10/08/2018

Penyesalan Setelah Sekian Lama Ngeblog Dan Aneka Cara Agar Dapat Uang Dari Blog!

Aku belajar blog tahun 2009, saat itu seneng banget ngutak-atik blog dan bikin banyak blog gratisan. Saat aku buka lagi blog lama atau postingan lama termasuk blog ini seketika dari lubuk hati yang terpojok aku merasa menyesal gimana gitu. Yah intinya melihat kembali blog atau postingan jadul itu justru akhirnya terjadilah penyesalan setelah sekian lama ngeblog dan ngaku jadi blogger. Duh Kenapa Bisa Nyesel Gini Ya?

Ngeblog ibaratnya adalah mengabadikan sesuatu lewat tulisan, dengan melihat postingan jadul itu aku bisa tau ternyata dulu gaya ngeblog-ku alay banget. Ada kata-kata yang aku sendiri gak ngerti apa maksudnya. Dan akhirnya blog atau postingan jadul yang tak terampuni itu aku delete aja, malu-maluin –hahaha-.

Aku heran kok dulu aku seperti itu ya? Sekarang memang merasa malu membaca yang jadul-jadul itu, tapi seingatku dulu aku kayaknya bangga dan merasa keren banget bisa nulis alay gitu –hahaha-.

Sekarang sih kalau posting kadang tetep alay bin lebay tapi seenggaknya gak separah dulu, kalau sekarang masih lebay itu biar tulisannya gak kaku gitu aja. Dan coba deh buat yang merasa udah lama ngeblog, lihat atau baca kembali postingan lamanya. Ada gak postingan yang bikin ketawa tapi nyesel atau merasa heran kok dulu bisa nulis sedemikian rupa??? Atau justru ada tulisan yang bikin mewek karena teringat yang anu-anu gitu?

Tapi ya sudahlah ya, memang kalau ingat yang dulu-dulu itu bisa jadi ada hal yang bikin nyesel namun tentunya ada juga hikmah-hikmah yang bisa dipetik. Misal seperti yang aku alami dibawah ini:

1. Gaya Tulisan

Soal gaya tulisan sebenarnya bebas gitu kan, apalagi blog personal pastinya suka-suka yang punya blog. Aku memang merasa malu ketika membaca ulang blog jadul yang gaya tulisannya tak terampuni itu tapi seenggaknya kini jadi tau bahwa soal gaya tulisan juga harus mikirin selera pembaca.

Dan maaf ya untuk blog ini bukan contoh blog yang baik karena memang gado-gado banget, selain itu gaya tulisannya juga tak menentu karena kadang ada postingan yang cuma haha-hahi doang tapi kadang juga sok bijak dan sekitarnya. Ya kalau dibandingin dengan blognya bloger-bloger keren yang niche-nya terarah dengan bahasa yang sopan itu jelas blog ini gak ada apa-apanya.

Jadi menurutku meski “gaya tulisan” ini seolah hal yang sepele tapi sangat perlu diperhatikan sejak awal ketika kita membangun sebuah blog. Apakah ingin yang formal atau yang santai? Kalau blog profesional ya tentu gaya tulisannya sesuai kaidah gak yang haha-hahi kebangetan gitu kan?

2. Tampilan Blog

Dulu aku mengalami masa-masa dimana ngeblog terasa keren ketika tampilan blog penuh animasi ini itu, ada efek-efek salju, ada jamnya, ada chat box-nya, ada apalagi??? Ya ada suara musiknya. Tapi sekarang kalau lihat tulisan animasi mentul-mentul kesana kemari gitu rasanya kok justru risih, apalagi kalau blog ada suara musiknya kadang bisa bikin kaget terus reflek tekan tombol x dipojokan alias close!

