15 September 2018

Memotret Momen Indah Alami & Membuat Konten Kreatif Dengan Huawei Nova 3i Smartphone Idaman 2018

Ketak-ketik kali ini mau ngomongin soal hp, eh tapi jangan sebut hp sebut smartphone lah ya biar terbaca keren gitu. Dimasa kini smartphone memang sangat penting untuk eksistensi diri lewat foto-foto atau video yang instagramable, iya kan??? (*ce ileh sok eksis padahal miskin follower hahaha).

Dan mungkin bagi sebagian orang fungsi smartphone itu udah gak yang sekedar buat sms atau telponan, bahkan mungkin yang buat telponan atau sms sengaja dipisahin pakai hp khusus yang jadul sehingga smartphone kesayangan itu lebih banyak buat foto-foto, internetan, sosmed-an, nonton video atau main game.

Aku paling banyak pakai smartphone untuk memotret, internetan baca ini itu, buka sosmed, nonton video tapi jarang main game. Kalau ngeblog tetep pakai laptop karena ngeblog pakai hp atau smartphone gitu gak nyaman dan terlalu kecil gak bisa ngetik 10 jari.

Biasanya aku suka ambil foto macro atau jarak dekat misal memotret hewan kecil, bunga, tetes air dan lain sebagainya dengan kata lain aku kurang suka selfie. Memotret momen alami itu termasuk refreshing tersendiri selain ngeblog dan bersepeda. Dan beberapa waktu yang lalu (tepatnya bulan Februari 2018) aku sudah pernah bikin tulisan singkat tentang memotret momen alami untuk relaksasi dan alasan mengapa lebih pilih menggunakan kamera hp atau ponsel. Alasan yang pernah aku tulis itu discreenshot aja ya, yakni seperti ini:

Itu adalah alasan yang pernah aku tulis dan sekarang saat aku baca lagi kok alasannya berasa alay dan ngeselin gitu ya? Ide dari mana itu? Ya mungkin waktu nulis itu kemarin aku lagi stres, biasanya kalau lagi stres muncul ide-ide posting yang nyleneh macam itu. Meski alasannya alay serasa ngawur tapi semua itu benar-benar dari lubuk hati yang terpojok loh ya.

Aku memang gak punya kamera DSLR dan gak ada niat untuk beli, untuk sekedar mengambil gambar bagiku pakai smartphone itu lebih nyaman karena bisa dikantongin dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi dimanapun kapanpun kalau ada momen menarik bisa langsung cekrek-cekrek dan cekrek, lalu posting di IG @widhawatitok yang miskin follower itu.

Kegiatan sehari-hari aku hanya online aja dari pojokan, dan memang memotret sesuatu entah apapun itu adalah hiburan tersendiri saat bosan menatap laptop. Rasanya tuh asyik aja ketika bisa menangkap momen indah atau hal-hal tak terduga yang mungkin gak akan bisa ditemui lagi dilain waktu.

Aku tuh pengin banget beli smartphone baru yang kece dan bagus untuk foto ini itu atau mengambil video tapi kalau lihat daftar harganya gitu suka mendadak pingsan, *gak dhing gak sampek pingsan kok tapi paling ngelus kantong kosong yang nyaring bunyinya. Punya uang tapi masih sayang kalau buat beli. Sejauh ini masih bisa tabah dulu, sambil menghibur diri dengan harapan “kali aja suatu saat ada smartphone kece yang diskon gede-gedean”. Atau sementara nyicil ngimpi punya smartphone idaman dulu aja gitu.



Saat ini banyak banget smartphone yang menawarkan keunggulan masing-masing, nah kalau ditanya smartphone idaman tahun 2018 maka salah satunya adalah Huawei nova 3i. Dulu aku pernah pakai produk huawei tapi berupa modem dan ternyata ada juga smartphone Huawei.

Berasa ketinggalan informasi deh atau memang Huaweinya yang belum begitu merasuki pasaran Indonesia sehingga aku pun tak begitu tau? setelah aku baca-baca ternyata Huawei menempati posisi kedua sebagai merek ponsel terlaris secara global berdasarkan informasi yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) pada akhir Juli 2018 kemarin. Untuk pasaran di Indonesia memang sepertinya belum bisa nembus 5 besar tapi mungkin aja lama-lama nembus juga karena pasar global aja bisa tembus posisi kedua gitu loh.

