2/10/2018

Belajar Jualan Online Dari Enol, Apapun Hasilnya Akan Menjadi Pengalaman Berharga!

Terkait resolusi tahun 2018 sudah pernah aku singgung dipostingan Jualan Online Vs Adsense, dipostingan tersebut aku sempat bilang ingin kembali belajar jualan online. Dulu memang aku sudah pernah jualan online tapi berhenti karena tergoda adsense, ceritanya dulu itu seneng banget pengajuan akun google andsense disetujui jadi semangat banget nyobain adsense tapi kini sudah merasa capek jadi ya itu tadi kembali belajar jualan online.



Kenapa belajar lagi, bukankah sebelumnya udah jualan online dan tinggal meneruskan saja? Karena saat ini memang aku ambil produk yang berbeda. Kalau dulu kan aku jual produk langsung ke konsumen, jual eceran gitu lah. Kalau sekarang jual produk souvenir yang gak eceran.

Jualan Online Yang Dulu

Sebenarnya aku suka-suka aja jualan produk eceran, peluang targetnya lebih besar tapi sisi puyengnya adalah harus menghadapai banyak konsumen yang tipenya beda-beda. Ada tipe yang santai tapi ada juga tipe yang ribet misal baru bayar udah langsung ngejar-ngejar nomor resi, baru sehari udah protes kok gak nyampek-nyampek? Dan protes-protes lainnya yang butuh kesabaran tingkat ubun-ubun. Selain itu, dulu terkendala masalah dengan supplier misal barang sering kosong dan sekitarnya.

Jualan Online Yang Sekarang

Nah, yang sekarang ini terasa beda dan lebih berat karena target pasarnya lebih sempit, sangiannya juga sudah banyak, berasa banget belajar dari enol lagi gitu. Tapi ya tetep di coba, untuk tahab awal jual souvenir payung dengan domain www.drpojokan.com dengan judul Aneka Souvenir Widhadong. Si domain ini dulunya blog personal lalu dari pada tidak pernah update ya udah dimanfaatkan untuk jual aneka souvenir seperti grosir payung murah Widhadong, grosir tumbler murah, grosir pulpen murah, jual notesbook murah, selain itu juga melayani konveksi kaos murah. 

Intinya di Aneka Souvenir Widhadong itu hanya menjual payung, tumbler, pulpen, dll dengan jumlah yang banyak, misal untuk kebutuhan souvenir promosi, souvenir ulangtahun, souvenir pernikahan, souvenir tahlilan dan lain sebagainya. Souvenir payung promosi itu misalnya teman-teman pernah dapat hadiah payung gak? Entah itu dari undian, beli produk tertentu atau ikut acara sebuah event. Payung itu ada tulisan nama perusahaan, logo, merek produk dan lain sebagainya, Itu namanya souvenir payung promosi.

Jadi yang sekarang ini targetnya pasarnya lebih sedikit, yakni ke perusahaan yang butuh souvenir atau ke perorangan yang sedang punya acara hajatan, atau ke penjual yang butuh barang dagangan untuk dijual ulang. Domain jualan payung onlinenya itu memang masih baru tapi sebenarnya pembuat payungnya udah ada bertahun-tahun sebelumnya.

Sekarang kan jual payung, enter bertahab jual produk seouvenir lainnya seperti misal tas spunbond. Ada yang tau tas spunbond? Teman-teman blogger yang rajin ikut event pasti tau, karena kadang ada sponsor yang bagi-bagi goodie bag dengan tas spunbond. 

Tahab awal ini memang masih butuh banyak belajar, proses belajarnya pun berlahan karena aku bukan tipe orang jenius. Masalahnya selain aku orang awam juga soal sangian sudah banyak, udah gitu pada jago seo semua tapi ya sudahlah, aku tetep semangat belajar (*sambil gemeteran dipojokan, ngeri lihat saingan… hahaha).

Aku mikirnya sekarang harus coba dan banyak belajar aja dulu, entar berhasil atau gagal tetep akan menjadi sebuah cerita gitu (bisa jadi bahan posting di blog entar..), jadi ya gak usah takut untuk mencoba. Intinya apapun yang akan terjadi anti bakalan jadi sebuah pengalaman gitu aja.


NB: Mulai 2019 udah gak jualan payung lagi, mulai 2019 hingga sekarang jual dori fillet Solo (Surakarta) dan Jual Slice Beef Untuk Grill dll Area Kartasura dan sekitarnya. 


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong