3/18/2023

Jual Foto Di Shutterstock Foto Sepele Via Hp Bisa Laku Terjual

Ketak-ketik kali ini masih gak nyangka aja Jual Foto Di Shutterstock Foto Sepele Via Hp Bisa Laku Terjual. Bisa dibilang aku telat join ke Shutterstock, karena dulu mikirnya apa iya foto bisa laku mengingat penjual foto di Shutterstock sudah banyak dan foto mereka bagus-bagus pula. Sementara aku hanya hobi motret semak-semak dengan hp, sekali lagi cuma pakai hp tok loh ya.

Aku lupa kapan pertamakali mendaftarkan diri di Shutterstock tapi yang pasti saat itu jadi malas posting foto karena semua foto ditolak dengan alasan noise-lah, tidak fokus-lah, dll.

Hingga akhirnya coba posting lagi tanggal 24 Feb 2023 dan jeng..jeng.. ada foto yang diapprove. Otomatis seneng dong dan jadi semangat untuk posting lagi. 

Dan jeng... jeng.... akhirnya ada yang laku terjual tanggal 17 Mar 2023. Sudah jelas makin seneng dong, dan harus tetap posting lagi dan lagi.

Foto Dari HP Bisa Laku Dijual di Internet


Mungkin ada yang bilang halah murah gitu? Receh banget? Yah kalo aku sih seberapapun nilainya tetep seneng kok. Dulu ketika cari penghasilan digoogle adsense juga sangat receh banget, kalian tau dulu satu klik biasanya 0.03$ tapi alhamdullilah dulu dari receh itu kalo ditotal ada ratusan juta (tapi itu dulu loh ya, sekarang udah enggak, duitnya juga sudah kemana-mana gitu hehe..). Jadi kalo buat aku sih receh gak papa yang penting bersyukur dan seneng aja ngejalaninnya.

Jadi buat temen-temen yang pengin jual foto di internet salah satunya silakan coba Shutterstock. Proses jual foto di shutterstock menurut versi ketak-ketik:

1. Daftar Akun dulu ke Shutterstock

Link Daftar akun Shutterstock Klik Disini

Silakan isi data diri dll. Untuk posting bisa via web dan bisa via hp. Aku biasanya kalo posting foto hanya via hp. Download aja aplikasi shutterstock diplaystore.

2. Posting Foto Sebanyak-banyaknya.

Jika foto yang ingin dijual ditolak harus tetap sabar, pelajari kenapa ditolak. Ketika ada yang diterima tinggal pelajari oh ternyata kreteria yang diterima seperti itu gitu. Oh iya ketika posting foto untuk judul, deskribsi, keyword harus pakai bahasa inggris. Kalau gak bisa bahasa inggris? Gampang, tinggal pakai google translate.

3. Sabar Nunggu Foto Terjual

Mungkin ada yang fotonya sudah diterima bertahun-tahun tapi gak kunjung laku. Mungkin ada juga yang baru diterima eh besuknya udah laku. Kalo aku sendiri dari waktu foto pertama diterima hingga pertama laku butuh waktu 3 minggu. Tapi itu yang laku bukan foto yang pertamakali diterima, melainkan foto lainnya.

4. Sabar Nunggu Jumlah Pembayaran Terpenuhi

Pembayaran Shutterstock bisa pakai paypal, batas minimal 35$. Ini mending karena kalo google adsense minimal 100$.

Ya gitu doang sih, soal foto yang dijual di shutterstock sebenarnya bisa apa aja entah itu makanan, pemandangan, hewan, tumbuhan dll. Tapi kalo aku memang sukanya motret semak-semak atau hal-hal sederhana disekeliling. Kebetulan yang pertamakali laku itu adalah foto rumput. Rasanya 'sepele' gitu ya cuma foto rumput ada yang beli.

Kalo aku lihat di tiktok itu juga orang-orang jual foto di internet itu dari hal-hal sederhana gitu juga pada laku kok. Jadi yuk dari pada koleksi fotonya menuhin memori mending daftar dan jual foto di Shutterstock. Kalo laku lumayan buat penghasilan sampingan.


Salam ketak-ketik, 
dr pojokan


Related Posts

4 komentar:

  1. Inspiratif..terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  2. Inspiratif. Terima kasih sharingnya. Kalau boleh tahu apa merk hape yang dipakai buat foto?

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong