17 April 2020

Efek Jangka Panjang Digigit Kissing Bug Setelah 15th Kemudian

Ketak-ketik kali ini tentang pengalaman pernah digigit kissing bug. Mungkin ada yang bertanya-tanya apa ada efek jangka panjang setelah digigit kissing bug? Aku sendiri gak tau pastinya. Tapi ini sekedar ketak-ketik kabar setelah digigit kissing bug 15th kemudian. Siapa sih yang gak deg-degan ketika dicium makhluk penghisap darah yang satu ini?



Harusnya sih serangga triotama ini ngisep darah sapi, kambing atau lainnya gitu ya kan. Tapi mungkin si kissing bug memilih untuk iseng dengan cara menghisap darah manusia. Ya layaknya manusia udah ada cumi, udang, slice beef daging sapi murah atau lainnya tapi ada aja yang makan daging klelawar.

Dulu aku digigit kalau gak salah tahun 2005, atau bahkan mungkin tahun sebelumnya pernah digigit tapi aku belum ngeh kalau itu namanya kissing bug. Yang pasti dulu itu rasanya super gatal dengan benjolan keras seperti memar. Kala itu aku penasaran cari-cari info, yang ada info-info mengerikan tapi kejadiannya diluar negeri. Konon efek digigit kissing bug itu bisa kena chagas gitu kan?

Baca ini itu nemu ulasan tentang kissing bug. Intinya gigitan kissing bug menjadi chagas itu jarang terjadi, chagas bisa terjadi kalau si serangga kissing bug itu menggigit terlalu dalam dan meninggalkan parasit digigitannya itu. Pada dasarnya memang iya gigitan kissing bug bisa menyebabkan penyakit chagas tapi kejadian itu sangat langka.

Tapi ada juga ulasan yang lebih mengerikan yang katanya gigitan kissing bug ini ada efek jangka panjangnya. Konon bisa kena jantung, stroke dll. Berita-berita yang nyeremin itu pasti bikin para korban ciuman serangga triotama ini kawatir ya kan? Nasib kedepan gimana??? Yang pasti soal mati hanya Tuhan yang tau.

Terus aku sendiri yang pernah digigit kissing bug bertahun-tahun yang lalu kini apa kabar? Saat ketak-ketik ini kabarku baik-baik saja. Ya anggap aja sudah 15th yang lalu digigit kissing bug tapi alhamdulillah baik-baik saja. Aku gak pernah sakit-sakitan, paling cuma kadang darah rendah tapi aku yakin itu bukan efek kissing bug. Darah rendahku bisa jadi karena kurang tidur, kurang makan, kurang gizi, kurang duit ^ah gak dhing, hehehe....

Atau barangkali 15th dianggap belum termasuk jangka panjang? Kalau belum dianggap terus pas-nya berapa dong, ini 15th berlalu pun aku sudah merasa tua gitu loh. Buat para korban ciuman triotama, sabar ya, kita senasib kok dan yakinlah kita akan tetap baik-baik saja, atau kita perlu bikin komunitas korban gigitan serangga triotama untuk saling kabar-kabarin? Kalau mau tanya kabarku gampang sih, DM aja ke IG @widhawatitok.

Postingan ini sekedar sambungan berbagi kabar dari postingan sebelumnya tentang "Kissing Bug di Indonesia Berbahaya kah?". Dimana dalam postingan itu ternyata banyak juga yang curhat pengalaman digigit kissing bug.



Salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Efek Jangka Panjang Digigit Kissing Bug Setelah 15th Kemudian
4/ 5
Oleh

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!