11/11/2010

Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul Jogjakarta

Beberapa hari yang lalu sempat eyel-eyelan ma teman masalah Suara Gemuruh yang terdengar di Klaten. Menurutku itu suara dari Gunung Merapi tapi temanku bilang itu adalah suara Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul Jogjakarta. Dia bilang seperti itu berdasarkan berita yang ia baca di Koran. Aku belum sempat dengar nama gunung itu sebelumnya. Barusan ini aku liat di metrotvnews.com yang memberitakan soal Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul Jogjakarta masih aman seperti yang dinyatakan oleh Ketua Pengelola Kawasan Ekokarst Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handoko. Berikut aku kopas ajalah:

Metrotvnews.com, Gunung Kidul: Gunung api purba Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak mengeluarkan asap akibat aktivitas vulkanik.

"Hanya diselimuti kabut pada pagi hari dan embun yang menguap ketika terkena matahari," kata Ketua Pengelola Kawasan Ekokarst Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handoko di puncak gunung itu, Kamis (11/11).

Sugeng Handoko berada di puncak gunung itu untuk memastikan kebenaran pemberitaan sebuah media online bahwa Gunung Api Purba Nglanggeran mengeluarkan asap dan suara gemuruh serta getaran.

Ia mengatakan, suara gemuruh dan getaran yang sempat dirasakan sejumlah warga di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran dimungkinkan bersumber dari aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah.

"Masyarakat di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran selama ini beraktivitas seperti biasa, tidak ada kepanikan," katanya.

Salah satu warga sekitar Gunung Api Purba Ngalenggeran, Gunawan, mengatakan pemberitaan di media terkait aktivitas Nglanggeran berlebihan. "Kami minta media jangan melebih-lebihkan karena dapat memancing keresahan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PB) Kantor Kebangpolinmas dan PB Gunung Kidul Sumaryadi mengatakan sudah mengetahui kabar yang menyebutkan ada aktivitas Nglanggeran.

"Kami sudah mendapat informasi tersebut, bahkan katanya ada anggota Komisi B DPRD Gunung Kidul yang sudah mengecek ke lokasi, namun kami masih belum dapat memastikan kebenaran isu tersebut, karena personel yang diterjunkan belum memberikan laporan," katanya ketika dihubungi melalui telepon.(Ant/BEY)

----------

Berdasarkan informasi diatas bahwa suara gemuruh yang sering terdengar diberbagai daerah Jateng Jogja itu adalah suara gemuruh dari Gunung Merapi.
salam hormat dariku,
wong_anTeng

Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong