13 March 2018

Pengalaman Blog Wordpress Kena Suspend Lalu Pindah ke Blogspot, Baca Ini Jika Kamu Ngeblog Di Wordpress Gratisan!

Ada yang pernah ngalamin ngeblog di wordpress gratisan lalu kena suspend? tanggal 11 – 12 Maret 2018 adalah pertama kali dalam sejarah ngeblog aku terkena suspend. Sekalinya kena eh kena semua, 2 hari berturut blog wordpress-ku lenyab. Kenapa bisa begitu? Alasannya karena blog-ku dianggap spam dan itu melanggar aturan di wordpress.



Ya gitu deh, aku kan newbie (*eaaa…) jadi gak tau kalau apa yang aku lakukan ternyata masuk kategori spam. Jadi intinya di blog wordpress-ku itu ada beberapa link yang mengarah ke blogku yang lain yakni di blogspot. Sebenarnya sih niatnya bukan untuk backlink tapi masih males ngetik jadi ya gitu kasih link aja biar gak repot. Eh lah ternyata jadi bencana.

Hindari Yang Dilarang Agar Blog Wordpress Gratis Tak Di Suspend 

Ngeblog gratisan di wordpress memang berasa lebih sensitif ketimbang di blogspot. Ada beberapa hal yang gak boleh dilakukan saat pakai wordpress gratisan, diantaranya:


  • Pasang link affliate
  • Ikut kontes SEO
  • Link file yang berhak cipta orang lain
  • Pasang Iklan
  • Postingan kopas
  • Digunakan untuk pemancing trafic ke blog lain
  • Dijadikan lapak jualan
  • Dll


Itu hanya inti-intinya doang, untuk selebihnya silakan baca sendiri aturan dari wordpress. Untuk blog-ku yang kena suspend itu kesalahannya mungkin masuk antara nomor 6 dan 7. Karena memang blog-ku itu aku pakai buat jualan, terus ada link yang mengarah ke blog yang blospot. (Tapi gak tau juga dhing, blog wordpressku yang gak ada link kemana pun juga kena suspend, mungkin karena gak pernah dibuka, begitu dibuka eh malah kena suspend).

Ketika blog wordpress gratisan ini kena suspend rasanya jauh lebih sedih ketimbang akun youtube yang kena suspend. Sebelumnya akun youtube-ku yang sub-nya udah hampir 29rb dan hampir 500 kena suspend semuanya tapi aku biasa aja karena memang dari awal niatnya cuma iseng dan gak nyangka juga banyak yang nyimak postingan-ku di youtube.

Tapi untuk blog wordpress ini kan buat jualan, ngetik huruf demi huruf, udah jalan hampir 3 bulan eh taunya kena suspend. *syakieet…. Hahaha, sungguh pengalaman yang asem tenan iki. Mau gak mau harus ngulangin dari awal lagi, jualan mulai dari enol, nunggu-nunggu index google lagi, ah pokoknya kalau dirasin capek deh…

Cara Pindah Blog Wordpress ke Blogspot

Ketika blog wordpress kena suspend itu gak yang langsung tau-tau binasa gitu, dikasih kesempatan buat login dan eksport file-nya. Dan akhirnya aku download file-nya lalu segera pindah dari wordpress ke blogspot.



Cara pindah blog wordpress ke blogspot gampang kok, file-nya itu tinggal diconvert dulu, cara aja di google “convert wordpress ke blogger” entar pasti muncul tempat-tempat buat convert file yang sebelumnya diunduh dari wordpress.

Kalau udah di convert tinggal login ke blogspot, cari menu setelan, pilih lainnya, klik import, pilih file yang tadi sudah diconvert.



Tunggu beberapa saat entar postingan yang sebelumnya ada di wordpress udah pindah semua ke blogspot. Jika sebelumnya dalam postingan sudah ada link ini itu dengan alamat wordpress yang kena suspend itu ya mau gak mau diedit satu-satu, atau kalau ada file gambar dari wordpress ya baiknya diganti atau upload ulang.

Kalau ngeblog di wordpress dan niatan sambil nyari duit dari iklan atau jualan memang lebih aman pakai hosting sendiri, kalau pakai gratisan ya siap-siap aja kalau kecium pasti kena suspend. Kalau jualan tapi gak masukin scrib atau link neko-neko sih sepertinya masih agak aman.

Akhir taun 2017 hingga berjalan ke 2018 ini memang kena badai bertubi-tubi. Pertama-tama harus berpisah blog ketak-ketik yang di blogdetik karena memang blogdetik akhirnya tutup. Terus disusul akun youtube kena suspend, lalu mencoba belajar jualan eh blog wordpess juga nyusul ke suspend.

Ya gak papa sih, karena akhirnya semua ini menjadi pengalaman bahkan bisa jadi bahan ketak-ketik postingan di blog seperti ini meskipun rasanya asem tenan. Tuh buat yang ngeblog gratisan di wordpress ati-ati kalo neko-neko siap-siap aja. Kalau pelanggarannya dianggap gak berat masih bisa diselamatkan kok, tinggal hubungi aja pihak terkait lalu curhatlah pakai bahasa inggris, minta maaf dan janji gak ngulangin kesalahan itu lagi. Entar kalau beruntung blog-nya bisa kembali ke pelukan.

Nah kalo blog-ku udah gak bisa diselamatkan karena pihak terkait bilang masuk kategori spam dan gak bisa diampuni. Oke byee….. *itulah mengapa aku langsung pindahan aja ke blogspot.

Kalau ngeblog di blog wordpress sekedar nulis curhat atau sejenisnya dan gak neko-neko pasang link ini itu pastinya ya aman-aman aja. Itulah sedikit pengalaman blog wordpress kena suspend, semoga teman-teman gak mengalaminya, tapi kalau ada yang ngalamin ya udah berarti aku ada temannya hahaha… *udah gitu aja.

Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Pengalaman Blog Wordpress Kena Suspend Lalu Pindah ke Blogspot, Baca Ini Jika Kamu Ngeblog Di Wordpress Gratisan!
4/ 5
Oleh

2 komentar

March 30, 2018 at 9:22 PM delete

WP ku malah hilang permanen Mba. Sdh dilakukan segala cara, tetap gak bs balik itu situsnya. Hiks

Reply
avatar
March 31, 2018 at 7:11 AM delete

duh parah kalau langsung permanen tanpa aba2....

*aku trauma ngeblog di wordpress

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!