Tapi sepertinya bloger masa kini atau yang baru-baru mulai ngeblog tidak mengalami masa-masa tampilan alay, ya kan??? Karena sudah banyak tutorial atau wejangan dari para mastah bahwa tampilan blog itu yang penting simple dan gak kebanyakan widget yang bikin lemot.

Tampilan blog yang simple dan responsive itu selain gak bikin loading blog lemot juga bisa bikin pembaca betah main. Jadi selain gaya tulisan, menurutku tampilan blog juga sangat perlu diperhatikan ketika membangun sebuah blog.

3. Dapat Uang Dari Blog

Ada gak yang ngeblog tapi pengin dapet uang dari blog-nya? Ini aku banget, jujur saja dulu memang awal ngeblog selain melampiaskan hobi nulis (alay) juga ingin dapat penghasilan dari blog. Jadi meski ada penyesalan karena dulu awal ngeblog gaya tulisan berantakan dan tampilan blog juga sempat alay tapi ada hal lain yang gak bikin aku nyesel mengenal dunia blogging yakni sempat dapat uang dari blog.

Memang ada banyak cara untuk dapat uang dari blog. Aku bukanlah orang IT yang ahli dibidang web dan sekitarnya. Dulu aku belajar blog secara otodidak, sampai sekarang pun statusnya masih terus belajar. Didunia online ada banyak pilihan untuk menghasilkan uang dari blog (*sekali lagi dari blog loh ya bukan dari internet karena kalau dari internet artinya bisa lebih luas lagi). Nah, untuk tipe otodidak sepertiku berikut ini adalah beberapa macam cara agar dapat uang dari blog untuk pemula:


  • Content Placement

Sekarang ini banyak banget kan tawaran content placement? tapi biasanya blog yang dicari adalah yang domain sendiri alias bukan blog gratisan, selain itu ada kreteria yang lainnya seperti Domain Authority, Page Authority, Pagerank, Alexa Rank, dan lain-lain. Content Placement ini biasanya artikel sudah disediakan tinggal publish atau kalau mau diedit kadang juga boleh. Didalam postingan itu biasanya harus ada backlink tertentu sesuai permintaan klien atau pemasang. Jadi buat teman-teman yang ingin dapat penghasilan dari content placement blog-nya dibelikan domain dulu terus tingkatkan kualitas kontennya agar PA atau DA tinggi.


  • Job Review

Job Riview ini biasanya blogger diminta menulis ulasan tentang sebuah produk atau jasa. Atau misal blogger diundang ke sebuah acara lalu setelah itu menuliskan sebuah liputan atau review tentang apa yang dibahas diacara itu. Intinya blogger diminta untuk mempromosikan dalam bentuk tulisan dengan gaya bahasanya sendiri bahkan lebih bagus lagi kalau reviewnya nampak natural sehingga gak berasa sedang promosi gitu.


  • Affiliate dan CPA

Affiliate dan CPA ini serupa meski konon sih berbeda. Intinya blogger akan dapat komosi ketika ada orang yang beli produk atau gabung jadi member melalui link affiliate atau banner CPA yang dipasang diblognya. Contoh sederhananya adalah blogger bikin postingan yang sesuai konten affiliate atau CPA lalu didalam postingan itu dikasih link-nya dia, kalau ada yang baca postingan itu lalu klik link-nya kemudian terjadi aksi atau transaksi maka si blogger dapat komisi.


  • Lomba Blog

Nah ini salah satu cara menghasilkan uang juga nih, kan banyak tuh acara lomba blog dengan aneka hadiah yang menarik seperti uang tunai jutaan rupiah. Coba aja siapa tau aja beruntung gitu kan? sembari mengasah kemampuan menulis dan berkompetisi dengan blogger lainnya. Aku sendiri sebenarnya benci banget dengan lomba karena gak kunjung menang *hahaha.


  • Google Adsense

Adakah blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dari google adsense? Memang ada banyak pilihan tempat publisher tapi Google Adsense adalah salah satu tempat menghasilkan uang yang paling populer dikalangan blogger karena sudah jelas dan bukan scam. Meski aku awalnya ngeblog karena suka menulis ini itu, tapi jujur saja dulu itu salah satu motivasiku ngeblog adalah karena kepengin google adsense. Dan dulu itu untuk mendapatkan sebuah akun google adsense tidaklah mudah, aku berulangkali ditolak tapi tidak menyerah hingga akhirnya akunku disetujui penuh oleh google. Hanya saja untuk saat ini nilai per klik untuk blog bahasa Indonesia sangatlah murah.

Jika memilih google adsense untuk menghasilkan uang maka harus super tekun karena pada prakteknya tidak semudah membalikan telapak tangan. Harus bisa mendatangkan banyak visitor agar ada yang klik iklannya. 

Aku memang sempat menekuni dunia adsense tapi kini memutuskan untuk pindah haluan karena beberapa alasan. Dan dari google adsense itu aku selain memanfaatkan blog juga sempat dapet uang dari youtube. Bisa dibilang saat itu aku mengkolaborasikan antara blog dan youtube. Yah memang aku pernah menikmati masa senangnya dapet uang dari google adsense tapi akhirnya pernah juga menikmati masa sialnya yakni ketika akun youtube kena suspend.

Intinya kalau mau tekun google adsense selain harus tekun juga harus siap menghadapi resiko kalo-kalo kena suspend atau banned yang menyakitkan.


  • Jualan Online

Karena aku bukan orang yang ahli membuat web maka aku memanfaatkan blog untuk jualan. Tahun 2012 aku bikin blog untuk jualan. Kala itu aku baca tutorial tentang jualan online, intinya saat itu aku praktek cari produk yang unik dan yang belum populer atau belum banyak dijual online. Ketemulah sebuah produk tas etnik hasil kerajinan dari Jogja.

Berlahan tapi pasti makin banyak yang order tapi masalah mulai bermunculan. Lama-lama aku stres hingga akhirnya justru toko onlinenya aku tutup (dan sekarang menyesal hahaha....).

Nah bikin blog atau toko online untuk jualan itu perkara mudah, yang susah menurutku adalah bagaimana cara agar blog untuk jualan online ini bisa bagus dihalaman peringkat google? sehingga ada visitor dan dagangan laku.

Bagi para blogger pasti sudah tau jawabnya yakni belajar seo alias "search engine optimization", iya kan? belajar seo itu sendiri bisa dengan googling atau ikut pelatihan khusus tentang seo yang rata-rata biayanya tidak murah.

Memang sih untuk jualan online itu gak harus lewat blog atau web karena bisa juga memanfaatkan sosmed untuk jualan tapi gak semua produk efektif dijual via sosmed.

Misal produk dengan sasaran end user (pengguna akhir) seperti produk-produk kebutuhan sehari-hari sangat efektif dijual via sosial media dan produk yang aku jual sekarang sasarannya bukan end user jadi itulah mengapa aku harus lebih banyak belajar tentang SEO.

Aku sudah pernah ikutan ini itu biaya jutaan untuk belajar terutama belajar tentang SEO tapi kadang prakteknya yang berat dan susah fokus. Harus diakui bahwa salah satu penyakit burukku adalah susah fokus!!! Dan rasa resah, galau, minder melihat persaingan yang sudah ada kadang datang menghantuiku jadi harus pandai-pandai dalam memotivasi diri sendiri untuk terus belajar dan berusaha.

*cie ileh sok bijak - sok tabah, padahal jujur saja saat menulis postingan ini aku merasa antara ingin putus asa atau ingin tetep lanjut. 

Ya gitu aja deh, udah panjang juga ngetiknya. Intinya setelah sekian lama ngeblog hal yang bikin aku paling menyesal dan merasa malu adalah ketika aku buka atau baca lagi postingan lama yang gaya tulisannya sangat berantakan. Dan dari sekian lama ngeblog itu gak terasa aku melakukan berbagai usaha untuk bisa dapat uang dari blog, dimana semua itu butuh proses dan gak ada yang instant..

Dari sekian banyak cara untuk dapat uang dari blog aku cinderung milih google adsense dan jualan online karena memang minatnya disitu. Aku memang orangnya jarang ikut event, karena kebanyakan event blogger itu sekarang tempatnya di mall, hotel, cafe atau semacamnya dan jujur saja aku tipe introvert yang sangat aneh dan sangat merasa lelah ditempat-tempat seperti itu.

Yah intinya sih mau pilih cara yang mana untuk mendapatkan uang dari blog itu terserah, karena soal pilihan tentu tergantung minat dan sikon masing-masing, ye kan???


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

15 komentar:

  1. Kok agak aku agak gelisah ya baca judulnya, hehe

    ReplyDelete
  2. bahahaha, jaman pra-2010 memang jaman tulisan alay, huruf besar kecil, singkatan-singkatan ngga jelas, dan entah kenapa yang kaya gitu kok jaman dulu dianggap keren yah? coba saja tengok akun facebook pas awal-awal, pasti malu-maluin banget, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. akun facebook sekarang dah jarang banget bikin status padahal dulu dikit-dikit bikin status dan iya statusnya dulu malu-maluin hahaha... *entah mengapa makin kesini makin pemalu :)

      Delete
  3. Wh tp aku sk gaya nulisnya mba... Apalg aku ya yg br mulai 3 bln. Kdng sk isin sendiri bc blog aku yg rd alay jg... Tauk ada yg baca apa kgk... Kl mslh SEO.. Kelenger aku..udh bc sgl mcm.. Ttp syusyah 😆😆
    ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba entar baca beberapa tahu kemudian pasti makin isin lagi. Soal SEO aku selain malesan juga sukanya nulis semaunya padahal kalau SEO itu nulis semacam ada aturannya gitu.

      Delete
  4. Serasa nostalgia mba..blog pke musik haha.. saya juga ngeblog dr 2009 tapi sering mati suri..jadi nyesal kenapa g aktif dr dulu..skrg baru mulai lagi nih..mohon bimbinhanya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga newbie kok....
      Newbie abadi dari dulu blognya gini-gini doang...

      Delete
  5. Dari beberapa cara mendapat hasil dari blog kita yang disebutkan di atas, saya sedang belajar dengan cara ikut ikut lomba blog agar bisa mendapatkan penghasilan. Saya juga baru kenal dunia blogging 2018 akhir kemarin.

    Seperti yang admin bilang di atas pula, tulisan saya juga masih jauh dari kata sempurna. Saya ingin terus belajar agar tulisan saya bisa enak dibaca orang. Syukur syukur bisa enak dibaca dan panjang pula tulisannya, mirip admin di atas. :)

    ReplyDelete
  6. Seangkatan dan seperguruan newbie abadi. Wkwkwk.. entah kenapa tulisan blogger jaman old itu selalu memberikan "feel" tersendiri saat membacanya. Tidak bisa ditemui di blog - blog mainstream jaman now. Gaya penulisannya unik, tapi semacam ada joke joke khusus yang penyematannya itu unik. Hish... Pokoknya unik gitu Weh.. ribet banget akutuh mau nyampaikannya wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Saya pertama kali Nemu mbak wudha kalau gak salah di blognya komunitas detik ya...lupa2 ingat tuh..sekitar taun 2012 an..lalu saya follow blogger akun blognya di sini ...salaman hangat semua.mbak widha anda bagian dari inspirasi ngeblog saya thankss

    ReplyDelete
  8. Pertama saya baca blog mbak Widha di blogdetik kalau gak salah,sekitar taun 2011 atau 2012an..lalu saya ikuti hingga ke sini..salaman hangat mbak..dan juga rekan semua.

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong