16 February 2019

Ketika Introvert Belanja Merasa Curiga Dicurigai (Karena Diawasi Satpam)

Jika belanja atau beli sesuatu biasanya aku menghindari tempat yang ramai dan besar seperti mall, swalayan atau semacamnya bahkan juga pasar. Tempat yang terlalu ramai dan luas itu bagi seorang introvert sepertiku sangat melelahkan. Kalau di mini market seperti si mart-mart gitu sih mending dan justru sukanya kalo mampir-mampir ke si mart yang biasanya bertempat di pinggir-pinggir jalan tuh.

Aku memang tinggal di Klaten tapi masih sering main ke Jogja. Nah saat di Jogja biasanya aku suka ke sebuah mini swalayan tutz…. (anggap aja nama swalayannya disensor). Aku suka ke situ karena tempatnya gak begitu besar, barang yang dijual lengkap dan dari segi harga lebih murah ketimbang harga di si mart-mart.



Berkali-kali belanja disitu nyaman-nyaman aja, hingga suatu ketika pas muter milih-milih produk kok papasan ma satpam mulu. Kenapa satpam gak didepan? Waktu itu sih masih biasa aja. Tapi dalam hati ada benih-benih merasa curiga bahwa aku dicurigai.

Dikemudian hari aku belanja lagi, dari awal masuk hingga aku bayar lalu keluar masukin barang ke kranjang sepeda masih terus diliatin si satpam dari depan pintu. Oke fix, aku makin yakin ini memang gak beres. Karena disitu yang belanja gak cuma aku tapi kenapa rasnya pengawasan ketat itu hanya berlaku padaku?

Dikemudian hari aku datang lagi ke situ, naik ke lantai 2 nyari tas. Aku rasa itu satpam gak ngikutin, pas liat-liat tas gak sengaja menatap ke arah kasir dan badalah… si kasir ma satpam terpampang nyata sedang ngawasin aku.

Rasanya jadi gak nyaman banget, akhirnya aku ambil barang ngasal. Saat itu yang keambil buku gambar, aku ke kasir langsung bayar. Pas aku turun si satpam juga akhirnya turun. Dalam hati rasanya bersumpah tak ingin lagi belanja disitu, sambil mikir “ini beli buku gambar buat apa coba?”.

Kalo yang ngikutin pelayan toko gitu gak masalah, karena bisa sambil nanya-nanya ke si pelayan. Lah ini mini swalayan yang memang kalau belanja ambil sendiri tanpa harus didampingin pelayan gitu loh. Terus pas belanja diawasi mulu, udah gitu yang ngawasi satpam.

Sebenarnya mau diawasi sampek melotot bahkan sampek mata copot pun gak papa, orang aku juga gak nyolong (*hehe, sebel aku tuh). Tapi tetep aja rasanya gak nyaman, terasa gak dipercayai gitu loh. Aku sebagai pembeli mau setabah apapun tetep akhirnya kesel juga. Mending belanja ditempat lain aja.

Mungkin aku terlalu berlebihan, tapi ya mau gimana lagi. Rasanya tuh gak nyaman digituin, apalagi introvert itu memang bawaannya baper. Apa iya tampangku ini dimata mereka seperti tampang pengutil? Ah entahlah *hahaha….

Yang introvert ketika belanja ada yang punya pengalaman serupa gak? Atau yang gak introvert ada juga gak yang pernah digituin? Enak gak digituin?

salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Ketika Introvert Belanja Merasa Curiga Dicurigai (Karena Diawasi Satpam)
4/ 5
Oleh

2 komentar:

  1. Alhamdulillah saya blom pernah sampe diplototin satpam. KLo saya jadi introvert paling g enak klo lg belanja di supermarket dideketin mba-mba SPG produk tertentu. Dulu kadang suka gak enak dah dijelasin panjang lebar akhirnya ambil barangnya satu, meskipun ujung-ujungnya saya taro di rak depan (duh, maaf bgt y mba SPG).

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jarang banget ke supermarket, paling ke model-model minimarket yang gak ada SPG-nya. Iya kadang kalau ditawari gitu kitanya sungkan mau nolak langsung ya kan

      Delete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!