22 February 2019

Beli Barang Dari Luar Negeri Via Shopee Lebih Murah, Tapi Aman Gak? Pernah Ketipu Gak?

Ketak-ketik kali ini lagi-lagi cerita tentang pengalaman belanja di Shopee. Kalo dihitung-hitung memang sepertinya aku paling sering belanja di Shopee. Tanya kenapa? Karena menurutku Shopee itu surganya pecinta receh, barang pritilan apapun tersedia di Shopee. (Tulisan ini sekedar berbagi pengalaman, bukan promo loh ya dan gak dibayar kok).

Nah ngomongin soal beli produk yang seller-nya dari luar negeri aku pernah nyoba beberapa kali via shopee. Anehnya beli produk dari luar negeri harganya lebih murah dan ongkos kirim juga lebih murah.



Aku pernah tuh beli bel tingting sepeda, produknya sama, kalo beli di penjual Indonesia paling murah 8rb dan ongkos kirimnya 27rb. Nah kalo beli dari luar negeri harganya 5rb ongkirnya 10rb, bahkan dengan belanja minimal harga tertentu ongkirnya bisa gratis.

Lebih murah beli dari luar negeri ye kan? Hanya saja butuh waktu sekitar semingguan barangnya baru nyampek. Tapi kalo aku sih gak masalah lebih lama dikit yang penting lebih irit, lagian produknya sama gitu loh.

Kelakuan recehku yang lain adalah ketika beli plester 2 biji doang aku milih beli dari cina. Cuma 2 biji doang? Iya, tapi aman-aman saja, tetep dilayani dan barangnya juga sampai dengan selamat kok.

Wah gak cinta produk Indonesia ya? Ya masalahnya kalo beli produknya dipasar pun juga aslinya made in cina gitu loh.

Belanja Online Meski Nyaman Tapi Tetap Harus Hati-hati


Meski beberapa kali beli produk luar negeri via Shopee tapi tetep harus hati-hati. Tanya kenapa? Apakah pernah ketipu?

Ya, aku pernah beli barang tapi pas nyampek produknya gak sesuai deskribsi. Aku iseng-iseng ngajuin pengembalian, awalnya dibalas tapi lama-lama gak direspon sama penjualnya. Dan akhirnya duit dibalikin tapi penjual gak minta produknya dibalikin. Karena memang kesalahan penjual.

Intinya saat itu aku tertipu diskribsi produknya, katanya dapet 6biji tapi cuma dikirim satu daong.

Kalau beli sesuatu memang harus baca baik-baik diskribsi produknya. Karena banyak produk yang diskribsinya menggoda tapi aslinya biasa aja. Ada pula yang misal di foto kelihatan besar tapi aslinya kecil. Atau yang tulisannya dapet sekian tapi pas dateng jumlahnya gak nyampek sekian.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika belanja online adalah ketika beli entah seller dalam negeri atau luar negeri perhatikan info tentang penjualnya, apakah dia sudah lama aktif atau belum. Lalu lihat juga review atau komen orang-orang tentang penjual atau tentang produknya.

Hal paling mengecewakan ketika belanja online adalah ketika barang sampai tapi tak sesuai harapan. Maka dari itu jangan sampai beli sesuatu hanya kepincut gambarnya yang menggoda.

Harga murah biasanya kualitas juga biasa aja, tapi harga mahal juga bukan jaminan kualitas super. Di shopee itu banyak kok produk sama, penjual kadang sama tapi pakai akun lain hanya harganya beda-beda.

Belanja paling aman memang datang langsung ke penjual jadi bisa lihat aslinya gimana gitu. Tapi jaman sekarang kebanyakan lebih suka beli online ye kan? Apalagi orang introvert sepertiku paling males kalo harus belanja atau beli sesuatu ditempat yang besar nan ramai. Dan tulisan ini bukan berarti menganjurkan "belanjalah sampai ke negeri Cina", ini tuh sekedar ketak-ketik dari pada gak posting gitu.

salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Beli Barang Dari Luar Negeri Via Shopee Lebih Murah, Tapi Aman Gak? Pernah Ketipu Gak?
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!