Artikel Blog Dicopas? Laporkan saja!

Selama aku ngeblog, baru kemarin-kemarin itu iseng ngelaporin blog yang isinya kopas dari blog-ku. Dan ternyata laporan itu bener-bener ditindak lanjuti oleh pihak terkait, meski yang dikopas hanya sebagian artikel tapi gambarnya juga diambil terus dikasih identitas seolah-olah itu gambar punya dia gitu. Beberapa hari setelah lapor, postingan-postingan yang aku laporkan sudah tidak ada lagi. Jadi Artikel Blog Dicopas? Laporkan saja! kususnya ini adalah pengguna fasilitas google alias di blogspot gitu, yang dicopas blogspot yang ngopas juga blogspot gitu bakal lebih cepat ditindak lanjuti. Kemarin aku praktek lapornya pakek DMCA google sih.

Soal terima atau gak terima bila postingan blog dikopas itu ya kembali kepada keyakinan dan kepercayaan masing-masing sih. Karena mungkin ada yang blogger memang sudah rela dikopas gak masalah, tapi mungkin ada yang gak rela bila blognya dikopas gitu. Nah, buat yang gak terima Artikel Blog Dicopas? Laporkan saja! atau kalo memang niat gak boleh dikopas bisa dipasang scrip anti kopas saja, cari saja di google, banyak sekali blog yang membahas tutorial cara pasang script anti kopas.

Kalo aku sendiri, ya kadang rela kadang enggak, kalo kemarin pas iseng ngelaporin itu mungkin pas lagi rada gak iklas jadi coba-coba komplain ke DMCA, dan ternyata serius ditindak lanjuti. Setelah tau dipostingan-postingan itu dihapus dari blog pengkopasnya, kini agak-agak menyesal, kasihan gitu. Tapi, ya mungkin bisa jadi pelajaran, biar gak kopas hingga gambar-gambarnya pun dikasih indentitas seolah gambar dia gitu.


salam hormat dariku,

widha utawi idha

G+

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"