit dhing tapi lebih ke efek penampilan blognya yang karena kesurupan iklan yang sembrawut itu bisa jadi bikin pengunjung blog merasa sepet lalu gak jadi baca tapi justru kabur, bayangno asem tenan to?

Yang pasti bukan pemilik blog yang dibikin rugi karena pengguna XL yang biasa akses situs pasti juga sangat terganggu dengan iklan-iklan terselubung itu. Betul gak?

salam hormat,
dr pojokan

Cara Mudah STOP SMS Sedot Pulsa Pengguna Nomer Indosat


Cara Mudah STOP SMS Sedot Pulsa Pengguna Nomer Indosat || Hari gini masih aja kena masalah sedot pulsa? aku sih iya, seritanya pagi-pagi buta dapat sms pemberitauan kalo permintaan sedang di proses, beberapa saat kemudian dapat sms lagi pemberitahuan bahwa aku sudah terdaftar. Apa-apaan coba? aku gak merasa daftar apa-apa kok tiba-tiba terdaftar? *bayangno, Asem tenan to? Untung aja saat itu pulsa tinggal 500 rupih doang, tapi aku tetep harus stop karena takutnya nanti kalo udah isi pulsa tetep kesedot.

Kebetulan aku pengguna Indosat jadi untuk solusi tanpa ribet tinggal ketik STOP terus kirim ke nomer 726.



Layanan SMS ke 726 ini khusus pengguna Indosat yang bakalan menghentikan langganan apapun.

Tak lama setelah SMS langsung dapat balasan seperti ini:

Selesai deh....

Aku sendiri memang gak sadar sih kenapa bisa mendadak terdaftar, tapi kemungkinan karena nomer itu adalah nomer yang aku pakai untuk internetan.

Inilah yang harus diwaspadai oleh para konsumen, gak hanya dari Indosat sih karena apapun provider anda kadang ada masalah seperti ini yakni tanpa disadari mendadak terdaftar dalam layanan sms premium alias sedot pulsa.

Dulu pernah nomer mbak-ku XL juga tiba-tiba terdaftar sms premium padahal nomer itu gak pernah dipakai Internetan orang hp-nya aja jadul banget, aku utak-utik gak bisa unreg akhirnya telpon operator lalu distop dari sana dan pulsa yang sempat hilang diganti.

Masalah sedot pulsa memang asem tenan, bisa menjadi masalah tersendiri terutama bagi orang awam, aku beberapa waktu yang lalu sempat ke galleri Indosat untuk ganti nomer dan menurut pengamatan singkatku orang yang datang ke gallery itu rata-rata kena masalah sms sedot pulsa, mereka bingung merasa gak daftar apa-apa tapi SMS hilang melulu gitu.

Jadi solusi jika anda kena balada sms sedot pulsa yang asem tenan itu, coba unreg. Kalo tidak bisa tinggal telpon operator atau datang aja ke galeri.

Baca juga:




Salam hormat,
dr Pojokan

Pengalaman Ganti Nomer Indosat Lama Ke Baru Dengan Nomer Yang Sama, Cepat dan Mudah!


Pengalaman Ganti Nomer Indosat Lama Ke Baru Dengan Nomer Yang Sama, Cepat dan Mudah! Bingung kartu indosatnya rusak atau hilang tapi ingin tetap menggunakan nomer yang sama? ya caranya mudah saja tinggal datang ke gallery Indosat terus minta yang baru deh. Kalau penyebabnya karena hilang sih butuh surat pernyataan, kalo aku sendiri pernah ganti nomer indosat karena nomer ku termasuk model lawas, aku dulu beli tahun 2005 dan ketika saat ini mau dimasukin ke hp yang slot kartunya model mikro gak bisa masuk kalo dipotong pun tetep gak bisa karena hasilnya pasti rusak.

Terus? kala itu aku terus telpon call center Indosat untuk memastikan "boleh gak ganti kartu tapi kartunya gak hilang dan gak rusak?", mbaknya bilang bisa tinggal datang aja ke Gallery Indosat terkdekat terus tunjukin KTP asli, gratis tanpa dipungut biaya.

Aku memang asli Klaten tapi waktu itu cari gallery Indosat di Jogja, biasa sekalian main dan sepedaan. Kalo di Jogja aku taunya gallery Indosat itu di timur Tugu Jogja, selatan jalan. Aku meluncur dari daerah Tamansiswa dengan sepeda ontel sekalian muter-muter menikmati suasana Jogja dengan santai, begitu sampai Gallery Indosat langsung parkir sepeda di belakang terus masuk langsung ambil nomer antrian, nunggu antrian. Dipanggil terus dimintai KTP, terus disuruh nunggu bentar, terus dipanggil lagi terus langsung dikasih nomer baru, gratis tanpa dipungut biaya, untuk pengaktifan disuruh nunggu setelah satu jam.

Mudah banget deh pokoknya, syaratnya cuma KTP asli dan nunjukin nomer lamanya, udah gitu aja!

salam hormat,
dr pojokan

UMK Terbaru JOGJA / YOGYA / DIY dan Sekitarnya


UMK Terbaru JOGJA / YOGYA  / DIY, Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul || Ada yang tinggal di Jogja atau dari luar kota ingin kerja di Jogja dan ingin tau kalo kerja di kota Yogya itu gajinya berapa sih? Baru-baru ini sudah umumkan secara resmi besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2016 di DIY, yakni UMK kota Yogyakarta di tahun 2016 sebesar Rp 1.452.400. Sementara untuk Sleman sebesar Rp 1.338.000, Bantul sebesar Rp 1.297.700, Kulonprogo sebesar Rp 1.268.870 dan Gunungkidul sebesar Rp 1.235.700. Ditahun 2016 UMK kota Jogja dan sekitarnya naik 11,5%.

Penentuan UMK tersebut berdasar Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78/2015 yang mengatur soal pengupahan. Namun demikian, keputusan tersebut ditentang oleh buruh melalui Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) lantaran mengabaikan suara mereka. Buruh inginnya UMK Yogyakarta itu 2,2 juta seperti Jakarta dan Surabaya yang berani PP demi kesejahteraan buruh.



Yah kalo dibanding dengan Jakarta dan Surabaya memang UMK kota Jogja jauh lebih rendah, tapi apakah biaya hidup di Jogja juga semahal di Jakarta dan Surabaya? kalo aku sih gak tau karena belum pernah hidup di Jakarta ataupun di Surabaya. Aku memang semenjak lulus kuliah langsung berdomisili di Jogja, yah kalo kerja ditempat orang memang gajinya segitu-gitu, tapi aku sendiri di Jogja lebih milih untuk usaha sendiri yakni jualan online meski ditahun 2015 udah gak jualan lagi di Jogja, aku pulang kampung sesekali main ke Jogja, terus ya di rumah tetep kerja seadanya aja yang penting penghasilan diatas UMK gitu aja *eaaaaaa....

Kalo di Jogja sih memang sepertinya lebih enak usaha sendiri aja, seperti jualan nasi kucing atau nasi penyet, es Oyen atau apalah gitu itu lebih berasa hasilnya.



salam hormat,
dr pojokan