2/07/2010

Tujuan Pemasaran atau Marketing

Mari lanjut lagi postingan seputar marketing, teori kenang-kenangan waktu jaman di Polines (kalau ada yang kuliah di Polines terus kesasar di blog ini, salam aja ya buat dosennya). Kali ini memasuki tema Tujuan Marketing atau Pemasaran. Kenapa sih harus ada pemasaran, Apakah Tujuannya?

Tujuan dari pemasaran atau marketing adalah untuk memenuhi kebutuhan, keinginan serta permintaan konsumen. Kebutuhan merupakan suatu keadaan yang tidak memiliki kepuasan dasar tertentu. Contoh dari kebutuhan antara lain papan, sandang, pangan, rasa aman, kesehatan, dll, dimana kebutuhan tersebut tidak diciptakan oleh konsumen ataupun produsen karena hal tersebut adalah kondisi manusiawi.

Keinginan merupakan hasrat untuk memenuhi kebutuhan yang lebih mendalam. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh produsen untuk memproduksi produk-produk sesuai keinginan konsumen. Contoh memenuhi keinginan antara lain orang Jawa yang biasa makan nasi tak akan pernah merasa puas alias kenyang sebelum mereka makan nasi, dengan keadaan seperti itu maka bisa dimanfaatkan oleh produsen, misal oleh KFC yang menyediakan paket nasi, padahal di Negara asalnya sana tak ada acara pakek nasi segala.

Permintaan yaitu keinginan akan produk tertentu yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membeli. Misalnya saja banyak orang yang kepingin punya mobil sport namun tak semua orang mampu dan bersedia membelinya (kalo ingin jualan mobil coba tawarin aja ke syeh puji).

Jadi produsen harusnya tak melakukan pengukuran berdasarkan keinginan saja melainkan harus mengambil yang benar-benar mau dan mampu membelinya. Jikalau produsen berhasil memenuhi kebutuhan,keinginan serta permintaan konsumen sudah barang tentu usahanya akan makmur karena pendapatan akan terus masuk dan jadilah keuntungan tanpa harus membuat konsumen merasa rugi. 


Cukup sekian dan terima kasih, artikel tersebut sekedar penjabaran sederhana jadi tanpa daftar pustaka yang pasti, untuk Daftar Pustaka yang jelas mengenai Tujuan Pemasaran atau Marketing saya persilahkan hubungi perpustakaan terdekat.

 
salam hormat dariku,
IG @widhawatitok


Related Posts

2 komentar:

  1. pagi mba ini saya ria saya boleh tau banyak tentang marketing mba

    ReplyDelete
  2. kalau mau belajar tentang pemasaran lebih banyak, gimana ya? apakah ada rekomendasi?

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong