Ciri-ciri Apakah Anda Cocok Jadi Pengawai Atau Pengusaha?

Biasanya masalah yang bikin galau itu kalau gak cinta ya terkait kerjaan. Gak kerja gak punya duit, kerja juga bingung karena mungkin ada tekanan, kejar target, dimarahi bos, atau apalah gitu. Kalau udah galau gitu biasanya muncul ketertarikan apa buka usaha sendiri aja ya? secara kalau buka usaha sendiri bisa lebih enak, gak diatur-atur oleh aturan atasan atau apa gitu. Tapi yang namanya orang itu emang beda-beda kok, ada yang memang lebih baik kerja untuk orang lain atau jadi pengawai gitu, lalu ada yang memang cocoknya buka usaha sendiri. Jika anda memiliki ciri-ciri sebagai berikut maka memang baiknya kerja untuk orang lain:

1. Tidak Suka Mengambil Resiko
Bila memang merasa tidak suka mengambil resiko karena takut kenapa-napa ya memang baiknya cari posisi aman saja. Karena kalau buka usaha sendiri itu sudah pasti ada resiko, kalo misal takut menghadapi resiko ya gimana gitu. Katanya Scott Gerber, pendiri Young Entrepreneur Council: “Orang yang takut mengambil risiko akan lumpuh oleh tekanan berita sehari-hari tentang apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah bisnis,”. Itu.....

2. Suka Membelanjakan Uang Demi Gaya Hidupnya
Nah, kalo misal diawal aja sudah begaya begini begitu, biar hidupnya tampil waow gitu, sementara usaha bisnisnya sendiri gak berkembang ya gimana gitu. Kalo kata Geber sih "Waktu, uang, dan sumber penghasilan harus disesuaikan dengan gaya hidup dan bisnis Anda". Jadi ya kalau buka usaha sendiri berarti harus siap-siap untuk tidak menggunakan pendapatan hanya untuk sekedar memenuhi gaya hidupnya. Terutama diawal usaha, karena lebih baik berhemat dahulu, mending konsen kembangin usaha bisnisnya dahulu.

3. Suka Pendapatan Tetap
Kalau anda merasa nyaman dengan mendapatkan penghasilan tetap ya baiknya tetap jadi pengawai saja karena kalau buka usaha sendiri itu hasilnya tidak tetap, terlebih diawal buka, kadang dapat kadang tidak. Nah kalau anda tidak siap dengan penghasilan yang tak pasti bisa-bisa nanti yang ada cuma gelisah dan gelisah. Kalau kata Geber sih “Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan gaji pertama Anda,”

4. Tetap Nyaman Meski Disuruh-suruh
Bila memang anda merasa nyaman ketika disuruh ini itu dan menikmati itu ya udah tetap jadi pengawai aja. Karena mungkin anda memang bisa sempurna melaksanakan visi misi yang diberikan orang lain gitu, sementara itu kurang bisa mengolah ide sendiri gitu. Kalau kata Geber “Bahkan para pendiri yang introvert harus mampu mengatur arah perusahaan, mengembangkan strategi dan mendelegasikan tanggung jawab kepada karyawan atau kontraktor,”

Tapi kalau anda merasa bahwa jiwa anda berkebalikan dari hal-hal diatas ya mungkin anda lebih cocok jadi pengusaha ketimbang harus tetep bertahan menjadi pegawai gitu. Berwirausaha memang sekilas terkesan enak-enakan gitu, tapi ya itu tadi kadang tak semua orang itu pas atau cocok berwirausaha. Terkait cocok atau tidak anda jadi pengusaha tentu anda sendiri yang tau, karena hanya anda sendiri yang tau apa yang dimau diri anda, kalo anda sendiri tidak tau apa yang anda mau ya gimana gitu.


salam hormat dariku,

widha utawi idha

Comments

  1. tp enakkan jd pegawai skaligus pengusaha, jd dobel bayarannya hehehe komen back y

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon usahakan komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"