11 February 2019

Alasan Gak Jadi Komentar Di Blog Lain Dan Apa Itu Nyepam?

Ketak-ketik ngasal kali ini ngomongin tentang Alasan Gak Jadi Komentar Di Blog Lain Dan Apa Itu Nyepam?. Ada yang hobi blogwalking atau jalan-jalan ke blog orang terus pengin komentar gitu? biasanya kalau komentar emang beneran tertarik sama isi postingan atau sekedar basa-basa doang biar dikunjungi balik. Atau sengaja nyepam? Pasti punya tujuan masing-masing gitu ya, ada yang memang karena suka baca postingannya terus nanggepin tapi pasti ada pula yang aslinya cuma basa-basi buat nyepam.



Aku diam-diam kadang main ke blog blogger lain. Sering kali tuh sudah baca postingan blog lalu pengin komentar tapi tiba-tiba gak jadi. Alasanya sepele sih, apa itu? Males login. Kadang aku buka atau baca blog itu pakai private browser biar gak masuk history.

Kan ada banyak tuh yang pakai blogger kolom komentarnya hanya untuk pengguna google alias harus login akun google.

Terus yang wordpress juga harus login akun wordpress. Belum lagi yang pakai disquss atau semacamnya. Kadang heran juga sih kenapa komentarnya disetting khusus pengguna gitu?

Kenapa gak disetting untuk semua, sediakan pilihan name dan url gitu loh biar gak perlu login akun tertentu. Apa kerena takut dispamin gitu? Kalo takut kerasukan banyak spam ya aktifin aja moderasi komentar.

Kalo ngisi name dan url itu sebenarnya juga mempermudah kunjungan balik. Sekali lagi MEMPERMUDAH KUNJUNGAN BALIK! karena tinggal klik gitu doang. Kalo misal pakai profil blogger itu gak langsung menuju ke alamat blognya ya kan?

Banyaknya blogger yang komentarnya hanya khusus pengguna itu mungkin gak sih karena ada yang belum tau gimana cara setting komentar? Mudah kok, misal nih yang pakai blogger tinggal masuk ke menu setting.


  • Bisa dilihat ada beberapa pengaturan yang bisa dipilih. Yang berkaitan dengan pengguna dan moderasi lihat yang anak panah merah.
  • Kalau yang anak panah kuning atas adalah kata atau sesuatu yang selalu ingin dimasukan ke dalam postingan, misal dalam setiap postingan aku selalu mengakhiri dengan kata salam ketak-ketik dr pojokan, jadi ketika klik new post otomatis didalam kolom new post udah ada kata itu.
  • Sementara yang anak panah kuning bawah adalah pesan dibawah atau diatas komentar, misal aku kasih pesan yang intinya jika komentar biar rapi isi name dengan jelas biar gak masuk spam.

Tapi soal pengaturan komentar ini terserah sih, karena ini tuh sesuai selera pribadi gitu ya. Setiap blogger pasti punya alasan masing-masing kenapa disetting begini atau begitu.

Kebetulan aku tipenya gak suka login, sukanya yang ngisi nama. Karena aku gak mau repot akhirnya juga gak mau ngrepoti sehingga blog ini moderasi aktif tapi semua orang bisa komentar, bahkan tanpa kate verifikasi.

Kelemahan komentar model name dan url adalah ketika ada yang manfaatin buat naruh backlink atau nyepam. Dalam SEO ada istilah yang namanya backlink. Ada banyak cara untuk cari backlink salah satunya adalah melalui nyepam atau ninggalin komen di blog orang.


Contoh Nyepam Dikolom Komentar


Mungkin ada yang belum tau nyepam itu apa atau kayak gimana? Spam komen itu misalnya nama diisi Pengrajin Payung Surabaya urlnya https://www.payungin.com, terus kadang isi komentarnya cuma basa-basi bahkan gak nyambung dengan isi postingan. Misal komennya cuma ‘pertamax’ gitu doang, atau berupa pujian misal ‘info yang menarik, ditunggu postingan berikutnya’. Intinya kolom nama itu tidak diisi nama orang tapi diisi text sesuai kata kunci yang dia incar. Kadang juga namanya diisi kata-kata judul postingan (biasanya yang ikut lomba SEO tuh gitu).

Itulah mengapa kolom komentar blog ini aku masukin pesan yang intinya biar rapi komentarnya pakai nama beneran gak yang neko-neko.

Aku juga pernah nyepam kok, tapi sekarang kalau nyepam gak ke blog-blog personal. Karena nyepam di blog personal itu kurang elegan. Jadi misal komentar di blog pesonal ya enaknya pakai nama beneran gak yang aneh-aneh seperti obat-obatan atau anu-anuan murah dan semacamnya.

Dulu sih waktu awal ngeblog gak tau apa itu nyepam, jadi ketika dapet spam komen itu seneng banget bahkan komentarnya dibalesin satu-satu (*gak nyadar kalo dikibulin). Kadang ada kan itu yang bahasa inggris, dulu berfikir "wah pembaca blognya bule", (*padahal itu spam).

Waktu itu sebagai newbie emang polosku kebangetan dan kini setelah jadi newbie abadi aku udah mulai sombong, gak mau lagi dispamin gitu, enak aja loe!!!. Sekarang aku pasti tau kalau ada komen tujuannya nyepam terutama yang pakai nama aneh-aneh, tapi kadang masih aku makelumi jadi aku munculin komennya.

Ngomongin soal komen atau gak komen, kira-kira apa aja sih yang bikin para blogger itu ingin komentar di blog lain? untuk saling menyemangati? untuk saling belajar pengalaman? atau dalam bahasa kalemnya menjaga/memperkuat silahturahmi?. Atau misal udah ninggalin komentar di blog orang terus balik lagi ngecek komenku dibales gak ya, penasaran dibalesin seperti apa, gitu gak sih? terus males gak kalo komennya gak direspon? Atau males komen ketika udah beberapa kali pernah komen dalam sebuah blog? Banyak pertanyaan ini tapi jawab dalam hati aja gak papa, takutnya ada yang malu ngejawabnya. *hehe...

Yah memang ada banyak faktor yang mempengaruhi orang mau komentar atau tidak. Dan kalaupun gak ada yang komen bukan berarti gak ada yang baca, ya kan? karena ada juga pembaca yang memang tipenya itu cuma silent reader. Dan kalau bisa sih misal ada komentar ditanggepin, entah yang komen itu entar balik lagi atau enggak yang penting sebagai pemilik blog jadi terkesan ramah tamah (*sok pencitraan gitu deh).



Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Alasan Gak Jadi Komentar Di Blog Lain Dan Apa Itu Nyepam?
4/ 5
Oleh

8 komentar:

  1. Saya pakainya disqus biar yang niat komentar aja yang komen. Meski sebagian ga suka dengan disqus, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah loh ke blogmu dah ngetik komentar pas mau klik baru nyadar loh pakai disquss, terus aku gak jadi komen. Padahal sebenarnya dah niat komen loh....

      Oh iya, atau jangan-jangan yang pakai disquss itu karena bawaan template gitu ya.

      Delete
  2. wah karena niat jd kadang yang rumit juga dilakoni walau agak gimana gitu ya, kalau aku sih gak disetting

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumit itu ujian kesabaran ya mb, yang penting niat.... :)

      Delete
  3. kelihatan yang komennya basi basi kayak gitu cuma nyampah di kolom komentar. malah males sih padahal bikin postingan biar komennya atraktif semua jadi semangat buat balesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang terpaksa komentar dan orang yang komentar natural itu berasa beda gitu ya sebenarnya :)

      Delete
  4. aku kalau komentar tergantung mood sih. hehe. kalau lagi pengen komentar ya aku komentari kalau nggak ya sekadar baca-baca aja. kecuali ikutan list, ini wajib komen hukumnya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung pas baca ini lagi mood ya, akhirnya postinganku dikomenin deh :)

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!