13 June 2018

Bukit Patrum Wisata Klaten Dekat Rowo Jombor Sendang Bulus Jimbung! Asyik Buat Selfie!

Bukit Patrum Wisata Klaten Dekat Rowo Jombor Sendang Bulus Jimbung! Asyik Buat Selfie! || Udah lama pengin ketak-ketik seputar Bukit Patrum tapi baru sempet sekarang. Jadi buat yang sedang lebaran atau liburan pengin menjelajah wisata Klaten maka salah satunya bisa ke Bukit Patrum Krakitan Bayat. Karena wisata Klaten itu bukan hanya umbul ponggok yang super ngehit dengan ciri khasnya bisa selfie didalam air gitu ya kan.

 Bukit Patrum Bayat Klaten

Kalau mau geser ke daerah selatan terutama di kawasan Bayat itu ada wisata ini itu, misal yang baru-baru ada Bukit Cinta dan Watu Sepur. Tapi kali ini yang mau diketak-ketik adalah Bukit Patrum karena untuk Bukit Cinta dan Watu Sepur sudah pernah diketak-ketik disini.

Lokasi Wisata Bukit Patrum

Mungkin ada yang belum pernah kesana dan bertanya-tanya dimana lokasi alamat wisata Bukit Patrum? lokasi Bukit Patrum berada di dukuh Mojopereng, desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Bingung nyarinya? tanya mbah google map aja. Intinya kalau mau ke rawa jombor jalur timur pasti nih Bukit Patrum dilewatin.

Sejarah Omah Demit Bukit Patrum

Ciri khas dari Bukit Patrum adalah adanya rumah kecil diatas bukit yang sudah tak berpenghuni. Rumah kecil itu disebut rumah demit, orang bilang rumah itu misterius karena berdiri diatas bukit, orang heran gimana cara bikin rumah itu karena berada dipuncak bukit yang gak ada jalannya gitu. Berikut adalah penampakan Omah Demit Bukit Patrum.
 penampakan omah demit bukit batrum beserta sejarahnya
Ah... tapi cerita mistis itu hanya semacam mitos sih. Karena sesungguhnya yang dimaksud omah demit itu dulunya adalah gudang patrun atau mesiu (semacam bahan peladak). Bukit Patrum itu sendiri dulunya adalah bekas tambang gamping pada jaman Belanda.

Bukit Patrum Sebagai Tempat Wisata Selfie

Kegiatan tambang gamping itu resmi ditutup pemerintah pada tahun 2006. Nah mulai tanggal 28 Oktober 2017 Bukit Patrum atau Omah Demit itu dibuka sebagai tempat wisata yang bisa digunakan untuk wahana Selfie. Dari atas bukit kita bisa lihat kawasan rawa jombor dan sekitarnya, deretan gunung kidul pun terpampang nyata. Bukit Patrum makin dikembangkan jadi tempat wisata dan berikut adalah foto-foto (burem) Bukit Patrum (bisa klik geser kanan, karena ini foto aslinya diposting di IG @widhawatitok):



Yah karena saat itu aku datangnya petang dan nuansa enggak cerah jadi ya gitu deh remang-remang. Kalau mau lihat betapa beningnya Bukit Patrum ya silakan datang sendiri saja.

Wisata Lain Dekat Bukit Patrum

Nah kalau mau sekalian main ke tempat lain maka bisa mampir ke Rawa Jombor atau makan-makan di warung apung. Atau bisa juga ke Sendang Bulus Jimbung. Itu yang terdekat ya, kalau mau agak geser lagi ya bisa ke Bukit Cinta, Watu Sepur dan sekitarnya.

Kalau ada yang pengin tau gambaran diatas Photorium Bukit Patrum bisa dilihat via Video pemandangan di Bukit Patrum bawah ini:



Parkir dan Tiket Masuk

Biaya parkir motor ya seperti biasa aja yakni 2rb, lalu untuk biaya masuk 2rb per orang. Murah banget kan? Jelas murah meriah, mau selfie sampek capek juga boleh.

Terus? udah gitu aja! Itulah sedikit tentang wisata Bukit Patrum Bayat Klaten. Silakan buat yang belum pernah wisata ke Klaten bisa dicoba ke Bukit Patrum.

Salam Ketak-ketik,
dr pojokan


Related Posts

Bukit Patrum Wisata Klaten Dekat Rowo Jombor Sendang Bulus Jimbung! Asyik Buat Selfie!
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!