20 February 2018

Pengalaman Daftar Monetisasi Youtube Langsung Disetujui Tanpa Nunggu 4000 Jam dan 1000 Subscriber

Kali ini aku akan sedikit ketak-ketik seputar Pengalaman Daftar Adsense Atau Monetisasi Youtube Langsung Disetujui Tanpa Nunggu 4000 Jam dan 1000 Subscriber. Sebenarnya aku sudah gak mainan youtube lagi setelah akun utamanya kena suspend pada Januari 2018 yang lalu.  Sayang sih tapi ya aku iklasin saja, gak usah dibaperin meski subscriber-nya kemarin udah hampir 29ribu.



Ah sudahlah... lupakan akun yang kena suspend itu, lagi pula aku ceritanya 2018 ini mau move on kembali belajar jualan online gitu loh. Tapi tanggal 17 Feb 2018 malam-malam iseng buka akun lawas yang aktif gabung youtube sejak Juli 2015. Namun akun itu nganggur dan gak ada videonya sama sekali, aku baru masukin video 3 minggu sebelumnya, itu pun sekedar nyepam.

Awalnya aku gak memperhatikan sama sekali menu monetise, karena aku pikir syarat monetise youtube sekarang berat banget yakni nunggu 4000 jam tayang dan minimal 1000 Sub. Tapi entah mengapa tiba-tiba aja aku klik menu monetise dan terpampang nyata syarat yang berat itu serta langkah-langkahnya.

Dengan pedenya aku ikuti langkah 1, 2 dan 3. Dan aku syok ketika muncul pemberitahuan "selamat channel anda telah disetujui untuk monetisasi". Aku pikir ini youtube-nya bercanda. Lalu aku lihat di pengaturan video dan beneran loh simbol monetise-nya bisa jadi hijau seperti ini:



Padahal loh distatistik terlihat masih jauh dari persyaratan yang berat itu, ini statistiknya:



Itu cuma ada 2 video durasi beberapa detik yang aku upload 3 minggu sebelumnya (yakni dibulan Januari 2018) dan itu ada 2 sub juga yang nge-sub akun-ku sendiri... haha... *nelongso banget deh...

Aku gak tau sih kenapa ini terjadi, kemungkinan karena ini akun lawas dan kebetulan masih tercatat diaturan lama. Hanya saja url costumnya gak bisa diganti, padahal diakun itu aku pakai url costum yang alay banget, boro-boro satu atau dua kata yang mudah diingat orang, itu aku pakai beberapa kata yang panjang gak jelas dan gak enak banget dibacanya.

Yah pokoknya akunnya itu secara url gak bisa dipakai untuk pencitraan atau branding gitu lah.  Tapi ya gak papa dhing, lumayan buat koleksi atau simpenan, siapa tau suatu saat akun-nya bisa dipakai, yang pasti untuk saat ini tetep mau kembali belajar jualan online dulu.

Dan bisa dibilang bisa ngaktifkan monetisasi youtube tanpa nunggu 4000 jam dan 1000 sub ini hanya kebejoan semata. Buat teman-teman yang barang kali punya akun youtube yang aktif sejak dulu atau akun lama sebelum adanya aturan baru, coba deh dicek barang kali ternyata monetise youtube-nya bisa diaktifkan.

Dan sayangnya aku hanya punya satu akun lawas itu saja, andai saja punya banyak bisa dibagi-bagi hahaha... *ngayal.... ini punya satu akun lama aja udah semacam kebejoan yang luar biasa gitu kan...


  • NB: beberapa hari kemudian setelah postingan ini dipublis tiba-tiba status monetisasinya dibatalkan dengan alasan menyesuaikan dengan persyaratan baru. Namun demikian postingan ini tidak aku hapus karena sebagai tanda bahwa youtube pernah bercanda... hahaha..






salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Pengalaman Daftar Monetisasi Youtube Langsung Disetujui Tanpa Nunggu 4000 Jam dan 1000 Subscriber
4/ 5
Oleh

33 komentar:

  1. cek lagi hari ini bro. akun lama saya juga kena

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata youtube-nya bercanda, statusnya dibatalkan :D

      Delete
  2. Saya udah 3 bulan ini masih masa peninjauan...... 😁 😁 😁 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ikut menyesuaikan aturan yang baru. Dan kalau ditinjau belum tentu diterima :)