Jika Huawei senantiasa berinovasi apalagi ngeluarin produk smartphone yang keren nan ngetren dengan harga bersaing atau bahkan bisa sedikit lebih murah pasti bisa deh cepet menguasai pasar. Tapi urusan pasar biar dipikir Huawei lah ya, mari kembali ke beberapa daya tarik smartphone idaman 2018 yakni Huawei Nova 3i yang menggoda banget, diantaranya adalah:


  • 1. Empat Kamera Canggih Berteknologi AI Untuk Hasil Yang Jernih, Tajam Serta Bokeh



Karena aku suka memotret pakai smartphone jadi hal pertama yang dilirik pasti adalah kameranya. Seperti apa sih kamera Huawei Nova 3i si smartphone idaman 2018 ini? Yang pasti terdiri dari empat kamera berteknologi AI. Dua kamera depan yakni 24 MP dan 2 MP serta dua kamera belakang 16 MP dan 2 MP. Dengan kamera canggih ini tentu mampu menghasilkan foto yang jernih dan efek bokeh yang mengagumkan.

Buat yang suka selfie pasti suka banget dengan kamera depannya yang 24 MP dan 2 MP karena hasil foto selfie bisa cantik alami nan menawan.

Bahkan dengan fitur HDR Pro yang canggih Huawei nova 3i mampu memberikan foto dan video presisi yang seimbang dengan pratinjau waktu nyata bahkan saat di bawah sinar matahari.

Nah kalau soal kamera aku suka dengan kamera belakang yang 16 MP dan 2 MP yang mampu menghasilkan efek bokeh yang profesional dan alami. Jadi ini pas banget buat aku dan pasti bisa banget buat menangkap momen indah saat sepedaan atau waktu main disemak-semak atau saat sedang kemanapun. Selain itu Huawei nova 3i dilengkapi 22 fitur yang otomatis bisa mendeteksi objek misal sepeda, sunset/sunrise, makanan, bunga, air terjun, pantai, teks dan lain sebagainya.



Dan karena fitur-fitur itu bisa mendeteksi secara otomatis maka orang awam sepertiku yang gak tau menau tentang dunia fotografi bisa aja menghasilkan foto yang jernih dan tajam serta bokeh.

Dilengkapi juga dengan mode 16X Super Slow Motion yang bisa menangkap momen dengan gerakan super lambat. Dengan demikian kita dapat merekam setiap gerakan yang mengesankan dan mengubah kilasan momen menjadi sorotan aksi dengan 480 frame per detik. Keren kan?

  • 2. Kapasitas Penyimpanannya Besar Hingga 128 GB



Selain kameranya yang canggih kapasitas penyimpanan internal Huawei Nova 3i sangat besar loh yakni 128 GB. Dengan demikian gak bakalan was-was atau takut kehabisan memori saat ambil banyak foto atau video.

Seringkali kan kita kalau ambil foto klik berkali-kali gitu kan? Dari sekian banyak foto yang diposting ke sosmed hanya satu atau dua dan sisanya dibuang sayang dan dengan  adanya kapasitas memori yang besar ini gambar-gambar yang dibuang sayang tetap bisa disimpan.

Selain itu dengan kapasitas penyimpanan yang longgar ini maka saat ingin ngoleksi game ini itu juga gak takut kehabisan memori, ya kan???? Karena install aneka game itu kan juga butuh tempat. Dan kapasita 128GB ini termasuk paling besar dikelas smartphone mid-range. Mantap kan?


  • 3. Desain Dan Warnanya Keren Serta Pas Disaku




Dari segi penampilan si Huawei Nova 3i ini nampak elegan dan mewah karena desainnya memang khas alias tidak sama dengan smartphone lainnya. Dikaca belakang yang anti gores itu corak warnanya indah dan ada bingkai metal yang terletak ditengah, intinya gradasi warnanya unik dan menawan.

Bagian depannya juga dilapisi corning gorilla glass yang anti gores. Ada dua pilihan warna yakni black dan iris purple. Aku suka banget tuh lihat yang iris purple warnanya benar-benar indah. Bisa dibayangin gak aku lagi ngorek semak-semak untuk cari buliran air atau penampakan hewan kecil dengan memegang Huawei Nova 3i? pasti rasanya makin percaya diri didepan rumput yang bergoyang. Jangankan didepan rumput dibawa kemanapun pasti makin percaya diri apalagi ukurannya pas disaku jadi gak ribet harus bawa tas atau tempat khusus karena bisa dikantongin.

  • 4. Performa Tinggi Dengan GPU Turbo



Si Huawei Nova 3i ini selain kapasitasnya besar juga dilengkapi dengan GPU Turbo yang akan memberikan pengalaman maksimal ketika bermain game. Dengan Ram 4GB dan GPU Turbo ini tentu main game lebih lancar dengan gambar yang mulus. Selain itu GPU Turbo ini juga bisa bikin daya lebih hemat 30%.

  • 5. Baterai Hemat Daya


Oke deh.... kamera canggih, kapasitas penyimpanan besar, tampilan mewah dan performa tinggi lalu soal baterai gimana? kapasitas baterai Huawei Nova 3i adalah 3.340 mAh dengan GPU Turbo dan teknologi AI-nya yang bikin hemat daya. Baterainya ini diklaim untuk pemakaian normal bisa tahan dua hari, pemakaian berat tahan sekitar hampir satu setengah hari. Bahkan kapasitas baterai 3.340 mAh ini juga diklaim mampu bertahan hingga 96 jam untuk memutar musik secara nonstop, 14 jam untuk nonton video, 21 jam untuk telepon di jaringan WCDMA dan 10 jam jika untuk browsing di jaringan 4G-LTE. Pada intinya untuk daya tahan beterai tergantung pemakaian.

  • 6. Ada Fitur Buat Lucu-lucuan




Fitur lain yang menurutku menarik dari Huawei Nova 3i ini adalah Qmoji. Dengan fitur ini kita bisa seru-seruan atau lucu-lucuan menganimasikan ekspresi wajah, gerakan, dan suara sehingga menghasilkan Qmoji dengan format GIF atau video yang dipersonalisasi. Buat yang kurang doyan selfie sepertiku mungkin fitur Qmoji ini bisa jadi alternatif buat seru-seruan atau misal mau bikin ekspresi wajah tapi malu bisa pakai Qmoji sehingga gak perlu pakai helm. Selain Qmoji ada juga sensor sidik jari, belanja online dan lain sebagainya. Berikut ini adalah spesifikasi Huawei Nova 3i lengkap singkat secara keseluruhan:




Memotret Momen Indah Alami dan Membuat Konten Kreatif Dengan Smartphone Idaman 2018


Kalau punya smartphone Huawei Nova 3i maka tentunya akan lebih maksimal lagi untuk menangkap momen-momen alami yang indah serta membuat konten kreatif berupa foto atau video. Rasanya begitu penasaran pengin nyobain kamera Huawei nova 3i, diantaranya:

  • Aku suka bersepeda pagi-pagi lihat momen terbitnya matahari dan aku pengin memotret matahari terbit dari sawah pakai Huawei Nova 3i, apakah hasilnya seindah aslinya?
  • Dan jika gunung merapi merbabu atau gunung kidul dipotret dari jauh dengan Huawei Nova 3i hasilnya bagus enggak? 
  • Lalu pengin banget nyobain kalau untuk ambil foto macro dengan Huawei Nova 3i gimana hasilnya, apakah bisa terlihat detail dan lebih bagus dari kamera hp jadul yang biasa aku pakai selama ini? 

Tentu semua rasa penasaran itu akan hanya terjawab ketika beneran punya Huawei Nova 3i. Intinya aku penasaran ingin mengeksplor kamera yang canggih dengan teknologi AI-nya itu. Soal objek fotonya entar bisa dicari, bisa digali, bisa apa aja pokoknya.

Meski bukan seorang fotografer tapi menurutku foto yang bagus itu dari dua faktor yakni karena kameranya memang bagus dan momen-nya bagus. Dimanapun dan kapanpun pasti ada aja momen alami yang bisa diambil, menarik atau tidak tentu tergantung sudut pandang masing-masing.

