13 November 2018

Trik Receh Tapi Terbukti Hemat Untuk Belanja Online Di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bli-bli dll

Cie yang habis 11:11 alias harbolnas, udah borong apa aja? kayak aku dong, beli biji pare ma biji krokot. Maka dari itu kali ini ketak-ketik mau berbagi trik receh tapi terbukti hemat untuk belanja online di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bli-bli atau lainnya. Kok postingnya gak kemarin sebelum event 11:11? Kalau posting sebelum harbolnas takut dikira endors. *eaaaa… alasan



Kalo ngomongin belanja online sebenarnya saat ini aku di level yang setobat-tobatnya alias gak begitu minat ngikutin perayaan harbolnas atau semacamnya. (Lebih tepatnya sih ini antara tobat atau lagi pas-pasan *hehehe).

Aku gemar belanja online itu sekitar tahun 2015, hampir setiap marketplace dicobain. Di Tokopedia pernah beli buku dll. Di Lazada pernah jajan hp dll, kalau di Bli-bli itu pernah jajan laptop. Nah kalau di mataharimall dulu pernah macem-macem dari rak, meja, kursi, mainan dll. Tapi di Shopee juga sering, biasanya kalau di Shopee beli yang receh-receh. Di salesstok juga pernah nyobain.

Prinsip belanja online pada jaman itu adalah “cari yang gratis ongkir” selebihnya cari harga yang termurah. Seperti misal dulu di mataharimall itu aku berani beli meja, kursi dan juga rak karena saat itu lebih murah dibanding tempat lain dan kala itu memang benar-benar gratis ongkos kirim. Padahal barang-barang itu beratnya berkilo-kilo loh ya, kalau kena ongkir gitu biayanya ongkirnya doang bisa ratusan ribu.

Sekarang kalau promo gratis ongkir pasti syarat-ketentuan berlaku, bahkan dievent harbolnas pun penuh SK ye kan. Misal gratis ongkos kirim tapi hanya 20rb atau gratis ongkir sekian dengan minimal belanja sekian, terus sekian sekian dan terimakasih gitu lah.
Kini yang benar-benar gratis ongkos kirim tanpa syarat bisa dibilang punah alias ora ono.....
Nah kemarin ceritanya lagi nyari produk yang benar-benar dibutuhkan yakni pembersih kerak air. Produknya itu kan literan jadi ongkos kirimnya pasti kena banget. Sebelum hari 11:11 itu aku cari penjual yang dekat-dekat aja yang bisa diajak COD-an, tapi harganya per botol 50rb lebih bahkan ada yang 60rb. Padahal kalau di marketplace itu ada yang 35-40rb.

Jadinya pas momen 11:11 kemarin sengaja nyari yang ada promo gratis ongkos kirim. Aku bandingkan dari Toped, Lazada, Shopee dll. Akhirnya aku pilih di Shopee karena dapet yang lebih murah dan ada promo gratis ongkir meski syarat ketentuan berlaku. Di Shopee kemarin yang promo ongkir pakai J&T potongan 20rb.

Cara receh biar hemat sangat mudah yakni aku search nama produknya. Lalu di filter yang pakai J&T. Karena penjual terdekat gak ada jadi nemunya penjual luar kota semua. Ongkir ke tempatku kan rata-rata 27rb, kalau kepotong 20rb kan berarti tinggal bayar ongkir 7rb, kan lumayan hemat 20rb. Aku beli lebih dari sebotol, kalau aku beli ditempat yang sama otomatis ongkir jadi 7rb + 27rb jadi 34rb ye kan. Nah agar lebih hemat akhirnya aku cari toko lain, jadi masing-masing toko beli sebotol-sebotol gitu. Jadinya tuh beli produk yang sama tapi beda toko biar lebih irit.

Intinya trik receh ala ketak-ketik tapi terbukti hemat untuk belanja online entah di Shopee, Lazada, Toped atau lainnya adalah:

  • Wajib Cari Yang Ada Promo Gratis Ongkos Kirim (Jangan lupa baca syarat ketentuan berlaku agar tak tersesat kedalam kubangan promo yang intriknya lebih menjerumuskan ketimbang sinetron azab).
  • Cari Penjual Terdekat (Kalau ada yang se-kota aja biar bisa go send, COD atau semacamnya, kalau pun nemu yang luar kota ya minimal tetap memenuhi pasal nomor satu diatas).
  • Cari Harga Termurah Atau Minimal Lebih Murah (Bandingkan harga satu tempat dengan tempat lainnya, coba-coba di cek out mana yang paling murah ambil gitu aja. Oh iya, kalau mau beli misal hp atau produk lain ada yang pasang harga murah keterlaluan alias jauh dibawah harga pasaran maka lebih baik waspada karena di Shopee, Lazada dll itu ada yang seller gadungan).
  • Silakan tambahin sendiri sesuai sikon masing-masing(JANGAN LUPA BELANJA SESUAI KEBUTUHAN SAJA, JANGAN SAMPAI JADI KORBAN AZAB *eh PROMO!. Gak perlu tutup mata dan telinga tapi niatin aja dengan tulus iklas menjahui godaan promo lalu matiin hp, cukup dimatiin ya hp-nya atau pura-pura dilowbetin gitu, jadi hp-nya tuh gak perlu diinjek-injek).


Itu doang sih, jadi kemarin 11:11 aku hanya belanja recehan termasuk beli biji benih pare dan beli benih krokot. Kan dah masuk musim hujan, aku suka nanam pare karena gampang numbuhnya, kalau biji krokot itu karena aku lihat gambar bunganya bagus jadi aku coba beli, siapa tau beneran numbuh kan lumayan bisa dilihat buat cuci mata atau difoto-foto karena memang tidak untuk dimakan.

Dan akhirnya cukup sekian trik receh agar lebih irit saat belanja online. Dulu jaman gratis ongkir tanpa syarat belanja ini itu asyik-asyik aja, tapi sekarang jamannya promo penuh SK berlaku jadi ya harus lebih jeli lagi dalam menyiasati. Trik diatas hanya disarankan pada para pecinta receh, tidak dianjurkan untuk horang kayah.


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Trik Receh Tapi Terbukti Hemat Untuk Belanja Online Di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bli-bli dll
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!