22 February 2019

Beli Barang Dari Luar Negeri Via Shopee Lebih Murah, Tapi Aman Gak? Pernah Ketipu Gak?

Ketak-ketik kali ini lagi-lagi cerita tentang pengalaman belanja di Shopee. Kalo dihitung-hitung memang sepertinya aku paling sering belanja di Shopee. Tanya kenapa? Karena menurutku Shopee itu surganya pecinta receh, barang pritilan apapun tersedia di Shopee. (Tulisan ini sekedar berbagi pengalaman, bukan promo loh ya dan gak dibayar kok).

Nah ngomongin soal beli produk yang seller-nya dari luar negeri aku pernah nyoba beberapa kali via shopee. Anehnya beli produk dari luar negeri harganya lebih murah dan ongkos kirim juga lebih murah.



Aku pernah tuh beli bel tingting sepeda, produknya sama, kalo beli di penjual Indonesia paling murah 8rb dan ongkos kirimnya 27rb. Nah kalo beli dari luar negeri harganya 5rb ongkirnya 10rb, bahkan dengan belanja minimal harga tertentu ongkirnya bisa gratis.

Lebih murah beli dari luar negeri ye kan? Hanya saja butuh waktu sekitar semingguan barangnya baru nyampek. Tapi kalo aku sih gak masalah lebih lama dikit yang penting lebih irit, lagian produknya sama gitu loh.

Kelakuan recehku yang lain adalah ketika beli plester 2 biji doang aku milih beli dari cina. Cuma 2 biji doang? Iya, tapi aman-aman saja, tetep dilayani dan barangnya juga sampai dengan selamat kok.

Wah gak cinta produk Indonesia ya? Ya masalahnya kalo beli produknya dipasar pun juga aslinya made in cina gitu loh.

Belanja Online Meski Nyaman Tapi Tetap Harus Hati-hati


Meski beberapa kali beli produk luar negeri via Shopee tapi tetep harus hati-hati. Tanya kenapa? Apakah pernah ketipu?

Ya, aku pernah beli barang tapi pas nyampek produknya gak sesuai deskribsi. Aku iseng-iseng ngajuin pengembalian, awalnya dibalas tapi lama-lama gak direspon sama penjualnya. Dan akhirnya duit dibalikin tapi penjual gak minta produknya dibalikin. Karena memang kesalahan penjual.

Intinya saat itu aku tertipu diskribsi produknya, katanya dapet 6biji tapi cuma dikirim satu daong.

Kalau beli sesuatu memang harus baca baik-baik diskribsi produknya. Karena banyak produk yang diskribsinya menggoda tapi aslinya biasa aja. Ada pula yang misal di foto kelihatan besar tapi aslinya kecil. Atau yang tulisannya dapet sekian tapi pas dateng jumlahnya gak nyampek sekian.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika belanja online adalah ketika beli entah seller dalam negeri atau luar negeri perhatikan info tentang penjualnya, apakah dia sudah lama aktif atau belum. Lalu lihat juga review atau komen orang-orang tentang penjual atau tentang produknya.

Hal paling mengecewakan ketika belanja online adalah ketika barang sampai tapi tak sesuai harapan. Maka dari itu jangan sampai beli sesuatu hanya kepincut gambarnya yang menggoda.

Harga murah biasanya kualitas juga biasa aja, tapi harga mahal juga bukan jaminan kualitas super. Di shopee itu banyak kok produk sama, penjual kadang sama tapi pakai akun lain hanya harganya beda-beda.