Bagiku memotret meski hanya menggunakan smartphone itu punya efek positif. Misal aku kan suka main disemak-semak ambil foto tetes air sisa hujan/embun atau hewan-hewan kecil. Nah bagi orang lain mungkin itu hal yang biasa aja bahkan mungkin dianggap aneh tapi bagiku itu hiburan yang luar biasa loh ya, dan manfaat positifnya diantaranya adalah:

  • Melatih KejelianClingak-clinguk di semak-semak atau sekitarnya itu bisa melatih kejelian untuk bisa menemukan objek foto yang menarik entah itu hewan, bunga, jamur, tetes air dan lain sebagainya.
  • Melatih KesabaranKetika sudah menemukan objek misal capung, untuk mengambil gambar dengan hasil maksimal tentu gak bisa grusah-grusuh alias tergesa-gesa. Harus pelan-pelan, penuh perasaan agar si capung enggak terbang. Atau misal ada tetes air maka untuk ambil gambarnya juga harus sabar karena kadang air keburu ketiup angin dan jatuh.
  • Melatih KonsentrasiMisal mengambil foto hewan capung atau laba-laba yang suka gerak-gerak maka harus konsentrai agar bisa klik dengan tepat disaat dia diam kearah kamera.

Ya gitu deh, seolah sepele tapi bermanfaat (terutama bagi diri sendiri). Dan kalau punya smartphone kamera bagus pasti lebih semangat lagi berburu objek fotonya. Ya kali aja kalau pakai Huawei Nova 3i ini aku makin banyak koleksi foto bagus lalu bisa dipajang di IG, terus kalau ditanya ini pakai kamera DSLR ya (karena beberapa kali ada yang ngira foto yang di IG itu diambil dengan kamera DSLR, padahal sih bukan)? Jadi entar dengan pedenya jawab “BUKAN, ini pakai Huawei Nova 3i!” (*eaaa…. Ngimpi… hahaha).

Tapi ngimpi gak papa dhing, karena orang ngimpi itu seperti halnya orang berkarya yakni bebas! Dan meskipun saat ini masih sekedar ngimpi tapi mana tau suatu saat beneran punya smartphone idaman tahun 2018 yakni huawei nova 3i, ya kan?????

Oh iya, kan aku gak begitu suka selfie terus si Huawei Nova 3i ini kamera depannya lumayan gede bahkan lebih gede dari kamera belakangnya, terus buat apa dong? Atau jangan-jangan setelah punya Huawei Nova 3i bakalan rajin selfie untuk memanfaatkan kamera depannya?


Soal selera selfie sepertinya seberapapun gedenya kamera depan aku tetep gak mau memaksakan diri untuk selfie karena aku tuh bukan tipe orang yang fotogenik. Jadi ya entar foto depannya tetep dipakai buat moto apa gitu yang penting bukan foto muka aku. Atau mungkin buka jasa selfie *Eaaa… ngaco deh, eh tapi yang namanya ide itu bebas.

Apa bisa ambil foto bukan selfie misal bunga atau objek apa gitu pakai kamera depan? Ya makanya entar kalau beneran punya dicoba-coba, karena orang kreatif itu harus serba bisa memanfaatkan sesuatu agar gak terbuang percuma.

Yah pokoknya memotret sesuatu itu bagiku adalah termasuk salah satu me time, kan orang bilang kita tuh harus bisa menikmati yang namanya me time gitu kan? Meski hanya secekrek dua cekrek tapi kalau hasilnya bagus kan bisa untuk update status. Dan seperti halnya ngeblog yang hanya ketak-ketik ide sederhana maka untuk urusan foto aku biasanya juga hanya ambil objek yang sederhana yang ada disekitarku, contohnya ya bisa dilihat di IG yang miskin follower itu yakni @widhawatitok.  Aku gak lampirkan foto yang aku posting di IG karena tutzzzzz (*sensor....). Mungkin nanti suatu saat kalau beneran punya huawei nova 3i hasil fotonya akan aku susulin dibawah ini:

[disini nanti akan dilampirkan beberapa hasil foto (seandainya aku punya) huawei nova 3i, untuk sementara anggap aja disini ini adalah hamparan form kosong karena aku belum punya smartphone-nya]

Terkadang foto yang kita posting di sosmed itu bisa menjadi bahan penilaian seseorang, misal aku sukanya posting foto tetes air atau foto hewan ya bisa jadi ada yang menilai aku adalah sosok yang aneh (*dan memang aslinya aneh sih hahaha). Posting foto-foto selfie pun bisa untuk membranding diri loh ya, misal ingin terlihat sebagai sosok yang gaul, fashionable atau traveller atau bahkan alay-er dan lain sebagainya. Contoh ngasalnya ada emak-emak sering datang ke acara ini itu lalu posting makan enak, tidur di hotel, nongkrong di cafe dan lainnya, entar tetangga sebelah atau teman lama ada yang bilang "wah sekarang udah jadi emak-emak sosialita ya". Padahal aslinya makan enak, tidur di hotel atau nongkrong di cafe itu dapat voucer gratisan atau yang blogger misal harus bikin postingan review diblog.

Ya pokoknya mau posting foto apapun terserah lah ya, yang penting bisa menahan diri untuk tidak bikin status nyinyir atau share hoax atau share sesuatu yang bisa mengundang perdebatan. Mending share foto-foto momen alami nan indah atau konten kreatif lainnya dengan smartphone idaman, ya kan???? Kita tuh bebas neko-neko asal positif gitu aja. 

Postingan Smartphone Idaman 2018 ini turut memeriahkan acara Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei

Ref:
-huawei.com
-yahyakurniawan.net
-gadgetren.com


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Memotret Momen Indah Alami & Membuat Konten Kreatif Dengan Huawei Nova 3i Smartphone Idaman 2018
4/ 5
Oleh

36 komentar

September 17, 2018 at 2:14 PM delete

Huawei Nova 3i ini emang menggoda banget, apalagi yang warna iris purple. Moga mbak bisa punya smartphone yang kece ini..😁

Reply
avatar
September 17, 2018 at 9:59 PM delete

Huawei Nova 3i memang sangat keren, aspalagi dari kameranya ituh, uh banget, jatuh cinta deh pokoknya

Reply
avatar
September 18, 2018 at 5:43 AM delete

iya betul kameranya bikin penasaran, memorinya juga gak bikin was2 :)

Reply
avatar
September 19, 2018 at 5:56 AM delete

Semoga menang ya mba, semoga ada kiriman Huawei Nova 3i ke rumah :D

Reply
avatar
September 20, 2018 at 4:55 PM delete

Hi Mba!

Ishhh menggoda banget warna si Nova ini (panggilan sayang), belom ketemu aja udah sayang, apalagi nanti dah dipegang :p. Keren ya kalo bisa foto makro kayak gitu. Tsakep sekali lah pokoknya. Semoga terwujud punya smartphone idamannya.

Salam,
Ogie

Reply
avatar
September 21, 2018 at 12:09 AM delete

lucu baca tulisannya. Hehe Semoga dapat hape huaweinya ya mbak. (Aku juga pengen. Hehe)

Reply
avatar
September 21, 2018 at 6:15 AM delete

Hi juga Ogie, biasanya aku suka warna hp yang item2 aja, tapi lihat nova 3i yang ungu itu kok jadi pengin :)

semoga kita sama2 bisa punya si nova jadi entar bisa beneran pegang :D

Reply
avatar
September 21, 2018 at 6:18 AM delete

Setelah beberapa hari posting kadang aku pun heran kok tulisanku gitu amat?? Mungkin waktu posting ini kemarin aku lagi stres karena pengin huawei nova 3i dan aamiin semoga dapet beneran dan kamu juga semoga dapet :)

Reply
avatar
September 21, 2018 at 10:53 AM delete

Klepek klepek aku liat hapenya kakak... aku mesti nabung dulu biar bisa membelinya..karena aku mupeng banget dah

Reply
avatar
September 21, 2018 at 7:54 PM delete

nabung sembari nunggu diskon :D

Reply
avatar
September 24, 2018 at 10:27 AM delete

SEMOGA JADI RAJIN SELFIE! HAHAHA :))

Reply
avatar
September 24, 2018 at 12:07 PM delete

astagah....haha (*selfie tapi pakai helm sih mending :D )

Reply
avatar
September 26, 2018 at 5:42 PM delete

Foto-foto pakai HP itu emang asyik ya. Simple dan praktis. Mudah dibawa ke mana-mana juga.


Iya, kalau punya HP Huawei nova 3i pasti hasil jepretan bakalan lebih keren lagi.

Reply
avatar
September 26, 2018 at 8:18 PM delete

Iya mb pakai HP lebih praktis, tapi tergantung profesi juga dhing. Ini kita (*cie ileh kita....) ngomong lebih praktis karena sebagai blogger bukan fotografer beneran :)

Dan iya semoga kita (*cie ilah kita lagi...) beneran bisa punya Huawei nova 3i biar sama-sama bisa menghasilkan jepretan yang lebih keren lagi :)

Reply
avatar
September 27, 2018 at 6:20 AM delete

fitur qmoji nya belum pernah coba :)

Reply
avatar
September 27, 2018 at 7:40 AM delete

Mantab ya ini bisa kayak begitu.... kameranya keren.. jadi pengen beli..

Reply
avatar
September 27, 2018 at 9:02 AM delete

iya fiturnya sepertinya menarik karena dengan fitur qmoji kayaknya kalau aku pengin ngevlog gak perlu pakai helm :)

Reply
avatar
September 27, 2018 at 9:04 AM delete

iya keren. Mau juga dong dibeliin *eaaa :)

Reply
avatar
September 27, 2018 at 9:51 AM delete

Itu kameranya 4, klo buat foto bahan blog atau bikin vlog sederhana, gak perlu repot2 bawa kamera mirrorless lagi
:D

Reply
avatar
September 27, 2018 at 11:21 AM delete

iya untuk sekedar eksis disosmed cukup pakai hp, foto cekrek-cekrek bisa langsung upload atau bikin video yang "halo gaesssss... " juga bisa langsung upload. :)

Reply
avatar
September 27, 2018 at 12:37 PM delete

Bener-bener bikin mupeng nih si Huawei nova 3i.. warna sama kameranya ga kuat buat kedip.. 😍

Reply
avatar
September 27, 2018 at 12:48 PM delete

gak kuat buat kedip berarti hawanya pengin melek terus sambil ngimpi pegang huawei nova 3i yang warna ungunya bling-bling :D

Reply
avatar
September 29, 2018 at 9:03 PM delete

Aku jga suka foto pemandangan alam gitu mbak, meski dengan smartphone, hehee
Smoga harapan memiliki smartphone impian terkabul yah mbak,
Salam kenal dari Bumi Jember ^_^

Reply
avatar
September 29, 2018 at 10:09 PM delete

Spek dan warna covernya menggoda.
Semoga dapat hadiah betulan samrtphone idaman kak.
Setelahnya unggah foto hasil gunain kamera smartphone terbarunya 😉

Reply
avatar
September 30, 2018 at 5:55 AM delete

Semoga kita smaa2 dapat huawei ya kak 💕💕

Reply
avatar
September 30, 2018 at 6:10 AM delete

Aamiin sama-sama terkabul punya smartphone impian :)

Dan salam kenalnya sudah diterima di bumi Klaten :)

Reply
avatar
September 30, 2018 at 6:14 AM delete

Iya spek dan warnanya menggoda. Aamiin dapet hadiah smartphone betulan. :)

Sudah ada teman yang makai tuh dan hasil foto macro-nya dengan huawei nova 3i itu memang bagus.

Reply
avatar
September 30, 2018 at 6:16 AM delete

Aamiin sama-sama dapet terus jadinya kembaran kayak upin ipin dong :D

Reply
avatar
September 30, 2018 at 9:09 PM delete

Kameranya besar dan memorinya juga, 128 GB, buat nyimpen foto dan video pasti muat banyak banget nih

Reply
avatar
September 30, 2018 at 11:17 PM delete

Hai...aku baru pertama main di sini. Ternyata blognya asyik.

Sama kayak huawei..asyik banget kayaknya klo dijadiin partneran hunting foto

Reply
avatar
October 1, 2018 at 4:54 AM delete

Iya gak takut tiba-tiba full memori :)

Reply
avatar
October 1, 2018 at 4:55 AM delete

Iya terimakasih ya sudah main ke sini :)

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!