17 February 2018

Kids Jaman Now Kurang Tontonan Yang Mendidik

Oke sambung lagi ketak-ketiknya, masih dalam rangka One Day One Post alias ODOP dimana tema sebelumnya seputar motto hidup dan aku sekedar posting Mantra Kehidupan Sederhana dan Gak Neko-neko baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hal ngeblog. Tema selanjutnya adalah penting enggaknya film perjuangan diputar untuk anak-anak jaman sekarang.



Jujur saja aku sendiri jarang nonton film tapi kalau disuruh ngasih opini menurutku, ini menurutku loh ya! film perjuangan itu penting untuk anak-anak sekarang atau dalam bahasa kekiniannya kids jaman now. Kenapa penting? Ya untuk mengingatkan bahwa dulu itu perjuangan para pejuang itu gak gampang, penuh pertumpahan darah dan sekitarnya.

Tapi masalahnya kalau film perjuangan dengan pertumpahan darah kan pasti pro kontra kalau disajikan untuk anak-anak. Mungkin ada yang bilang gak mendidik karena menunjukan adegan kekerasan, pemb*nuh*an atau hal-hal lain yang dianggap sadis.

Lagian kalau jaman sekarang ini jika film dikemas dengan nuansa perjuangan bakalan terkesan jadul, karena dengan kata perjuangan itu kesan pertamanya adalah ‘jaman dulu’. Dan lihat aja tuh film-film yang ngehit yang penontonnya meledak sekarang ini gak ada yang film perjuangan. Kalau ngitip datanya yang laris itu film macam Warkop DKI Reborn, Dilan, Laskar Pelangi (ini sih lumayan buat anak-anak), Pengabdi Setan, Ada Apa Dengan Cinta dll. Tapi ini bukan contoh film anak-anak dhing, di Indonesia contoh film anak-anak yang ngehit gitu apa sih? Petualangan Sherina? jaman kapan itu? Logikanya film yang bukan untuk anak-anak aja jarang yang bertema perjuangan gitu loh.

Mungkin misal kalau mau bikin film perjuangan perlu dikemas agar lebih kekinian, atau mungkin bikin film alay aja sekalian tapi disisipin nilai-nilai perjuangan atau pesan moral. Karena kids jaman now memang cinderung suka nuansa alay, jadi misal sekarang ini kan ada tuh anak-anak pada makan micin divideoin terus diposting di internet, nah mungkin bisa bikin film tandingan yang isinya disisipin pesan tentang makanan sehat buat anak-anak, terus dikasih contoh misalnya tokoh A pintar bukan karena makan micin tapi karena makan makanan sehat dan rajin belajar. Atau misal tokoh B terkenal bukan karena video alay-nya yang makan micin tapi karena prestasinya yang hebat.

Tapi ya apa mau dikata, orang jaman sekarang kebanyakan memang seleranya yang gitu-gitu, lihat tuh sinetron ceritanya tentang anak motor, genk, berantem, berandalan, rebutan pacar, saling bully dan sekitarnya justru ratingnya bagus. Dan jangan salah loh ya, penontonya itu banyak yang anak-anak. Mungkin ada orang tua yang sadar tentang efek negatif sinetron macam itu tapi banyak juga orang tua yang gak nyadar bahkan kalau nonton sinetron barengan sama anak-anaknya.

Ya mungkin kalau lihat kelakuan anak-anak jaman sekarang yang aneh-aneh gitu salah satu penyebabnya (sekali lagi ini hanya salah satu faktor yang mungkin menyebabkan) adalah banyaknya tontonan yang gak mendidik alias kurang tontonan dengan nuansa perjuangan, pesan moral atau hal-hal lain yang bisa memberi masukan positif.

Berharapnya sih ada yang mau menciptakan totonan positif untuk anak-anak gitu loh, gak yang cinta-cintaan mulu, beranteman, bully-bullyan dan semacamnya. Tapi ya itu tadi, apa mau dikata… selera kebanyakan orang sekarang memang gitu-gitu.


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Kids Jaman Now Kurang Tontonan Yang Mendidik
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"