      Delete
  3. ANJAAAAAAY, gw baca udah seneng banget soalnya punya akun youtube lawas/lama,, trus gw cek satu video dan kuklik monetise dan ada tulisan layak.. TAPI pas gw baca lagi ni tulisan ada NB dibatalkan karena aturan baru,, lemes dah gw..... Amsyoong

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... iya kan udah aku kasih keterangan... ini kemarin waktu posting juga sambil girang, setelah beberapa hari kemudian tambah girang karena ternyata diajakin bercanda sama si yucub... :)

      Delete
  4. Waahhh youtube nya cuma bkin seneng orang sesa'at saja... Hahaa terus kapan ya akun youtube ane di candain juga oleh pihak youtube nya?!! Soalnya akun ane juga ada yg lawas sejak 2012 😃😆😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicandaain youtube itu berat udah gak usah diterusin :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. malah blm coba tapi klu baca dari komentar di atas ganti profesi ja

    ReplyDelete
  7. anjir gue aja sampai buang bnyak wktu nyari akun lawas kesana-ksini + blajar cara monetisasi, stelah aku baca blog ini, gue ngerasa sedih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tabah ya, intinya sekarang youtube itu berat untuk yang mulai dari 0. Tapi kalau semangat bikin konten terus ya gak mustahil bisa tembus 1000 sub dan 4000jam lalu aktif monetisasinya :)

      Delete
    2. tapi 4000 jam itu harus selama 12 terakhir ya ? misalkan kalau lewat 12 terakhir akan dihitung mulai dari 0 lagi ?

      Delete
    3. kayaknya gak dihitung dari 0 lagi, gak mungkin kan kalau harus tempat 12 terakhir. Asalkan sudah memenuhi 1000 sub dan 4000 jam itu pasti bisa ngajuin cuman ya gitu pas ngajuin tetep direview jadi gak langsung otomatis di terima disisinya si youtube monetesssss gitu....

      Delete
  8. Channel gua malah kena banned,gak tau tu knapa,pdahal smua video original hasil rekam sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang benar-benar original kan bisa mengajukan banding

      Delete
  9. Akun gw juga kena suspend udah dua bulan, padahal udah setahun monetesi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalahnya berkaitan dengan hak cipta biasanya masalah suspend bisa datang belakangan

      Delete
  10. punya uda nunggu lama ya sekitar 1 bulan..eh la kok tidak dsetujui pdahal subcrite uda 2 rb.knp ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal kenapanya ya aku gak tau. Tapi biasanya sih kalau youtube nolak atau mau mensuspend dll selalu memberikan alasan atau permasalahannya. Mungkin konten videonya dianggap bermasalah atau lainnya.

      Delete
  11. Mungkin account lama masih nyantol di "sistem" lama ya ? Atau benar menurut rumor yang beredar, kalau account tua itu lebih dipercaya ?

    Saya ada account youtube tahun 2006, tapi hasil beli, setelah dipikir2, takut pakenya, takut ada apa2 kedepannya... hahahaha

    Dulu soalnya pernah kejadian di jaman ngeblog, beli email plus adsense tua, ternyata setelah setahun kena suspend, katanya melanggar peraturan adsense, kalau dari segi blog sih ngga ada masalah, karena itu blog positif berbagi tutorial. Waktu kirim email meminta kejelasan, ngga dibales. T.T

    Nah bang, kamu kan pernah demonetize ya, tapi account tua-nya bisa dimonetize. Dua account itu atas nama dan alamat yang sama ?

    Aku takut sekarang monetize youtube ngga bisa, karena dulu Google adsense sempat di suspend permanent.

    Apakah berhubungan ? atau adsense youtube dan adsense blog itu berbeda ?

    Thanks ya, tolong dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adsense youtube mau akun tua atau baru tetep sama2 ikut aturan baru yakni minim 1000subs dll. Yang diatas kan udah aku infoin bahwa diterima hanya sesaat karena setelah itu dinonaktifkan lagi ma youtube.

      Aku dulu ada 2 akun youtube email beda tapi untuk alamat PO digabungkan jadi satu akun saja.

      Akun buat youtube adsense dan adsen web/blog itu terpisah, tapi waktu pembayaran biasanya jadi satu via akun adsen blog.

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!