06 March 2019

Pemburu Job Review Atau Content Placement Galau, Kenapa DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) Turun?

Dunia blogger heboh dengan merosotnya DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), terutama bagi para pemburu job review atau content placement pasti galau kenapa DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) turun? apa penyebabnya? kalau aku sih jujur saja gak begitu memperhatikan DA atau PA. Kalaupun dicek ya pasti blog ini nilai DA/PA rendah karena blog ini jarang update postingan. Nah, buat pemuja DA/PA coba dicek pas minggu pertama bulan maret ini apakah nilainya turun?



Meski gak peduli nilai PA/DA blog ini tapi yang sedikit aku tau tentang gimana cara agar DA/PA naik adalah dengan rajin posting, rajin promosi blog atau blogwalking atau ngebacklink atau semacamnya. Cuma dua itu aja sih, tapi ya soal posting juga harus diperhatikan misal bikin konten yang seo friendly dan kalau misal ngebacklink cari tempat backlink yang bagus. Pada dasarnya jika berharap dapat hasil yang bagus entah itu posting atau ngebacklink juga harus gak sembarangan gitu.

Dalam dunia SEO kadang ada yang namanya google update algoritma, nah ketika google melakukan update biasanya akan membawa dampak pada rating blog atau visitor blog yang bisa jadi naik atau turun (*tapi biasanya turun sih). Untuk SEO 2019 ini sepertinya google lebih suka konten blog yang unik, yang menjelaskan sesuatu secara detail yang sekiranya memberikan banyak manfaat bagi pembaca (isi postingan sesuai apa yang dicari pembaca). Meski jarang praktek SEO tapi aku biasanya ikut baca ini itu tentang perkembangan SEO (banyak teori atau video tentang SEO yang hanya untuk koleksi karena males praktek *hehe...). Jadi jika ada yang bertanya-tanya kenapa DA/PA turun coba tanyakan pada blog sendiri apakah sudah rajin update? jika google aja rajin update algo sementara blog kita kalah atau jarang update atau tidak menyesuaikan dengan algonya si google pasti bakalan jadi musibah ye kan.

Satu hal yang aku petik dari dulu sampai sekarang kunci utama yakni rajin posting. Jika rajin update postingan itu kemungkinan akan baik-baik saja walau google mungkin update atau apa gitu. Kalau postingnya gak tentu seperti blog ketak-ketik ini ya pasti visitornya juga gak tentu bahkan nilai PA/DA blog ini juga rendah. Dulu waktu aku masih main google adsense, aku cuma modal rutin update setiap hari, saat itu hanya mengandalkan google tren dan visitor bisa diatas 10K tiap hari bahkan kadang bisa tembus 20K. Aku postingnya pakai gaya nulis sendiri, bukan kopas. Tapi dah lama pensiun sih, blognya dah gak update lagi dan waktu itu cuma pakai blogspot gratisan loh ya. Salah satu hal yang bikin males adalah postingannya banyak yang ngopas, ya bayangin aja aku merangkai kata ini itu kadang sampai jam 12 malam sedangkan orang-orang itu tinggal kopas, kan ngeselin.

Akhirnya karena komplikasi aneka sebab aku jadinya malas ngeblog untuk adsense, nyobain jualan online belajar SEO supaya page one, tapi ya gitu deh saingannya berat. Entah mengapa aku kurang minat berburu job review atau konten placement, padahal job itu kini sedang hit banget ye kan. Tapi ya itu tadi job review atau Content placement biasanya ada syarat harus PA/DA sekian. Ya gitu deh, aku tuh minder kalo udah bawa-bawa nilai PA/DA apalagi kalo syaratnya juga harus follower IG atau twitter sekian ribu gitu. Makelum selain miskin DA/PA aku juga miskin follower. Ya gimana gak miskin DA/PA lah wong update aja jarang, terus itu IG juga isinya cuma koleksi foto serangga. Meski tau sebabnya tapi aku tetep ngeyel dan inilah mengapa aku ngeblognya gini-gini doang seperti yang pernah aku tulis tentang menjadi blogger Newbie Abadi!

Kalau udah jadi blogger hit dengan blog yang benar-benar berkualitas niscaya PA/DA gak bakalan ngaruh, dan bahkan ketika sudah dapat kepercayaan untuk job review atau content placement bisa nentuin rate sendiri tanpa ditanya DA/PA. (*logikanya ngapain juga nanya, karena kalo emang blog yang berkualitas biasanya nilainya juga tinggi).

