Adaptasi Bukan Berarti Ikut-ikutan

Apakah anda termasuk orang yang gaul? atau kuper??? Entah gaul atau kuper pastinya pernah bergaul bukan? Pergaulan ini mencakup di masyarakat sekitar atau dilingkungan pendidikan atau mungkin lingkungan pekerjaan. Untuk mengenal lingkungan itu tentu butuh proses yang dinamakan adaptasi alias penyesuaian diri. Makin sering bergaul dilingkungan itu maka semakin cepat juga anda memahami lingkungan tersebut, sehingga anda bisa membuat penilaian apakah lingkungan itu sesuai selera anda atau tidak. Jika sesuai anda tentu akan merasa nyaman dan bentah dengan lingkungan itu, tapi jika anda tidak cocok bukan berarti anda harus meninggalkannya atau mungkin memaksakan diri untuk ikut-ikutan. Adaptasi Bukan Berarti Ikut-ikutan, kita menyesuaikan diri, apa yang sikiranya baik buat kita ya jalani aja kalau ada yang tidak baik ya tidak usah diikuti yang penting tetap bergaul dan jadi diri sendiri aja.

Memperluas pergaulan itu perlu agar pemahaman kita tentang lingkungan semakin luas, dan lambat laun akan semakin mudah pula bagi kita untuk menyesuaikan diri diberbagai lingkungan. Andai anda hidup dilingkungan masyarakat yang saling mengucilkan, itu bukan berarti anda harus ikut-ikutan jadi pengucil tapi tetap bergaul. Andai anda hidup dilingkungan kerja yang saling menjatuhkan, saling berebut cari muka dan lain sebagainya, itu bukan berarti anda ikutan carmuk, tetaplah bekerja dengan baik dan benar dan tak usah banyak mengeluh atas apa yang anda lihat dan anda rasa, justru anda harus bersyukur karena anda sadar atas apa yang anda lihat dan anda rasa sehingga anda tak terpikat untuk mengikuti lingkungan itu.

Adaptasi itu berarti kita yang menyesuaikan diri kepada lingkungan bukan lingkungan yang harus menyesuaikan kita. Seandainya kita sudah tau tentang suatu lingkungan, kita merasa tak cocok dengan lingkungan tersebut dan kita tak mau ikut-ikutan tapi pengennya lingkungan yang mengikuti kita, itu jelas berat. Jika kita tak cocok kemudian pergi dan mencari lingkungan baru berharap dapat yang sesuai dengan selera, itu berarti siap-siaplah berlari dan terus berlari karena dalam suatu lingkungan atau komunitas pasti ada enak endaknya.

Kalau anda paham tentang diri sendiri tentunya menjadi diri sendiri itu lebih nyaman dan tak akan mudah terpengaruh lingkungan, peganglah pendirian yang benar dan selalu belajar untuk menjadi yang lebih baik. Kalau aku sendiri memang tidak suka ikut-ikutan hingga tak jarang orang mengataiku orang yang aneh/gak normal, tapi tak mengapa, yang penting aku tetap bergaul dan berusaha jadi diri sendiri. Bagaimana dengan anda?

salam hormat dariku,

wong_anTeng

Comments