12 February 2019

Cara Mudah Ngetik Postingan Blog Di HP Agar Ide Tak Terbuang Begitu Saja!

Aku biasanya kalau ngetik postingan blog di laptop karena jari-jari lebih leluasa bahkan sambil merem pun bisa ngetik. Dan jika ngebayangin ngetik di hp gitu kok rasanya males karena cuma main jempol doang. Tapi belakangan ini aku justru suka ngetik postingan blog di hp.

Kadang untuk posting memang masih suka pakai laptop biar marem aja gitu, atau kadang disimpen di draf terus pas online via laptop baru dibenerin terus diposting. Kalau via hp kan tampilan dasbornya minimalis. Dan aku sudah coba posting via hp dan memang agak sedikit kerepotan. Mungkin karena faktor kebiasaan aja sih, mungkin kalau sudah biasa juga bakalan semakin mudah posting blog di hp.

Aku suka ngetik di hp karena bisa ngetik kapan aja terutama saat mood-nya bagus, bisa sambil tiduran, sambil slonjoran, jongkok, tiarap dan pokoknya sekarepe dewe gitu lah. Ngetiknya juga bisa dimana aja, tapi gak yang sembarangan tempat gitu loh ya karena biasanya lancar nulis ditempat yang hening. Intinya saat ide datang bisa langsung diketik tanpa harus nunggu entar-entar kalau buka laptop.

Hal-hal yang biasa diketik di hp adalah postingan yang nulisnya tuh gak butuh referensi dengan kata lain ngalir gitu aja dari otak. Misal tulisan ini juga ngetiknya di hp karena sekedar curhat gitu. Biasanya ngetik di word dulu terus kalau udah selesai baru login ke blogger.

Dan kadang ngetik di hp itu gak berasa tau-tau banyak. Misal postingan curhat tentang pengalaman pertama nonton drakor, tulisan yang judulnya 4 Gambaran Memprihatinkan Kehidupan Pecinta Drakor Level Berat itu 1600san kata tapi gak berasa tapi tau-tau udah panjang. Saat itu ngetiknya lancar dan ngalir begitu saja.



Sejak ketak-ketik via hp beberapa ide tulisan yang sebelumnya ogah-ogahan mendadak rampung alias sudah terketik semua. Yah mungkin kedepannya harus membiasakan posting di hp biar lebih praktis dan gak perlu pindah ke laptop untuk posting.

Sebelumnya ketika belum ketak-ketik di hp justru ide sering ilang, mau ngetik gitu suka entar-entar kalo buka laptop. Kadang udah nyalain laptop duduk lama tapi halaman masih kosong alias gak ada sesuatu yang terketik. Ada yang pernah ngalamin yang kayak gitu?

Intinya agar ide gak ilang begitu aja dengan cara paling mudah adalah diketik saja di hp, lalu untuk postingnya bisa pilih 3 cara yakni:

1. Langsung Posting Via HP


Untuk cara ini memang agak perlu kesabaran karena halamannya tidak seperti ketika login di laptop atau PC. Kalau buka via hp pakai browser bisa sih disetting tampilan PC tapi tampilannya tentu terlihat sangat kecil. Buat yang sudah terbiasa mungkin posting via HP bukanlah masalah, tapi kalau gak terbiasa tentu berasa membingungkan.

2. Di Pindah Ke Laptop atau PC


Jika tidak mau ribet posting via hp maka pilihan lebih mudahnya adalah file hasil ketikan di hp dipindah atau dicopy ke laptop atau PC. Tinggal dimasukin ke new post, kasih label dll lalu posting.

3. Disimpan Di Draft Tapi Diposting Via Laptop atau PC


Nah kalau aku sukanya cara yang ketiga ini, yakni ketika selesai ketak-ketik di hp lalu login ke blogger dan dimasukin new post tapi tidak langsung dipublish melainkan disimpan sebagai draft. Nanti dipublikasikan kapan-kapan ketika buka laptop. Meski misal dalam satu hari bisa ngetik beberapa postingan tapi tetep aja sehari dipublish satu saja, gak dipublish semua gitu.

Mungkin ada yang merasa ah ribet, harus mindah-mindah gitu? kalo aku sendiri gak merasa ribet ngetik di hp karena tujuannya adalah agar ide gak ngilang begitu saja. Dan ya itu tadi, keinginan nulis kadang datang sewaktu-waktu bahkan kadang saat buka laptop justru gak ingin nulis jadi serasa gak ada ide gitu.

Yah kalo orang yang rajin sih biasanya selalu nyiapin lebaran kertas atau buku gitu untuk corat-coret saat ada ide. Tapi aku lebih milih pakai hp karena lebih praktis, bisa diketik di word terus tinggal mindah gitu kan. Nah kalo nulisnya dikertas harus ngetik ulang.

Lebih dari itu ada hal lain yang bikin aku males nulis ide atau sesuatu di kertas yakni tulisan tanganku tuh jelek. Tulisan tanganku gak napsuin banget gitu loh, gak bakat nulis rapi, liatnya pusing. Dulu waktu jaman sekolah sukanya pinjam catatan teman untuk diphotocopy. Kadang aku bertanya-tanya apa hanya aku yang hobi nulis tapi tulisan tangannya jelek? Entahlah. Untung kini ada word, notpad dan semacamnya jadi gak perlu pakai pencil atau polpen. Dan lebih suka ngetik di word itu karena ngetiknya gak harus online jadi internet off pun tetep bisa nulis gitu. Tapi intinya mau pakai cara apapun tergantung ke kenyamanan masing-masing, ya kan? udah gitu aja.


Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Cara Mudah Ngetik Postingan Blog Di HP Agar Ide Tak Terbuang Begitu Saja!
4/ 5
Oleh

12 komentar:

  1. Lah.. kalau saya malah ngeblog mya memang dari hp. Maklum belum mampu beli laptop.
    Dan kalau ngetik langsung di blogger nya. Kalau belum siap tinggal di simpan saja dulu jadi draf. Saya gak pernah ngetik artikel di tempat lain. Memo atau catatan misal nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren dong bisa aktif ngeblon walau via hp. Dan coba ikut lomba yang hadiah laptop siapa tau menang.

      Delete
  2. kalau aku ngedraft postingan pakai aplikasi bloggerpro gitu. jadi nanti di depan pc tinggal diedit-edit tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah coba itu aku, itu aplikasinya harus online gak sih

      Delete
  3. Belum pernah nyoba dari hp sih, kepikiran aja bakal pegel nanti. Tapi bisa dicoba lah sekali2 buat sekedar ngedraft doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu juga awalnya mikir ribet dan capek gitu tapi setelah beberapa kali nyoba ngetik ternyata asyik. Bisa kapan aja nulisnya, bahkan gak harus online saat ngetik.

      Delete
  4. Pernah sihbnyoba pk hp cm suka typo hi hi.. Sm sk hrs ngepasin foto gt yg kfgn hrs pas bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngetiknya di word gede2 kayak sms sih jadi gak begitu typo. Kalau gambar aku lebih suka ambil foto dari hp, kalau ukuran foto file besar ya dikompres dulu gitu.

      Delete
  5. sampe sekarang belom pernah nyoba kalau lewat hp, mungkin setelah baca artikel ini jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba siapa tau aja cocok, terutama saat pengin nulis tapi sedang gak buka laptop/pc

      Delete
  6. Kagum saya sama orang-orang yang bisa ngeblog dari HP, soalnya jujur aja saya gak bisa. Yang ada bakalan banyak typonya, apalagi kalo sampe harus ngedit gambar buat blognya segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ternyata udah banyak yang ngeblog pakai hp. Tapi aku pun kesulitan, ini sih aku cuma ngetiknya doang di hp kalau posting atau edit seringnya pakai laptop.

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!