5/21/2010

INFORMASI DARI MULUT KE MULUT (WORD OF MOUTH)

Lanjut lagi yuk postingnya, meski simple mudah-mudahan bermanfaat. Barang kali ada yang nyari tugas kuliah atau sekolah gitu. Sebelumnya udah bahas PERIKLANAN (ADVERTISING), PENJUALAN PERSEORANGAN (PERSONAL SELLING), PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION), HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC RELATION),

Sekarang lanjut lagi ke Bentuk-bentuk promosi yang ke 5 yaitu INFORMASI DARI MULUT KE MULUT (WORD OF MOUTH). Apa dari mulut ke mulut? ciuman dong? bukan itu maksudnya... hahaha.

Informasi dari mulut kemulut adalah bentuk promosi dengan cara menyebarkan informasi mengenai barang/jasa melalui obrolan dari seseorang keorang lain.

Dalam hal ini peranan orang sangat penting dalam mempromosikan barang/jasa. Pelanggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. Dengan kata lain, pelanggan tersebut akan berbicara dengan pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalaman dalam menerima jasa tersebut, sehingga informasi dari mulut ke mulut ini sangat besar pengaruhnya dan dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dengan aktivitas komunikasi lainnya.

Dari sekian banyak pelaku bisnis yang ada, banyak yang mengandalkan promosi dari mulut kemulut ini, contohnya sebagai berikut:


"Saya belum pernah coba pasang iklan, kalau pasang iklan takut biayannya mahal dan alahamdulillah masih banyak orang yang datang kesini meskipun Cuma sekedar liat-liat tok. Hingga saat ini saya hanya mengandalkan informsai dari mulut ke mulut saja."

Demikian dikatakan Ibu Lukman, salah satu pemilik tempat kos di Kota Jogjakarta. Untuk menjalankan usahanya, Ibu Lukman hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut.

Hal yang sama dikatakan pak Basuki, salah satu pemilik rumah makan di Jogjakarta. Bagi pak Basuki, informasi dari mulut ke mulut sangat ampuh untuk mempromosikan dagangannya. Keberhasilan ternyata bukan isapan jempol belaka saja, baik ibu Lukman maupun pak Basuki telah menikmati hasilnya. 
Dari informasi mulut ke mulut, tempat kos ataupun rumah makan itu selalu ramai didatangi pengunjung.

Selama konsumen memiliki pengalaman baik terhadap sebuah produk maka efek dari mulut ke mulutnya itu luar biasa. Promosi dari mulut-kemulut memang bisa diandalkan, untuk itu perlu diikuti dengan kualitas yang baik. Jangan sampai pelanggan yang datang kecewa karena apa yang mereka rasakan tidak sama dengan informasi yang diterima. Usahakan untuk membuat para konsumen puas sehingga mereka kembali membeli dan menceritakan kepada teman lainnya.

Salam hormat,

IG @widhawatitok



Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong