11 February 2018

Inilah Trik Ngeblog Sederhana Jika Ingin Berhasil Bikin Tren Sendiri, Hanya 2 Point Saja Loh!

Ngomongin soal tren, enakan mengikuti tren atau bikin tren sendiri sih? Jawabannya tentu tergantung selera masing-masing gitu ya, tapi kalau menurutku, sekali lagi ini menurutku loh ya!!!! Lebih enak bikin tren sendiri. Tapi kalo tren yang dimaksud disini dalam hal blogging jujur saja aku merasa kesulitan menciptakan tren karena aku ngeblog-nya ngasal dengan tema yang random. Seperti yang teman-teman lihat bahwa blog ini isinya benar-benar campur raduk.

Meski belum bisa bikin tren sendiri tapi rasanya enggan juga ngikutin tren ngeblog. Berdasarkan pengamatan ngasal versi ketak-ketik tren ngeblog yang lagi marak adalah tema traveling, kuliner dan kecantikan, iya gak sih? Dan kayaknya 3 tema itu banyak yang berbayar, iya kan?

Kenapa aku enggan ngikutin 3 tren ngeblog itu? Karena memang ketiganya gak aku banget!!!! Misal traveling, lah wong aku aja gak pernah piknik, kalaupun piknik ala-ala traveling gitu ya berat karena aku gampang mabok. Terus misal kuliner? lah wong aku aja gak hobi makan. Kalau kecantikan? Lah wong aku aja gak hobi dandan. Tamat deh… gak ada celah buat ngikutin tren ngeblog yang lagi ngehit.



Terus? Ya udah ngeblog-nya gini-gini aja, ketak-ketik segala hal alias gado-gado. Kalau mau bikin tren sendiri itu lebih mudahnya memang niche atau temanya gak yang gado-gado begini, misal traveling ya postingnya segala hal yang ada kaitannya dengan traveling, bisa cerita jalan-jalannya atau tempat wisata atau sekalian tentang kuliner juga masih nyambung sih. Selain itu, hal yang paling penting adalah disampaikan dengan gaya diri sendiri.

Aku pernah praktek giniaan tuh tapi di youtube, sebenarnya yang bikin sudah banyak tapi aku lihat bahasanya pada kaku semua, tapilan videonya juga semua sama. Dan saat itu aku coba bikin dengan tampilan video yang lebih sederhana, bahasa yang juga lebih sederhana bahkan cinderung lebay. Tapi hasilnya banyak orang yang suka, subscribe atau pelanggan di channel-ku kala itu hampir 29ribu (lumayan kan hampir 29K, gak nyangka banget, bagiku itu banyak banget). Ada komentar yang nyinyir tapi lebih banyak komentar yang positif atau suka dengan postingan-postingan-ku gitu. Tapi sayang channel youtub-ku itu kena suspend Januari 2018, yang bikin sedih adalah belum sempat pamitan pada para pelanggan setia yang kurang lebih selama satu tahun hahahihi bersama.

Dari sekedar coba-coba itu seenggaknya aku bisa mengambil pelajaran bahwa sebenarnya niche atau tema tertentu (yang disukai) dengan gaya bahasa yang khas itu adalah point pentingnya ketika kita mau menciptakan tren. Misal suka drakor terus ngeblog tentang drama korea, ya yang dibahas khusus yang berkaitan dengan drama korea dan ya itu tadi pakai bahasa yang khas. Kalau boleh aku bilang bahasa khas disini boleh kok yang lebay bin alay gitu, karena kebanyakan pembaca itu suka yang santai dengan nuansa hahahihi yang kental gitu.

Yah gitu deh, kalau mau praktek bikin tren sendiri 2 point sederhananya ya itu doang. Kalau aku sendiri untuk ngeblog personal sejauh ini masih gini-gini doang, karena kalaupun ngikutin tren seperti traveling, kuliner atau kecantikan aku kurang menjiwai. Lagi pula seperti postingan sebelumnya untuk saat ini aku ingin belajar jualan online dari enol lagi.

Ini ngeblog kayak gini sekedar menghibur diri aja, karena menulis itu bagaikan refleksi jiwa gitu kan walaupun yang ditulis juga ngasal doang kayak postingan ini. Udah gitu aja sih…



salam ketak-ketik,
dr pojokan

Related Posts

Inilah Trik Ngeblog Sederhana Jika Ingin Berhasil Bikin Tren Sendiri, Hanya 2 Point Saja Loh!
4/ 5
Oleh

2 komentar

February 16, 2018 at 11:10 PM delete

Yang paling penting biar ngeblog enggak capek. Nulis atau membahas yang benar-benar kita sukai :D

Reply
avatar
February 17, 2018 at 6:04 AM delete

iya betul, kalo nulis yang kita sukai berasa ngalir aja tanpa paksaan :)

Reply
avatar

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama aneh-aneh entah judul postingan blog atau produk jualan misal "obat anu apa gitu"