4/27/2018

Cara Unreg NIK Agar Tidak Lagi Terdaftar Dan Bisa Untuk Daftar Ke Kartu SIM Baru!

Peraturan baru daftar kartu SIM card pakai NIK dan KK sempat bikin heboh beberapa waktu yang lalu. Intinya pro kontra gitu lah, bahkan ada yang gak percaya peraturan itu bakalan beneran diterapin. Aku sempat lihat status teman di facebook yang katanya gak mau daftar pakai NIK dan KK takut datanya disalah gunkan, dia bilang gak takut kalo diblokir, katanya kalo sampek beneran diblokir dia gak mau pakai hp lagi alias cukup pakai nomor telpon rumah. *diam-diam aku hanya nyimak statusnya, heran aja sampek segitunya! Yakin gak takut diblokir???



Waktu terus berlalu dan ternyata beneran diterapin kan? Karena aku punya kartu perdana yang belum didaftarkan dan ternyata kemarin gak bisa dipakai untuk sms dan gak bisa dipakai untuk internetan. Setelah aku daftarkan baru deh bisa dipakai lagi.

Aku kembali ingat, temanku yang bikin status sedemikian rupa itu dulu apa kabar ya? Beneran Cuma ngandelin telpon rumah? Gak mau pakai kartu SIM card lagi? *entahlah… karena aku udah unfollow fb-nya, aku males aja kalau lihat status fb isinya Cuma nyinyir ini itu jadi mending diam-diam unfollow deh.

Nah ngomongin soal pendaftaran kartu SIM card itu per NIK dibatasi maksimal hanya bisa daftar 3 nomor gitu kan? Tapi ternyata bisa di unreg loh! Jadi kalau misal ada nomor yang udah gak dipakai bisa diunreg aja, kalau udah diunreg maka kartu itu tidak lagi terdaftar dengan NIK yang bersangkutan dan dengan demikian NIK bisa untuk daftar lagu ke kartu SIM card yang baru. Dan dalam history atau riwayat dalam data base tetep bisa dilihat bahwa NIK itu pernah dipakai untuk registrasi nomor yang sudah diunreg itu.

Cara unreg setiap operator beda formatnya, bagaimana caranya? cara unreg NIK atau kartu SIM prabayar yang sudah teregistrasi itu adalah sebagai berikut:

Indosat Ooredoo
Cara unreg nomor Indosat bisa dilakukan via SMS dengan format UNPAIR#NoHP# Lalu kirim ke nomor 4444.

Telkomsel
Cara unreg nomor telkomsel bisa dilakukan dengan cara tekan Tekan *4444#, lalu Pilih opsi nomor 3, Masukan nomor NIK kamu, klik OK. Selain itu bisa juga via SMS dengan format UNREG#NoNIK kirim ke 4444. Misalnya UNREG#081200xxxx.

XL atau Axis
Buat para pengguna nomor XL dan Axis dapat melakukan unreg dengan tekan *123*4444#. Pastikan nomor yang digunakan adalah nomor yang akan di-unreg. Selain itu, pelanggan XL dapat pula menggunakan SMS dengan format UNREG#NoHP# kirim ke 4444.

Tri
Cara unreg nomor 3 beda dengan nomor lainnya yakni buka laman registrasi.tri.co.id. Pilih opsi Unreg. Masukkan infomasi seperti NIK dan nomor KK. Ikuti proses. Pada bagian akhir Tri akan mengirimkan kode khusus via SMS yang harus dimasukann ke dalam situs.

Smartfren
SMS ke 4444 dengan format UNREG#NIK#

Yah kalau aku sih jujur saja sebelumnya biasa gonta-ganti nomor untuk keperluan internetan, karena memang lebih murah beli perdana baru dari pada isi ulang paket internet. Sekali pakai buang gitu lah! Lalu sekarang gimana nasibnya? Ya mau gak mau entar pakai cara isi ulang, karena konter yang biasa jualan kartu perdana baru udah bilang gak bisa beli perdana lagi alias harus isi ulang. Si pak konter hanya akan ngabisin stok jualan kartu perdana internetan hingga bulan April 2018, setelahnya dia bilang udah gak bisa! *dalam hati bertanya-tanya, masak sih gak bisa? Mungkin tetep bisa hanya saja terbatas gitu kali ya.

Pantesan aja tukang konter sempat pada demo tarkait peraturan daftar SIM card pakai NIK dan KK karena pasti penjualan mereka berkurang, ya kan???


salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

1 komentar:

  1. This article provides clear idea designed for the new viewers of blogging, that actually how
    to do running a blog.

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong