2/07/2010

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Lanjut lagi belajar tentang pemasaran, kali ini aku posting seputar Bauran Pemasaran atau Marketing Mix. Bauran Pemasaran atau Marketing Mix merupakan kombinasi berbagai unsur untuk bisa menjapai tujuan pemasaran atau marketing. Sudah tau kan tujuan pemasaran itu apa? kalau belum bisa disimak dipostingan sebelumnya tentang Tujuan Pemasaran!

Lalu apasih marketing mix itu? berikut adalah Pengertian Marketing Mix menurut Stanton, (1991:78): “Kombinasi dari empat variable yaitu kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system distribusi”.

Keempat unsur dalam Bauran Pemasaran atau Marketing Mix ini sering disebut dengan istilah 4P (product, price, place, promotion), dimana 4P ini termasuk dalam segmented marketing alias segmentasi pemasaran.


  • Product = menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat 
  • Price = Memberikan harga yang terjangkau 
  • Place = Memberikan kemudahan untuk mendapatkan produk 
  • Promotion = Mengomunikasikan kepada konsumen, misalnya dengan pengiklanan, penjualan tatap muka dll


Itulah ulasan singkat mengenai marketing mix. Cukup sekian dan terimakasih, adapun daftar pustakanya adalah sebagai berikut:


  • Stanton, William J. 1984. Fundanmentals of Marketing. Mc. Graw Hill International


Nah untuk keterangan lebih lengkap silakan hubungi perpustakaan terdekat.

Salam hormat,
IG @widhawatitok

Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong