Tip-Trik Edit kode HTML

Terkait dengan belajar ngeblog Blognya Mbak Widha akan berbagi Tip-Trik Edit kode HTML. Bagi para pemula blogger seperti aku yang memulai semua dari enul, Belajar blog yang cukup bikin otak bureng mata pening adalah kala mengedit kode HTML. Dalam mengedit kode HTML dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang disertai kesabaran. Tapi sebenarnya jika memang sungguh-sungguh edit kode HTML itu bukanlah hal yang meyeramkan melainkan menyenangkan. Tapi bagi aku kode HTML teteplah jadi momox, sebagai orang awam mengenai bahasa HTML kadang bisa dengan mudah edit kode HTML tapi juga kadang pakek lama, berikut adalah Tip-Trik Edit kode HTML yang aku kira aman dan mudah untuk acara edit HTML.

1. Back-up dulu sebelum mengedit

Ketika teman-teman memasuki menu edit HTML di blog maka akan ada tulisan seperti dibawah ini:

'Sebelum mengedit template Anda, Anda mungkin ingin menyimpan sebuah salinan dari template tersebut.download template lengkap'

Tulisan ini mengingatkan kita agar mengkopi dulu sebelum mengedit, teman-teman bisa mengkopi dengan mendownloadnya atau mengkopi secara manual dengan crtl+A klik kanan copy paste di notepate ato di word.

Hal ini di maksudkan untuk berjaga-jaga dan siaga dalam menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja terjadi ke'error'an yang luar biasa dan teman-teman pun kualahan untuk memperbaikinya, kalo sebelumnya sudah ada copiannya maka sante saja soalnya dah ada cadangannya.

2. Contreng pada bagian Expand Template Widget

Jika teman-teman hendak membuat read more atau yang lainnya, sebelum mengedit HTML perlu mencontreng kotak Expand template widget agar bisa mendapati kode-kode yang hendak diganti. Jika tidak mencontreng terlebih dulu mustahil bisa menemukan kode yang dicari.

3.Gunakan menu edit kemudian pilih sub menu find on this page atau gunakan tombol ctrl+F dan masukan kode yang ingin di cari, cara ini adalah cara mempermudah dan mempercepat pencarian kode yang anda cari.

4. Jika proses edit bermasalah alias error maka pahami kesalahannya dan perbaiki kesalahan tersebut, setiap ada kesalahan edit HTML dah pasti ada peringatan kesalahan bukan? Dari situ bisa tau letak kesalahannya.

5. Jika memang sudah berusaha tapi tetap tak kunjung berhasil, janganlah terburu-buru putus asa tetaplah berusaha hingga berhasil.

Tip-trik edit kode HTML dari seorang awam ala Mblognya MBak Widha mungkin cukup lima saja untuk tip yang lain silahkan cari referensi yang lain agar nuansa pengetahuan juga semakin luas. Semoga yang sedikit dari orang awam ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan saja.

salam hormat dariku,

widhawati

Comments

Baca Juga

PEMASARAN LANGSUNG (DIRECT MARKETING)

Tugas Account Executive/AE

Kissing Bugs di Indonesia Apakah Berbahaya?

Siswa SD Joget Seronok, Guru Justru Tertawa Seolah Terhibur!

Belajar Menggunakan Google Plus/Google+