Home » » Cara Menulis Curricullum Vitae (CV)

Cara Menulis Curricullum Vitae (CV)

Bagi teman-teman yang sedang berburu lamaran kerja tentu harus menyiapkan segala sesuatunya dengan sedemikian rupa sehingga bisa lolos diterima diperusahaan Idaman. Saat teman-teman melihat info lowongan tak jarang lowongan yang menuliskan "Segera Kirimkan Lamaran dan CV ke .... Sebelum .....", Apa itu CV? CV kepanjangan dari Curricullum Vitae atau dalam bahasa normalnya disebut daftar riwayat hidup. Bagi para pemula mungkin bingung gimana membuatnya? Apa yang seharusnya ditulis? Kali ini Blognya Mbak Widha (BMW) akan berbagi seputar Cara Menulis Curricullum Vitae (CV) karena sering kali Blognya Mbak Widha memuat lowongan pekerjaan. Berikut adalah bagaimana Cara Menulis Curricullum Vitae (CV) yang baik:

*Tulis Sesuai Dengan Kebutuhan: Misalnya jika posisi yang teman-teman lamar adalah bagian ‘marketing’ maka teman-teman harus menonjolkan kemampuan komunikasi, bahasa asing, dan pengetahuan tentang pasar. Jika posisi yang dibutuhkan ‘sekretaris’ maka teman-teman harus menonjolkan kemampuan teman-teman dalam surat-menyurat, kearsipan, administrasi, dan dokumentasi.

*Tulis profil yang menjelaskan kemampuan atau keahlian: Bisa juga teman-teman jelaskan hobi yang menunjang keahlian dan kemampuan teman-teman. Lalu tekankan jenjang pendidikan teman-teman. Tidak perlu teman-teman jelaskan sejak Sekolah Dasar cukup sejak sekolah menengah sampai perguruan tinggi.

*Cantumkan prestasi pilihan: teman-teman bisa memasukkan 2 sampai 4 point prestasi terbaik yang pernah teman-teman dapatkan sehubungan dengan pekerjaan yang teman-teman tuju. Baik prestasi akademis maupun prestasi kerja.

*Cantumkan pengalaman kerja: Tekankan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang teman-teman lamar. Lengkap dengan masa kerja dan sedikit penjelasan tentang pengalaman kerja tersebut. Ingat, perusahaan seringkali mempertimbangkan pengalaman kerja seseorang untuk memutuskan diterima atau tidaknya calon karyawan.

*Hindari membuat CV yang fungsional: CV fungsional adalah CV yang biasanya mencantumkan daftar kemampuan dan keahlian plus sejarah karir yang panjang.Padahal CV semacam itu sangat klasik dan membosankan dibaca. Dalam membuat CV, usahakan membuat CV kombinasi yang memadukan kemampuan, prestasi, dan pengalaman kerja yang saling berhubungan.

Kurang lebihnya demikian, untuk wawasan yang lebih banyak bisa cari digoogle terkait Cara Menulis Curricullum Vitae (CV). Bikinlah CV dan juga lamaran yang menjual sehingga teman-teman bisa diterima oleh perusahaan yang bersangkutan. Tunjukan antusias bahwa temen-temen benar-benar serius ingin bekerja.

salam hormat dariku,

widhawati

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"