Belanja paling aman memang datang langsung ke penjual jadi bisa lihat aslinya gimana gitu. Tapi jaman sekarang kebanyakan lebih suka beli online ye kan? Apalagi orang introvert sepertiku paling males kalo harus belanja atau beli sesuatu ditempat yang besar nan ramai. Dan tulisan ini bukan berarti menganjurkan "belanjalah sampai ke negeri Cina", ini tuh sekedar ketak-ketik dari pada gak posting gitu.

salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Beli Barang Dari Luar Negeri Via Shopee Lebih Murah, Tapi Aman Gak? Pernah Ketipu Gak?
4/ 5
Oleh

33 komentar:

  1. Itu ongkir dr luar negeri beneran 10rb ? Atau kurirnya pas nganter paket minta tambahan gitu krn dr luar negeri.soalnya kakak ku pernah dpt paket dr suaminya yg kerja di korea suruh ambil sendiri di pos dan bayar 200 untuk ambil paketnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu asli dari luar negeri (China) cuma 10rb, bahkan kalau belanja banyak justru gratis ongkir

      Delete
    2. Mau tanya juga nih harga nya sama yg tertera di situ misalkan harga barang 200rb trs kit byr jg 200 rb jga ?

      Delete
  2. Kak kalo gak punya rekening kan, bayarnya kan lewat Indomaret gitu, nah pas barangny gak sesuai harapan kita bisa komplen dan uangnya bisa dikembalikan ke kita lagi,kalo pake rekening kan otomatis balik ke rekeninhnya nah kalo lewat Indomaret gitu uang yg dikembalikan nanti bakal ke mana kak? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dana masuk ke shopeePay, kalau mau ditarik harus punya rekening. Kalo gak ya dipakai belanja barang lain aja gitu.

      Delete
    2. Masuk ke menu shopeePay, kalau mau ditarik harus punya rekening. Kalau gak ditarik ya bisa dipakai untuk belanja barang lainnya.

      Delete
    3. Kalau deskripsinya original, misal sepatu adidas, setelah tiba dari luar negeri ternyata kw, komplain apa pasti bisa??

      Delete
  3. Saya mau nanya gan..
    Kan alamat saya daerah plosok..
    Saya mau belanja barang dari luar negeri..
    Apakah alamat plosok saya bisa di jangkau kurir shopee?
    Sistem kerja kurir shoppe gimana ya?
    Makhlum...blom prnah pakai shopee😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurirnya kan bisa milih waktu order misal pakai JNE, JNT atau Pos. Kalau selama ini daerahnya udah terjangkau oleh jasa2 pengiriman itu ya bisa.

      Delete
  4. Kalau pakek JNE , ketika barang nya Dateng , kita harus bayar ongjio lagi atau tidak kak ?

    ReplyDelete
  5. Aku kan mau belanja di shopee. Waktu aku chat ke tokonya. Dia bilang pesan tidak di dukung. Itu maksudnya apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kurang tau soal itu. Tapi kalo penjualnya luar negeri biasanya mereka gak bisa bahasa Indonesia

      Delete
  6. Kak kalo misalnya kita beli barang yang harganya mahal sekitar 3jutaan lewat shopee apa kita kena pajak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tahun kapan barang dari luar harga 3jt masuk gak kena pajak?
      Seingatku kalau tahun 2017 limit masih $500

      Delete
  7. Apa bisa retur barang dari Cina fi Shopee? Biaya pengirimannya mahal tifak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mahal, aku pernah sekali komplain ke seller luar negeri dari Cina dan waktu itu uang dibalikin tapi oleh penjual barangnya gak minta dibalikin.

      Delete
    2. Hi kak maaf mau nanya juga,
      Aku pernah belanja sepatu di shopee pengiriman dr china. Ketika sampai trnyata barangnya ga sesuai sama yang kita minta akhirnya ak mnta pengembalian dana. Penjual ga ada respon sama sekali sampai akhirnya ada notif bahwa dana akan d krm ke shopee pay dalam 15 menit. Nah stlh itu aku cek ada saldo masuk ke shopee pay ku. Nah dr situ tp penjual sama sekali tdk membalas diskusi saya dan tidak meminta saya mengembalikan barangnya. Apakah sayaaaa tetap harus mengembalikan barang tsb?

      Delete
    3. ini yang kemerin ngobrol via DM IG kan ya... *aku telat buka komen di blog ini :)

      Delete
    4. Uang sudah balik tapi apakah barang harus dibalikin?, tapi saya tidak tau alamat pengembalian yang dituju

      Delete
    5. ya itulah susahnya, kalupun disuruh kirim balik pasti biayanya mahal. Kalo misal gak dikirim balik berarti penjual yang rugi karena udah ngeluarin barang tapi gak dapat uang, ya kan. Tapi masalahnya juga penjual ngirim barang gak sesuai penjelasan yang bisa jadi merugikan pembeli.

      Delete
  8. Makasihh kaka infony, btw kita2 pada kaget dari luar negeri (CHINA) cuman 10rb aja yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... padahal China ma Jakarta jauhan Cina banget tapi bisa lebih murah gitu :)

      Delete
  9. Kak, saya tertarik pada salah satu produk yg ktnya dr luar negri, cm lom ad yg beli di tokonyq, jd lom ad reviewnya, bagaimana kita bs tau toko ini gak nipu? Mohon infonya kak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat aja profil seller-nya apakah sudah lama aktif atau belum. Kalau udah lama ya bisa lihat review dari produk lain apakah seller itu bagus apa enggak bisa dilihat.

      Delete
  10. Lagi cari² info, nemu bacaan gni menarik bngt.

    Kalo contoh di shopee.co.id, ada seller orang luar, ada seller indo tp dia beli lagi dari luar (preorder).

    Lebih baik mana, kalo kita pake aplikasi global seperti ebay, amazon, banggood?

    Rencananya sy mau beli hp seperti dogee/ umidigi/ elephone/ yu fly dri banggood.

    Kalo org indo di shopee sediain preorder mungkinkah mereka juga pake jasa seperti banggood?

    Kalo web seperti gudangimport, ga bs beli barang terlalu murah kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku pribadi sih tergantung barang yg mau dibeli, kalo barang macam plester, asesoris sepeda itu berani beli seller luar negeri shopee karena harga lebih murah dan resiko kalo barang kenapa-napa juga kecil, toh cuma plester gitu kan.

      Kalo misal mau beli hp atau barang yang riskan atau beresiko waktu pengiriman ya mending beli ditempat-tempat terdekat aja sih. Soalnya kalo beli online dari luar negeri entar kalo ada apa-apa mau balikin barangnya susah.

      Delete
    2. Mbak saya mau nanya donk. Aku belnja di cina nah pakai voucher gratis ongkir jd biaaya ongkirnya tu 0 sama skali tidak bayar. Namun, hanya dengn jasa pengiriman standar ekspres. Nah stndar ekspres itu kita ambil sndiri atau di antr sama kurirnya ya mbk. Biasanya saya pakai JNT JNE gk pernh pakai stndar ekspres. Jd bingung dngn stndar ekspres😌

      Delete
    3. Standar ekspres itu ngirim dari cinanya, entar kalo dah sampai di Indonesia diterusin pakai JNE. Jadi paket diantar sampai rumah oleh JNE gitu.

      Delete
  11. Kalo beli barang dari luar negeri alamatnya harus ditambah asal negara kitanya atau ngga perlu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat sesuai indentitas yang dimasukan kealamat pengiriman dishopee, misal alamat ndeso rt/rw Dukuh anu, Desa nganu, Kecamatan ngono, Kabupaten ngene. Seperti itu pun udah bisa sampai.

      Delete
  12. Kak kenapa klo dari luar negeri itu ongkirnya murah? Trus semisal aku beli barang dari luar negeri harga 5k trus ongkirnya 10k, ntar dimintain biaya ongkirnya lagi Ndak sih? Soalnya kan dari luar negeri..
    Soalnya aku rada takut kali aja di minta biaya tambahan ongkirnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga Ada biaya tambahan nga Ada Sama sekali tentang aja

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!