6/09/2022

Dulu Anti Tiktok Tapi Kini Main Tiktok, Kenapa? Karena Tiktok Bisa Menghasilkan Uang?

"Tiktok? Ah gak banget isinya cuma orang joget-joget gak jelas...", yah itulah tiktok menurutku pada waktu itu. Aku dulu anti main tiktok, tapi bak kemakan mantra "benci jadi cinta" kini aku malah lebih sering buka tiktok ketimbang IG. Akun tiktok-ku @widhadong.




Alasan aktif di tiktok sebenarnya karena butuh pengalihan aja sih, jadi pada suatu ketika aku bikin status video kucing lah ternyata ada yang gak suka. Begitu tau "OK" aku gak akan bikin status kucing lagi disitu. Sebagai gantinya aku posting kucing di tiktok. Kenapa ditiktok? Gak papa sih, pengin aja nyobain eh ternyata lumayan. *lumayan dapat lahan nyampah hehehe....

Cara Main Tiktok Agar Nyaman dan Menyenangkan


Hal yang dulu bikin males buka tiktok adalah banyak konten isinya orang joget joget gitu kan, tapi itu bisa diatasi. Caranya? Tinggal klik tahan videonya lalu klik gambar "hati retak alias tidak tertarik".


Pokoknya video yang tidak ingin ditampilkan diberanda atau feed tinggal diklik aja supaya tidak direkomendasikan atau dimunculkan. Jadi dulu itu ketika awal ngaktifin tiktok ada video embuh-embuh muncul langsung klik tidak tertarik, kalo video yang muncul sesuai minat aku biarin aja alhasil feed tiktokku isinya yang muncul ya video-video kucing.

Yah sebenarnya di tiktok itu isinya gak hanya orang joget doang sih, banyak juga konten positif seperti memasak, parenting, kesehatan dll. Tergantung minat kita apa, follow yang positif aja atau sesuatu yang sesuai minat. Tapi ya yang namanya sosmed ditiktok itu banyak juga konten sampah jadi ya pinter-pinternya aja milih.

Menghasilkan Uang Dari Tiktok


Lalu apakah tiktok bisa menghasilkan uang? Kalo aku sendiri belum bisa menghasilkan uang dari tiktok tapi terlihat jelas bahwa tiktok itu bisa banget untuk menghasilkan uang terutama yang followernya banyak, yah kayak di IG bisa endorse gitu. Bahkan di tiktok ada yang namanya tiktokshop, bisa buat jualan online. Bahkan kalo gak punya produk bisa pakai yang tiktok affiliate. Temen yang aku follow ada yang jualan di tiktok dan penghasilannya wow banget. Kalo tiktokshop aktif itu diprofil ada ikon gambar tas seperti contoh gambar diatas itu loh.

Aku ngaktifin tiktokshop untuk affiliate karena iseng pengin nyobain, tapi ya sepertinya susah untukku karena viewer postinganku tuh gak banyak. Karena pada dasarnya aku posting ditiktok hanya karena aku suka memvideokan kucing. Aku sendiri kadang heran, cuma posting video kucing durasi beberapa detik aja dalam waktu sekejab view bisa ratusan, padahal kalo diposting di IG, FB atau youtube susah dapet view segitu. Dan untuk akun lain yang sudah terkenal gitu view bisa puluhan juta. Seperti misal kucing yang namanya pororo tuh bisa diajak cari duit lewat tiktok. 

Buat teman-teman yang serius atau yang pinter bikin konten video silakan dimanfaatkan tiktoknya. Entah gimana algoritma tiktok itu tapi rasanya kesempatan dapat view banyak itu lebih memungkinkan, silakan dicoba. Di tiktok juga bisa loh buat naruh url blog.

Salam ketak-ketik, 
dr pojokan


Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!