25 November 2019

Cara Cari Penginapan Atau Hotel Murah di Jogja Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cari Penginapan Atau Hotel Murah di Jogja Dengan Mudah dan Cepat || Aku sempat sempat jadi anak kos di Jogja beberapa tahun, kurang lebih sejak tahun 2009 hingga akhirnya tahun 2019 seratus persen benar-benar balik ndeso. Sebelum tahun 2019 udah sering dirumah hanya saja kadang masih ke Jogja walau hanya untuk bersepeda disekitaran malioboro. Kala itu aku memilih Jogja sebagai tempat merantau karena gak jauh dari rumah (Klaten). *gak niat merantau jadi yang dekat-dekat aja.

Jogja memang terkenal sebagai kota pelajar, banyak universitas favorit yang menjadi incaran para pencari ilmu. Meski tidak sekolah atau kuliah di Jogja tapi seenggaknya Jogja tetap menjadi tempatku untuk belajar, terutama belajar hidup mandiri, belajar blog, jualan online dan sekitarnya.



Jogja juga terkenal sebagai kota wisata, tapi sebagai golongan kurang piknik aku punya cara berwisata yang berbeda alias cuma nyepeda doang muter-muter beberapa ruas jalan di kota Jogja. Ya gitu deh, meski cuma nyepeda gitu-gitu doang tapi sumpah deh gak pernah bosan.

Kalau ngomongin tempat wisata atau tempat yang bisa dikunjungi disekitaran Jogja kota ada banyak pilihan, contohnya kawasan Malioboro, Benteng Vredeburg, Keraton, Taman Sari, kalau mau belanja murah bisa tuh ke pasar Beringharjo, wisata yang sangat cocok untuk anak-anak ada taman pintar dan gembiroloka. Kalau malam yang asyik buat jalan-jalan tuh ya jln Malioboro, Alun-alun Kidul (alun-alun selatan) yang biasa ramai dengan odong-odong, Alun-alun Utara biasanya ramai kalau pas ada acara seperti misalnya sekaten.

Lalu kalau soal kuliner yang populer itu gudeg ya, tapi aku dari awal ke Jogja hingga akhirnya balik ndeso gak pernah yang namanya jajan diwarung gudeg gitu. Ya gitu deh aku tuh seleranya cuma masuk angkringan jajan nasi kucing, masuk warung burjo jajannya mie instan, selebihnya warung soto.

Selaku blogger pendiam yang gak gaul awal-awal dulu di Jogja aku ikut gabung komunitas blogger Jogja walau jarang ikut ngumpul. Dan kala itu ada masanya aku jadi pejuang goodibag, dimana kalau ada event coba-coba ikut terus pulang-pulang bawa goodibag gitu. Tapi lama-lama aku mulai menarik diri terutama ketika sudah sering dirumah (Klaten), hingga akhirnya bulan Juli 2019 aku nongol lagi ikut event, dapat goodibag itu pasti tapi tujuan lain kala itu adalah untuk kesempatan jalan-jalan. Jadi saat itu memutuskan untuk menginap saja di Jogja walau hanya semalam.

Cari Penginapan Atau Hotel Murah di Jogja


Berhubung mendadak otomatis bingung mau nginep diamana? Dikosan ya gak mungkin-lah kan udah gak ngekos, kalau dikosan teman ya gak mungkin-lah kan aku gak punya teman *hehe gak dhing. Dari pada bingung akhirnya cari penginapan atau hotel murah di Jogja. Dan berhubung kini jamannya udah serba hp jadi gak usah ribet, tinggal manfaatin aja aplikasi buat cari dan booking hotel murah.

Entah mengapa aku lebih suka pakai Pegipegi untuk cari dan pilih-pilih hotel murah di Jogja. Karena menurutku Pegipegi mudah dipakai, pilihan hotel-nya banyak. Tinggal instal aplikasi, daftar lalu login dan pilih menu cari hotel.



Lalu pilih lokasi atau kota, tanggal check-in/out, klik cari kamar dah otomatis keluar banyak pilihan hotel murah di Jogja.



Untuk pembayaran hotel yang dibooking via Pegipegi juga mudah karena bisa pilih lewat transfer bank atau lewat minimarket. Ketika udah booking maka nantinya tinggal datang ke hotel lalu check-in tunjukin kode booking. Mudah kan?

Nah, kala nginep di Jogja malam itu aku manfaatkan untuk jalan-jalan di Malioboro lalu ke sekitaran titik 0. Kalau malam emang banyak yang nongkrong sih.



Ketika didepan kantor pos pusat Jogja seketika serasa teringat kembali saat-saat aku jadi buruh ketak-ketik dan mengandalkan gajian dari google. Lumayan kala itu tiap bulan dikasih surat oleh google untuk narik WU di kantor pos.



Setelah itu ketika ada acara lagi di Jogja akhirnya mutusin lagi untuk cari penginapan murah di Jogja dan pastinya mengandalkan Pegipegi lagi. Nah dibulan Agustus 2019 aku nginep lagi di Jogja dan setelah check-out mampir JEC bahkan sempat ketemu sebentar sama mbak Rahmi (emak irit), padahal kami kenal sejak ngeblog di blogdetik hingga blogdetik tutup kami baru ketemu tatap muka pertama kali dan langsung diajak foto yang padahal aku banci kamera alias syok kalau difoto, tuh liat anaknya mbak Rahmi juga sampai syok gitu *hehehe.



Bagiku aplikasi seperti Pegipegi ini sangat membantu, karena kita bisa cari dan pilih hotel kapan-pun dimanapun. Kita bisa membandingkan harga lalu sesuaikan dengan dana atau lokasi tujuan, ya misal kita ingin jalan-jalan disekitar malioboro ya tinggal cari aja penginapan atau hotel yang dekat-dekat situ yang sekiranya dananya sesuai anggaran. Dengan Pegipegi kita gak perlu door to door untuk cari atau banding-bandingin harga penginapan atau hotel. Selain harga juga bisa lihat review atau komentar orang-orang yang sudah menginap sebelumnya, komentar positif atau negatif itu juga bisa jadi bahan masukan untuk pilih hotel yang mana gitu loh, ye kan?

Kalo aku sih gak hanya di Jogja aja, karena ketika ke Solo atau bahkan Tawangmangu maka cari hotelnya pasti melototin Pegipegi, scrolllll atas bawah sampai nemu yang harganya pas (murah). Oke deh, demikian ketak-ketik kali ini, pengalaman sederhana ketika cari hotel murah di Jogja yang sayang kalau gak diposting.



Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Cara Cari Penginapan Atau Hotel Murah di Jogja Dengan Mudah dan Cepat
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!