Kembali lagi soal DA/PA, kalau misal males nyepam atau ngebacklik mungkin tip sederhana bagi yang ingin mempertahankan atau meningkatkan DA/PA dan juga visitor blog adalah rajin bikin konten yang bermanfaat bagi pembaca. Cuma rajin itu aja sih, silakan dicoba tiap hari minimal satu postingan lalu perhatikan apa yang akan terjadi. Sekali lagi "cobalah minimal satu hari satu postingan", bagi yang bakat jadi newbie abadi sepertiku pasti rajin posting itu berat ya kan? ya dong. Ya bayangin aja aku tuh udah jarang posting malas backlink gimana gak kena kutukan jadi blogger newbie abadi, ya gak?



Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Pemburu Job Review Atau Content Placement Galau, Kenapa DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) Turun?
4/ 5
Oleh

24 komentar:

  1. Boro"satu hari satu postingan mba... Berasa dikejar"utang sy kl keq gitu... Sy gk bwgitu phm SEO sgl walau bnyk tutoroial... Makanya adem ayem aja nie blog..boro" mo dpt review produk/job wong konten jg biasa" aja lagian sy nulis sekedar suka aja sih 😁

    ReplyDelete
  2. Wah mantap tulisannya Mbak. Bagus dan sangat bermanfaat. Makasih mbak.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    ReplyDelete
  3. Gara2 postingan ini aku baru ngeuh DA ku pun turun ahhahaa. tapi gpp yang penting enjoy nulis :)

    sedih sih udah agak lama ngga update blog :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata kalau nyari temen yang jarang update blog gitu mudah ya. *kebanyakan pada jarang update termasuk aku :)

      Delete
  4. Saya tipikal orang yg ga terlalu mentingin da/pa sih, yg penting bisa sharing ke orang lain itu udah cukup hehe
    Kalo ada yg ingin kerjasama job review gitu saya anggapnya bonus aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sharing nomor satu ya, job review bonus (*bonus yang selalu dinantikan hahaha)

      Delete
  5. Habis baca tulisan ini saya merasa terkeplak. Saya nggak selalu sanggup update blog sering tapi tetap berjuang update paling nggak tiap bulan harus ada. Nah pas tadi lirik DA turun, sedih banget rasanya. Kayaknya rajin BW harus diimbangi dengan rajin bikin postingan juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus berimbang, google sukanya yang rajin update dan tidak duplikat konten. Sama mb aku juga kini mau update blog gitu serasa butuh perjuangan :)

      Delete
  6. Kalau harus sehari satu postingan ampun deh mbak. Nggak sanggup aku tuh. Kalau pun jadi artikelnya berasa receh banget. Soalnya nggak sempet riset lebih dalam juga kan. Huhuhu...

    Tapi yang sehari bisa 10K vistor itu mau dong diajarin gimana caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu itu riset pakai google tren, cari sesuatu yang lagi hit. *tapi itu dulu sih waktu jaman masih militan, bikin postingan gitu sampai tengah malem, tapi hasilnya ya lumayan, sejalan dengan perjuangan kala itu

      Delete
  7. enakan jadi blogger newbie abadi santai nggak terlalu ngejar dan gak frustasi kalo terjadi penurunan PA/DA kayak begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya santai aja, kalo newbie abadi kan yang penting bisa posting hahahihi menghibur diri

      Delete
  8. untungnya udah pindah jadi content creator yutub. ndak usah mikirin lagi drama blogger kaya gini :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya aku juga dah pensiun dari youtube, akunku kena suspend (padahal dah menuju hampir 30K sub)

      Delete
  9. Punyaku turunnya ga parah-parah amat, wong emang udah rendah, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kalo rendah banget sekalian gitu malah aman ya, stabil gitu 😂

      Delete
  10. DA ku turun dari 27 ke 9
    tapi emang wajar soalnya banyak artikel aku copas dari tulisan di Kompasiana
    sekarang mulai ngukuti alias menghapus artikel di Kompasiana terutama yg PVnya tinggi
    semoga bisa naik lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh, meski yang kita kopas tulisan sendiri tapi dimata google itu tetep duplikat konten

      Delete
  11. Abaikan soal DA yang turun, toh DA saya pas di angka 30 ga ada yang nawarin job review, hahah, sekarang DA 19 ya woles aja, khahaha...

    bener mbak kalau memang udah terkenal ga peduli sama DA bakalan tetap ditawari job,

    iyee nih, nulis blog 1 hari 1 post, saya ga sanggup, saya cuma mosting 2 kali seminggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada yang nawari job review? wah kurang hit berarti. *hehe

      Lah mending 2 kali seminggu, ini aku malah gak tentu loh

      Delete
  12. Saya malah baru tau kedua istilah itu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah beruntung kalo dari dulu gak mikirin itu, ikut golongan kaum santai :)

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!